TEKNOLOGI PINTAR HONDA BIKIN NYAMAN BERKENDARA


Mahessa Update - Sepeda Motor adalah kendaraan roda dua yang digerakan oleh mesin. Letak kedua roda segaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil yang disebabkan oleh gaya giroskopik.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangatlah populer karena harganya yang relatif terjangkau untuk sebagian besar kalangan, penggunaan bahan bakarnya serta biaya pengoperasiannya juga cukup hemat. 


Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara


Honda selaku produsen sepeda motor terbesar di dunia yang didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda terus melakukan inovasi teknologi demi kenyaman para penggunanya.  

Melalui PT. Astra Honda Motor sebuah perusahaan yang memproduksi sepeda motor Honda di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada 11 Juni 1971 sejak  22 September 2005 berganti nama menjadi  PT. Astra International tbk telah mampu memproduksi sepeda motor 15 juta unit per tahunnya.

Melalui Teknologi Pintar Honda dan fitur yang canggih bertujuan untuk mempermudah penggunanya mulai dari sebelum anda berkendara hingga tiba di tempat tujuan dengan penuh senyuman.

Apa saja sih Teknologi Pintar Honda serta Fitur-Fitur Canggih yang ada di Motor Honda ini?


Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara

Baiklah saat ini Motor Honda melalui PT. Astra International tbk telah melakukan perubahan-perubahan dengan memasukkan beberapa Teknologi Pintar Honda seperti:

1. ESP (Enhanget Smart Power) 



Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara


















adalah teknologi mesin terbaru inovasi Honda yang diterapkan secara global, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG Starter. Dirancang sempurna untuk menghasilkan peforma tinggi dengan effisiensi bahan bakar yang lebih baik serta ramah lingkungan.

ESP merupakan rangkaian teknologi terbaru yang diterapkan Honda secara global sejak 2011 melalui Honda PCX 125. Sedangkan di Indonesia sendiri, melaluI PT, AHM mempelopori pengaplikasian eSP sejak 2012 melalui Honda Vario 125 dan Honda PCX 150. Sebagai pelopor teknologi-teknologi terbaik dan ramah lingkungan, AHM pun kini meneruskan pengaplikasian eSP pada model terbaru All New Honda Beat eSP Series.

Teknologi pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, Teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder berstektur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya. 

Melalui cara kerjanya yang optimal, teknologi dasar eSP mampu memberikan manfaat maksimal pada sepeda motor. Teknologi eSP memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar dari bahan bakar yang berharga.

Selain itu, eSP terintregrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkan kembali.

Apa sih keunggulan Teknologi eSP ini?  sehingga Honda sangat yakin menerapkannya pada semua varian matiknya.
  1. ACG Starter dan ISS, Stater ini dibuat menyatu dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan susunan gigi starter maka suara saat menyalakan motor menjadi sangat sunyi. Komponen ini klop disandingkan dengan idling stop system (ISS). Sedangkan ISS adalah teknologi yang memungkinkan mesin mati pada kondisi langsam lebih dari 3 detik. Sangat berguna menghemat bahan bakar ketika berhenti di lampu merah 
  2. Fuel Injection, pada skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya.
  3. Roller Rocker Arm, sudah tidak asing lagi, namun pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada as rocker arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannyapun berkurang. Komponen yang di desain khusus oleh Honda inipun sudah dipatenkan.
  4. Compact Cobustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran masuk bahan bakar. Kalau pada umumnya terdapat sudut yang bisa menghambat aliran kabut bahan bakar, kini dibuat lebih lancar.
  5. Offset Cylinder dan Spiny Sleeves, Ini adalah dua hal yang berbeda. Offset Cylinder aalah posisi piston dan stang piston saat saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan sumbu kru as. Manfaatnya adalah ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dengan dinding silinder semakin kecil. Piston dan setang piston akan bergerak tegak lurus tanpa menekan dinding silinder secara berlebih. Sedankan Spiny Sleeves adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Yang berfungsi untuk melepas panas lebih cepat. Teknologi ini juga dipakai pada blok silinder Honda CBR 250R.
  6. Light Weight Piston dan Crankshaft, sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen pendahulunya. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil. selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dengan dinding silinder. Sedangkan kru as dibuat lebih kuat untuk mengurangi getaran. caranya dengan menggunakan bearing kru as yang lebih besar.
  7. Breather Passage, Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan. Lubang ini mengalirkan uap panas didalam mesin ke luar. Pada model sebelumnya panas hanya dibuang lewat kalur rantai keteng. Kalau teknologi sekarang ada dua jalur menjadikan mesin lebih dingin dan ringan dalam bekerja.
  8. Built in Liquid Cooling System adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang diklaim lebih baik. Kini jalur airnya tidak hanya terdapat pada kepala silinder tapi juga ada di balik dinding silinder. Selain itu radiatornya memiliki core atau sekat lebih banyak. 
  9. V-Matic, transmisi otomatis pada eSP engine memiliki rasionya lebih lebar dan dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya lebih awet dan mengurangi gejala selip.
  10. Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja. Beberapa bearing juga ditambahkan agar gigi transmisi lebih halus dan bebas getaran.
Nah itulah beberapa keunggulan eSP, Sehingga Honda sangat yakin dengan teknologi eSP ini.



2. PGM-FI



Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara


















Teknologi PGM-FI dikendalikan secara elektronik untuk memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Sistem injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan signal informasi ke pusat control mesin. 

ECM (Engine Control Module) yang kemudian memberikan sinyal perintah ke komponen keluaran di dalam mesin untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan. 



 3. CBS




Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara

CBS adalah teknologi canggih dari Honda yang mampu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal, Memungkinkan kemudahan pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri rem depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat.



4. ISS



Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara




















ISS adalah Fitur Premium kelas dunia untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik. Setelah berhenti dari 3 detik, dan mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini membantu mencegah bahan bakar terbuang percuma. Lebih irit dan ramah lingkungan. Performa mesin dan aki tetap optimal.


5. ANSWERS BACK SYSTEM



Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara

Answer Back System adalah sistem yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote. Saat remot di tekan yang sudah terintegrasi dengan kunci motor akan memberi tanda berupa suara yang dihasilkan buzzer dan kedipan dari lampu sein depan-belakang sehingga pengendara dapat segera mengetahui dimana motor Honda kesayangannya di parkir. Dengan fitur ini maka pengguna akan terbantu dalam mendeteksi keberadaan motor secara otomatis.



6. LEAD HEADLIGHT



Teknologi Pintar Honda Bikin Nyaman Berkendara

Teknologi lampu LED sangat hemat daya namun menghasilkan sorot lampu lebih terang. Umur pakai jauh lebih lama. Tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah, Serta tingkat pencahayaan yang lebih baik sehingga memiliki tingkat efisiensi yang sangat tinggi.

Dengan Teknologi Pintar Honda ini anda semakin dimanjakan serta semakin Nyaman dan Aman saat berkendara dimanapun dan kapanpun ke tempat tujuan anda.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook