7 WANITA PERTAMA YANG MENGGUNCANG DUNIA SAINT DAN TEKNOLOGI

"Mereka adalah wanita pertama yang dapat menguncang dunia"

Wanita Pertama Yang Mengguncang Dunia Saint Dan Teknologi

Mahessa83 -Hallary Clinton membuat sejarah pada tanggal 7 Juni ketika Ia menjadi wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai Presiden dari partai politik terbesar di AS. Untuk mengetahui pencapaian bersejarah dari beberapa wanita terkenal di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan obat-obatan Kami akan menampilkan 7 Wanita Pertama Yang Menguncang Dunia Sains Dan Teknologi yang dilansir dari laman LiveScience.

1. Valentina Tereshkova


Valentina Tereshkova

Kosmonot Valentina Tereshkova adalah wanita pertama yang mencapai ruang angkasa melalui misi Soviet Vostok 6 pada 16 Juni 1963 lalu.

Misi Tereshkova ii hanya berlangsung selama tiga hari dimana Ia melakukan beberapa tes untuk mengumpulkan data tentang bagaimana tubuh wanita bereaksi dengan luar angkasa.

Sementara Sally yang terbang melalaui pesawat ulang alik pada Challenger pada tahun 1983 adalah wanita pertama Amerika Serikat yang mencapai ruang angkasa.

2. Marie Curie


Marie Curie

Ahli Kimia dan Fisika, Marie Curie adalah wanita pertama yang menerima Hadiah Nobel pada tahun 1903 dalam penelitian bidang ilmu Fisikanya tentang Radiasi. Curie membagi penghargaannya kepada suaminya Pierre Curie dan Fuisikawan Perancis Henri Becquerrel.

Kemudian pada tahun 1911, Curie memenangkan Hadiah Nobel keduanya yang kali iniuntuk karyanya dalam Ilmu Kimia. Curie telah menemukan dua unsur, radium dan polonium.

Marie Curie adalah satu-satunya wanita yang berhasil memenangkan dua Hadiah Nobel serta satu-satunya wanita yang memenangkan dua hadiah nobel dalam dua bidang yang berbeda. 

3. Dr. Elizabeth Blackwell


Dr. Elizabeth Blackwell

Dr. Elizabeth Blackwell adalah wanita pertama yang mendapatkan gelar M.D dari Sekolah Kedokteran di Amerika Serikat.

Sebelum Blackwell memasuki sekolah kedokteran tersebut, Beberapa dokter mengatakan bahwa pendidikan seperti itu tidak tersedia bagi para wanita. Tetapi Balckwell diterima di Jenewa Medical College di New York dan lulus pada tahun 1849 untuk selanjutnya melanjutkan ke bidang kebidanan dan ginekologi.

Kemudian adiknya Blackwell yang bernama Emily mengikuti jejaknya dan mendapatkan gelar M.D dari Sekolah Kedokteran Western Reserve University di Ohio pada tahun 1854.

4. Jacqueline Cochran



Jacqueline Cochran
Pada tahun 1953, Jacqueline Cochran menjadi wanita pertama yang memecahkan hambatan suara ketika Dia mengemudikan pesawat jet F-86 Sabre dengan kecepatan melebihi 1 mach (kecepatan suara yang merupakan 761,2 mph atau 1,225 km per jam). Sebelas tahun kemudian Cochran menambah 2 kali lipat kecepatannya, terbang dengan pesawat jet dngan kecepatan 2 mach pada tahun 1964. 

Selain terbang dengan kecepatan suara yang sangat cepat, Cochan juga merupakan wanita pertama pemecah rekor lainnya seperti ketinggian terbang dan jarak terjauh terbang.

5. Elen Walet Richards


Elena Walet Richards

Elen Walet Richards adalah wanita pertama yang diterima di Massachussets Institute of Technology (MT) pada tahun 1870. Ketika Richards masuk Ia mengaku tidak masuk melalui penerimaan umum dari perempuan.

Richards belajar kimia dan lulus dengan gelar Bachelor of Science pada tahun 1873. Dua tahun setelah lulus, Richards membantu mendirikan laboratorium di sekolahnya yang didedikasikannya untuk mendidik para wanita dalam bidang kimia. Labolatorium perempuan kemudian di buka pada tahun 1876 dan Richards menjabat sebagai instruktur dalam bidang kimia dan mineralogi.

6. Dana Ulery


Dana Ulery

Dana Ulery menjadi insinyur perempuan pertama NASA ketika Ia mulai bekerja di badan Jet Propulsion Labratory (JPL) di Pasadena , California, AS pada tahun 1961.

Ulery mempelajari Ilmu Komputer dan bekerja mengembangkan algoritma untuk NASA Deep Space Network sementara di JPL. Deep Space Network menggunakan antena di seluruh dunia untuk berkomunikasi dengan pesawat ruang angkasa.

Kemudian Ulery melanjutkan bekerja di AS Army Research Laboratory di mana Ia adalah satu-satunya manager wanita pertama di sana.

7. Amelia Earhart


Amelia Earhart

Amelia Earhart adalah wanita pertama dan orang kedua secara keseluruhan yang terbang sendiri melintasi Samudra Atlantik. Dia lepas landas pada 20 Mei 1932 dari Newfoundland dan mendarat 15 jam kemudian di Irlandia (Dia awalnya akan mendarat di Paris, Pernacis, Namun akibat cuaca buruk, Ia memutuskan untuk mendarat di Irlandia).

Kemudia Earhart hilang pada tahun 1937 saat mencoba terbang mengelilingi dunia. Misteri kepergiannya hingga kini masih menjadi misteri.

Nah itulah 7 Wanita Pertama Yang Menguncang Dunia dalam bidangnya masing-masing. Semoga pengalaman mereka menjadi inspirasi bagi kita semua. 


sumber: LiveScience   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook