TANDA-TANDA DATANGNYA MALAM LAILATUL QADR PADA BULAN RAMADHAN

Bagikan Artikel

Rate this posting:
{[['']]}

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadr Pada Bulan Ramadhan 


"Saat pasti datangnya Malam Lalilatul Qadr tidaklah diketahui, namun menurut beberapa riwayat, Malam Lalilatul Qadr jatuh pada 10 malam terakhir pada Bulan Ramadhan"

Malam-Lailatul-Qadr

Mahessa83 - Sebelum kita mencari Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadr Pada Bulan Ramadhan, Kita terlebih dahulu memahami dan mengetahui arti, makna dan manfaat dari datangnya Bulan Suci Ramadhan serta isi kandungan yang terdapat pada Bulan Ramadhan itu sendiri.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan hijriyah atau penanggalan Islam. Sepanjang bulan ini ummat muslim seluruh dunia melakukan serangkaian aktivitas keagamaan seperti Puasa, Sholat Tarawih, Peringatan turunnya Alqur'an, Membaca Kitab Suci Alqur'an, Mencari Malam Lailatul Qadar, Membayar Zakat Fitrah dan ditutup dengan rangkaian Perayaan Idul Fitri dengan melakukan Sholat Idul Fitri.

Kekhususan Bulan Ramadhan ini bagi pemeluk agama Islam sesuai dengan petunjuk dari Alqur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". (Al-Baqarah 2:183)      
Sementara Malam Lalilatul Qadr (malam ketetapan) adalah suatu malam penting yang hanya terjadi pada Bulan Ramadhan yang dalam Alqur'an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan yang juga diperingati sebagai Malam Turunnya Alqur'an seperti yang tercantum dalam firman Allah SWTdi Alqur'an Surat Al-Qadr atau surat ke-97 dalam Alqur'an yang berbunyi :

بِِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:

Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
  1. Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam Lailatul Qadr
  2. Dan apakah yang membuat engkau tahu apa itu Malam Lalilatul Qadr?
  3. Malam ketetapan itu lebih baik dari seribu bulan
  4. Para Malaikat dan Roh akan turun di dalamnya atas izin Tuhan mereka, untuk menjalankan semua perintah
  5. Damai sampai terbitnya fajar.
Saat pasti datangnya Malam Lalilatul Qadr tidaklah diketahui, namun menurut beberapa riwayat, Malam Lalilatul Qadr jatuh pada 10 malam terakhir pada Bulan Ramadhan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau 29. Bagi ummat muslim biasanya tidak akan melewatkan datangnya Malam Lailatul Qadr dengan menjaga diri tetap terjaga pada malam-malam terakhir bulan Ramadhan sambil beribadah kepada Allah SWT.

Jika kita cermati dari nama Lalilatul Qadr yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti Malam Ketetapan karena pada Malam Lailatul Qadr, Alqur'an diturunkan sebagai pedoman hidup manusia dan barangsiapa yang beribadah di malam itu maka pahalanya akan dilipat gandakan lebih dari 29.500 lipat atau sama saja pahalanya dengan terus menerus melakukan ibadah lebih dari seribu bulan atau lebih dari 83 tahun.

Pada Malam Lailatul Qadr, para Malaikat yang membawa rahmat akan turun ke Bumi termasuk Malaikat Jibril, Ini mengindikasikan bahwa Malam Lailatul Qadr benar-benar malam penuh keberkahan, malam penuh kesejahteraan hingga terbit fajar. 

Sayangnya datangnya Malam Lailatul Qadr merupakan rahasia Allah SWT. Kita sebagai manusia tidak pernah tahun kapan tepatnya Malam Lailatul Qadr itu akan datang. Namun para ahli Agama Islam, Ulama serta cendikiawan muslim telah melakukan beberapa penjelasan untuk menjadi pegangan kita kapan datangnya Malam Lailatul Qadr yang semua ummat muslim impi-impikan.

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadr 

Menurut HR. Muslim : "Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir dari Bulan Ramadhan, Melebihi kesungguhan Beliau di waktu lainnya".
Tanda-tanda lainnya adalah :
  1. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, teduh seperti tidak ada sinar. Dari Abi bin Ka'ab bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Subuh hari dari Malam Lailatul Qadr matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip dengan bejana hingga matahari itu naik.
  2. Keesokan hari setelah Malam Lailatul Qadr, sinar matahari tampak cerah namun teduh.
  3. Di Malam Lailatul Qadr, udara tidaklah dingin, tidak berawan, tidak panas dan tidak ada badai.
  4. Malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga manusia bisa merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah yang tidak didapatkan pada malam-malam lainnya.

Tanda-tanda Ilmiah Malam Lailatul Qadr Menurut Badan Nasional Antariksa Amerika Serikat ( NASA).

Menurut Kepala Lembaga Mukjizat Ilmiah Alqur'an dan Sunnah di Mesir, Dr. Abdul Basith As-Sayyid telah menegaskan bahwa Badan Nasional Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa pada suatu malam terjadi fenomena aneh karena tidak ada meteor yang jatuh ke atsmosfer bumi serta suhu udara sedang. Sedangkan pada malam-malam biasanya jumlah meteor yang jatuh ke bumi sekitar 20 meteor. Selain itu, NASA juga menemukan bahwa matahari tampak begitu bersinar cerah pada pagi harinya namun tidak ada radiasi cahaya sama sekali. Pernyataan ini mengutip dari seorang pakar di NASA bernama Carner seperti yang dikutip dari harian Al-Wafd Mesir. 

Kegiatan Yang dilakukan Ummat Muslim Menyambut Datangnya Malam Lailatul Qadr

Para ulama kita mengajarkan, agar mendapatkan keutamaan Lailatul Qadr, maka hendaknya kita memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan, diantaranya: 

1.) Senantiasa shalat fardhu lima waktu berjama'ah.
2.) Mendirikan shalat malam atau qiyamul lail (shalat tarawih, tahajud )
3.) Membaca Al-Qur'an sebanyak-banyaknya dengan tartil.
4.) Memperbanyak dzikir, istighfar dan berdoa.

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا 

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pema'af dan senang mema'afkan, maka ma'afkanlah kesalahanku.” (HR. al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Imam al-Tirmidzi dan al-Hakim menshahihkannya).

Malam Lailatul Qadr merupakan anugerah dari Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. Ini diberikan oleh Allah SWT kepada ummat manusia agar mereka bisa mengejar ketinggalan dari pahala-pahala dan kebaikan yang luput darinya dan juga untuk menghapus kesalahan-kesalahan serta dosa-dosa dalam perjalanan hidup seorang manusia. Allah sayang kepada Kita sebagai Hamba-Nya yang beriman. Akankah kita sayang juga terhadap diri kita sendiri? 

Sumber: 
-http://www.kabarmakkah.com/2015/07/ini-tanda-tanda-malam-lailatul-qodar.html 
-http://talimulquranalasror.blogspot.co.id/2013/07/cara-mengetahui-lailatul-qadar- menurut.html
  

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "TANDA-TANDA DATANGNYA MALAM LAILATUL QADR PADA BULAN RAMADHAN"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.