7 TEMPAT PALING SAKRAL DI DUNIA

7 Tempat Paling Sakral Di Dunia


Mahessa83-Dewasa ini ada sekitar ratusan kepercayaan dan 21 agama utama di dunia yang dipeluk oleh penduduk dunia. Kepercayaan serta agama-agama ini biasanya memiliki tempat tertentu yang dianggap sakral  dan dianggap kiblat dalam praktek keagamaan serta ritual kepercayaan masing-masing ummat.

Beberapa tempat yang dianggap sakral atau suci tersebut ada yang menjadi sengketa dan sumber konplik selama berabad-abad. Tempat-tempat sakral ini tidak harus berupa bangunan tetapi tempat-tempat sakral tersebut bisa jadi merupakan sebuah kota ataupun gunung.

Berikut 7 Tempat Paling Sakral Di Dunia yang sering didatangi oleh ummatnya setiap tahun.

1. Mekkah, Arab Saudi


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Kota suci Mekkah yang terletak di Hijaz, Arab Saudi adalah tempat beradanya Ka'bah yang merupakan kiblat untuk sholat ummat Islam di dunia. Lebih dari 16 juta ummat Islam di dunia berduyun-duyun datang ketempat ini untuk beribadah dan memanjatkan do'a disana. Tempat ini juga untuk pertama kalinya Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya dari Allah SWT. Oleh karena itulah tempat ini dianggap kota paling sakral atau suci oleh ummat Islam di seluruh dunia.

2. Yerusalem


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Kota Yerusalem dianggap tempat yang sakral bagi ummat Yudaisme, Kristen dan Islam selama ribuan tahun. Oleh karena itu tempat ini selalu kebanjiran pengunjung setiap tahunnya sekitar tiga setengah juta ummat. Meskipun namanya Yerusalem, tetapi ummat Islam menyebut kota ini dengan nama Al-Quds kependekan dari Beit al-Quds yang bearti " Menjadi Suci".

Yerusalem adalah salah satu kota tertua di dunia dan merupakan satu-satunya tempat suci penting bagi tiga agama sekaligus. Walaupun demikian kota ini tetap menjadi sengketa antara negara Palestina dan Israel.

3. Vatikan


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Vatikan adalah sebuah tempat keagamaan yang sangat unik. Sebab daerah dimana Basilika Santo Petrus, Kiblat bagi ummat Katolik di dunia itu diresmikan sebagai sebuah negera tersendiri. Meskipun wilayahnya berada di tengah kota Roma, Italia. Vatikan merupakan pusat administrasi dari Gereja Katolik yang dipimpin oleh seorang Paus.

Vatikan diresmikan sebagai negara merdeka pada tahun 1929 dengan jumlah penduduk sekitar 800 orang. Kota ini menyambut sekitar 4 juta orang lebih pengunjung setiap tahunnya. Setengah dari wilayah Vatikan merupakan taman hijau yang rimbun dengan air mancur yang tak terhitung jumlahnya.

Vatikan juga menjadi rumah bagi beberapa karya seni yang paling terkenal di dunia seperti Bramante, Michelangelo, Giacomo della Porta, Mademo dan Bernini yang telah menyumbangkan kreativitas mereka dalam desain interior katedral Basilika Santo Petrus. Vatikan juga Masuk Dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Tirupati, India


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Tirupati merupakan situs keagamaan yang dianggap sakral yang terletak India. Tempat ini merupakan situs penting bagi ummat Hindu India karena adanya Kuil Venkateswara Swamy yang didedikasikan   untuk Dewa Venkateswara. Kuil ini setidaknya dikunjungi lebih dari 40 juta penziarah setiap tahunnya.

5. Gunung Kailash, Tibet


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Kailash adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah Tibet. Gunung setinggi 6.638 ini menjadikan gunung tertinggi di dunia yang tidak pernah didaki. Gunung ini berkaitan erat dengan dengan empat kepercayaan besar di Asia Selatan. Yaitu Budha, Hindu, Jainisme dan Bonpo. Oleh para pemeluk agama Hindu, Gunung Kailash dipercaya sebagai tempat tinggal Siwa. Dewa tertinggi dalam mitologi agama Hindu.

Gunung Kailash juga merupakan sumber air utama bagi sungai-sungai besar yang mengalir ke Tibet, Nepal dan India.Selama ribuan tahun guning ini telah didatangi oleh para pemeluk agama untuk melakukan berbagai ritual. Kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang. 

Semua aktivitas religius ini dilakukan dikaki gunung Kailash tanpa ada yang mau mendaki puncaknya karena dianggap tabu dan mengganggu kesakralan area gunung.

6. Bodh Gaya, India


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Bodh Gaya yang terletak di India ini adalah titik fokus bagi Agama Budha. Sebab disini terdapat pohon terkenal Bodhi Tree, Pohon yang menandai lokasi dimana Budha Gautama Budha memperoleh pencerahan  (Bodhi Mandala). Seperempat milenia setelah pencerahan Budha, tempat ini dikunjungi oleh Raja Ashoka yang kemudian memeluk agama Budha dan menjadi penyebar agama Budha di India. Sang Raja dianggap sebagai pendiri Vihara Mahabodhi. Ia memerintahkan pembangunan biara dengan tahta dari berlian sebagai representasi dari asana Budha.

Situs ini sekarang merupakan bagian dari daerah bihar. Setiap tahunnya ribuan orang datang ketempat ini untuk perayaan akbar Budha Jayanti. 

7. Uluru-Kata Tjuta, Australia


7 Tempat Paling Sakral Di Dunia

Uluru-Kata Tjuta atau dikenal dengan nama Uluru merupakan sebuah daerah perbukitan yang menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini berada diwilayah Uluru-Kata Tjuta National Park yang berlokasi di pusat benua Australiadan merupakan rumah bagi dua formasi batuan monolit raksasa. Banyak wisatawan yang memburu tempat ini karena pemandangannya yang sangat menakjubkan.

Tak banyak yang tahu bahwa situs ini merupakan dianggap suci oleh suku Aborigin. Orang-orang suku Aborigin percaya kalau batu-batuan menakjubkan di Uluru dibangun oleh nenek moyang mereka selama zaman prasejarah dan roh-roh nenek moyang mereka masih bersemayan disana sebagai penjaga Uluru.         

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook