10 PENEMUAN ARKEOLOGI PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

10 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Di Dunia  

"Penemuan benda-benda bersejarah ini memang sangat menakjubkan"

10 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Di Dunia

Mahessa83 - Penemuan arkeologi akan mengingatkan kita tentang pikiran dan kreativitas masa lalu dan merupakan kesempatan besar untuk bertemu dengan benda-benda bersejarah. Benda-benda kuno dapat menceritakan tentang kisah sejarah bumi dan mengantarkan manusia pada penemuan baru.

Berikut 10 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Di Dunia sepanjang masa yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1.  Cakar Kaki Burung Moa


Cakar Kaki Burung Moa

Saat itu di tahun 1986, sekelompok arkeolog menemukan sebuah cakar burung saat menggali di sebuah gua di Selandia Baru. Daging dan otot masih melekat pada cakar burung tersebut. Setelah di teliti ternyata cakar tersebut adalah Cakar Kaki Burung Moa yang telah menghilang dari bumi sejak 2.000 tahun yang lalu. Burung Moa memiliki tinggi hingga 12 meter dengan berat mencapai 250 kg.

2. Gua Longyou, Cina


Gua Longyou

Penemuan Gua Buatan Tangan Manusia yang bernama Gua Longyou berusia 2.000 tahun di Cina pada tahun 1992. Tidak ada bukti catatan dari pekerjaan penggalian dari gua. yang mencapai hampir satu juta meter kubik ini. Penemuan ini di anggap oleh Pemerintah Cina sebagai "Keajaiban Dunia Kuno Ke Sembilan".

3. Gerbang Matahari (The Gate of The Sun)


Gerbang Matahari

Gerbang Matahari   "The Gate of The Sun" adalah sebuah situs kuno yang terletak di kota Tiahuanacu, Bolivia. Gerbang Matahari ini diperkirakan telah berusia 15.000 tahun. Di tempat ini ditemukan gambar-gambar aneh seperti berbentuk motor, pesawat jet dan alat-alat mekanis yang runit. serta ditemukan juga penanggalan langka Planet Venus.

4. Gobekli Tepe


Gobekli Tepe

Gobekli Tepe adalah sebuah situs arkeologi tertua di dunia yang berada di Turki. Kontruksi ini dibangun menggunakan seni artistik orang zaman batu sekitar 11.000 tahun yang lalu. Pilar batu kapur yang digunakan seberat 15 hingga 22 ton untuk membuat kontruksi ini. yang ditebang dari blok besar batu.

5. Naskah Voynich


Naskah Voynich

Naskah Voynich adalah naskah yang paling misterius di dunia. Naskah ini ditemukan pada tahun 1912 di Italia Utara. Bahasa dan penulis naskah Voynich masih belum di ketahui. Naskah ini berisi 240 halaman , gammbar-gambar tanaman herbal, Yang berbeda dan paling menarik dari naskah ini adalah yang dapat di lihat dari Naskah Voynich.

6. Piramida Yonaguni


Piramida Yonaguni

Monumen Batu misterius bernama Piramida Yunaguni ini berada di dasar laut sekitar 300 mil dari Okinawa, Jepang. Tepatnya di wilayah perairan selatan Pulau Yonagumi-Jima, Jepang. Penemuan situs ini berawal ketika pada tahun 1985 seorang penyelam lokal dari Jepang bernama Kihachiro Aratake.

7. Seni Pemakaman Cina


Seni Pemakaman Cina

Makam Qin Shi Huangdi, Kaisar Cina yang sarat dengan sejarah ini dipandang sebagai lambang prestisius dan kekuasaan tak terbatas Kaisar Qin Shi Hunagdi yang terletak 30 km di luar X'ian di Provinsi Shaanxi, Cina. Qin Shi Huangdi adalah penguasa satu-satunya yang sendirian menyatukan klan tujuh yang berperang di Cina pada tahun 221 SM dan memerintahkan pembangunan besar-besaran dari beberapa prasarana umum seperti Tembok Besar Cina yang sangat legendaris.  

Penemuan harta karun arkeologi ini terjadi pada tahun 1974, ketika seorang petani Cina secara tak sengaja sedang mencoba mengebor sumur menemukan keberadaan makan ini. Penemuan makam besar dengan karya seni yang sangat luar biasa tersimpan di dalamnya. Ini termasuk 8.000 patung seukuran asli yang terdiri dari patung-patung terakota laki-laki dan kuda. Di sini Anda dapat membedakan setiap tentara dengan kuda serta tampilan pakaian dan persenjataan mereka yang unik. 

8. The Unfinished Obelisk


The Unfinished Obelisk

Penemuan Obelisk yang belum selesai di Mesir ini dikenal sebagai The Unfinished Obelisk atau Obelisk yang belum terselesaikan.

Obelisk ini memiliki panjang 120 kaki atau sekitar 36 meter dan diperkirakan memiliki berat sekitar 1.000 ton mengingat Obelisk tersebut terbuat dari Batu Granit.

Obelisk yang ditemukan para arkeologi di Mesir pada tahun 2012 ini sampai sekarang masih menjadi  misteri dan terus di teliti oleh para ilmuwan.

9. Patung Moai


Patung Moai

Patung Moai dari Pulau Paskah adalah salah satu dari penemuan arkeologi paling heboh dari ion yang pernah di buat. Patung ini adalah daya tarik utama di Easter Island. Moai adalah patung yang di ukir oleh orang-orang kuno rapa nui selama periode 1.300 hingga 1.500.

10. Mohenjo-Daro


Mohenjo-Daro

Mohenjo-Daro adalah salah satu situs dari sisa-sisa pemukiman terbesar dari kebudayaan Lembah Sungai Indus yang terletak di Provinsi Sind , Pakistan. Mohenjo-Daro dibangun sekitar tahun 2.600 SM. Kota ini adalah salah satu pemukiman kota pertama di dunia bersamaan dengan Peradaban Mesir Kuno, Mesopotamia dan Yunani Kuno.

Reruntuhan bersejarah ini dimasukan dalam Situs Warisan Dunia  UNESCO . Sedangkan arti dari Mohenjo-Daro itu sendiri adalah "bukit orang mati" atau seringkali disebut sebagai kota tua dengan sebutan "Metropolis Kuno Di Lembah Indus".   

Nah itulah 10 Penemuan Arkeologi Paling Menakjubkan Di Dunia yang sempat menghebohkan para arkeolog dan ilmuwan lainnya. Seboga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook