TIPS CARA MENGETAHUI BATU AKIK ASLI ATAU PALSU SEBELUM MEMBELI

Tips  Cara Mengetahui Batu Akik  Asli Atau Palsu Sebelum Membeli


Tips Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu Sebelum Membeli

Mahessa83-Dewasa ini Batu Akik telah menjadi tren dibanyak kalangan termasuk dikalangan anak muda. Sehingga permintaan batu permata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentunya semakin memunculkan banyak produk sintetis (palsu) dipasaran. Jenis batu cincin atau permata sintetis biasanya dibuat sebagai alternatif pilihan batu yang mendekati dengan yang aslinya.

Membeli Batu Akik atau permata memang sering menyulitkan terutama untuk membedakan jenis batu akik asli dengan jenis batu akik yang palsu. Terlebih jika barang yang akan dibeli berharga mahal hingga jutaan rupiah, tentunya diperlukan kehati-hatian dan tidak terburu-buru saat membelinya.

Bagi anda yang ingin membeli Batu Akik atau Permata namun tidak bisa membelinya karena harganya yang sangat mahal, Batu Sintetis adalah alternatifnya untuk menambah perhiasaan anda. Biasanya para pedagang banyak yang terbuka dalam hal ini, demi menjaga kepercayaan konsumen atau pelanggan mereka.

Untuk meminimalisir kesalahan sebelum membeli Batu Akik atau permata ini sebaiknya anda mengetahui beberapa Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau palsu.
  1. Mengajak orang lain yang mengerti tentan dunia Batu Akik
  2. Harus bersabar dan jangan terburu-buru, apalagi dengan harga yang sangat mahal.
  3. Barang palsu bisa dibilang asli kalau penjualnya tidak jujur
  4. Teliti dengan baik karena Batu Akik asli bisa dilihat dengan kasat mata
  5. Kenali serat batu
  6. Siapkan alat berupa senter, kaca pembesar atau alat lainnya.
  7. Mencari informasi untuk membekali pengetahuan tentang Batu Akik atau Permata sebelum membeli.
  8. Menggunakan alat cara mengetes Batu Akik atau Permata (banyak dijual dipasaran).
  9. Melihat 5C carat (karat), cutting (potongan), colour (warna), calrity (kejernihan) dan juga certificate (sertifikat).
  10. Membawa ke Labolatorium Gemologi untuk cek keaslian (cara terbaik untuk menghindari dari kesalahan).
Berikut ini Ciri-ciri Batu Akik atau Permata Asli
  1. Berat : Batu Akik atau Permata asli lebih berat daripada Batu Akik atau permata palsu. Jika dipegang akan terasa lebih padat.
  2. Suhu : Secara alami Batu Akik asli lebih dingin dibandingan dengan kaca atau sintetis. Cara tes bisa dilakukan dengan menempelkan pada bagian kulit yang sensitif pada bagian tubuh kita seperti pipi, leher, atau pada bagian lipatan siku lengan.
  3. Memanaskan : Membakar pada bagian batu. Jika batu yang dibakar terlihat gosong dan meninggalkan bekas yang susah terhapus dapat dipastikan bahwa itu Batu Akik palsu. Batu akik asli bila dibakar akan tampak basah seperti berminyak dan bila dihapus akan hilang seketika.
  4. Membenturkan : Jika anda memiliki 2 batu yang diyakini sama-sama asli jika dibenturkan akan mengeluarkan percikan api (Pastikan anda mengeceknya ditempat gelap).
  5. Meneteskan Air : Batu Akik asli bila diteteskan air dipermukaannya yang licin tidak akan pecah.
  6. Serat : Batu Akik Asli secara umum memiliki serat alami, sedangkan Batu Akik palsu akan terlihat bening seperti kaca. Meskipun pada Batu Akik palsu ada seratnya biasanya terlihat tidak alami seperti ada semacam gelembung yang disebabkan pada saat proses pembuatan terdapat udara yang terperangkap didalamnya.
  7. Mutiara : Jika Permata jenis mutiara ini bisa anda test dengan cara menggigitnya kuat-kuat. Apabila tidak ada perubahan dipastikan itu Permata Asli.
Demikian Cara Mengetahui Batu Akik Asli Atau Palsu. Teliti sebelum membeli adalah cara bijak agar terhindar dari kesalahan Terlebih lagi jika Batu Akik atau Permata yang anda beli berharga sangat mahal.
    
Sumber : akiks.com     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook