MAKANAN PADAT PADA BAYI DAPAT BERESIKO LEUKIMIA

Makanan Padat Pada Bayi Dapat Beresiko Leukimia


Makanan Padat Pada Bayi Dapat Beresiko Leukimia

Mahessa83-Sebuah study baru menunjukkan bahwa bayi yang memulai makan makanan padat lebih lambat dari biasanya mungkin dapat meningkatkan resiko kanker darah atau leukimia.

Peneliti menganalisis ini dari 172 anak-anak di Texasyang telah didiagnosis dengan leukimia limfositik akut (ALL)-Kanker Sel Darah Putih. dan 334 anak yang sehat pada usia yang sama. Penelitian ini melibatkan anak-anak yang diberi ASI, Susu Formula atau keduanya sebelum mereka memulai makan makanan padat.

Mereka yang memulai makan makanan padat pada usia 10 bulan atau lebih tua lebih mungkin untuk didiagnosis daripada mereka yang memulai makan makanan pada sejak usia 4 bulan. Namun anak-anak yang memulai makan makanan pada pada usia 5-6 bulan tidak memiliki peningkatan seperti yang disajikan pada pertemuan American Association for Cancer Research.

Para peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang diberi makan susu formula untuk waktu yang lama, terlepas dari saat makan makanan padat diperkenankan juga dapat beresiko adanya peningkatan AAL.

Meskipun begitu, seperti kanker lainnya yang menyerang anak-anak, penyakit ini jarang terjadi sehingga secara keseluruhan resiko anak terkena penyakit ini kecil. seperti kata peneliti Jeremy Schraw, seorang mahasiswa doktor dalam ilmu gizi di University of Texas di Austin.

Ini masih terlalu dini untuk membuat rekomendasi tentang kapan bayi seharusnya memulai makan makanan padat berdasarkan penemuan baru. Namun hasil umumnya sejalan dengan apa yang sudah direkomendasikan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa bayi yang diberi ASI Ekslusif selama enam bulan pertama dan memulai makan makanan pada pada usia 6 bulan.

Study ini hanya menemukan hubungan dan tidak menunjukkan hubungan sebab akibat antara menunda pengenalan makanan padat. Karena bisa saja bahwa anak-anak yang memulai makan makanan padat kemudian cenderung memiliki kesehatan yang lebih buruk secara keseluruhan.

Pengenalan makanan pada juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh pada bayi. Misalnya makan makanan padat dapat mempengaruhi bakteri usus yang pada gilirannya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh pada bayi.

Para peneliti juga ingin terus melakukan penelitiannya. Meneliti hubungan anatara memperkenalkan makan makanan padat dan resiko leukimia. dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis makanan yang akan dimakan oleh bayi.     


Sumber: LiveScience


 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook