6 DANAU PALING UNIK DI INDONESIA

6 Danau Paling Unik Di Indonesia


Mahessa83-Indonesia adalah negara yang banyak memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Selain pulau yang indah dan menakjubkan Indonesia juga memiliki banyak danau yang tersebar luas dari sabang sampai merauke. Diantara banyaknya danau di Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang tidak ada ditempat lain. Seperti danau Kelimutu yang berada dipuncak gunung Tambora, danau berwarna merah di Bengkulu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah mau tau danau mana saja yang memiliki keunikan yang ada di Indonesia ? Yuk kita simak ulasannya 6 Danau Paling Unik Di Indonesia berikut ini :

1. Danau Satonda, NTB


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Danau Satonda adalah sebuah danau yang terletak ditengah pulau Satonda yang termasuk kedalam kabupaten Dompu, NTB. Danau dengan luas 2,5 Km2 dan belum diketahui jenis habitat yang ada didalam danau ini karena belum pernah dilakukan penelitian. Danau ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu airnya asin seperti air laut. Hal ini di karenakan air danau menjadi asin karena tercampur dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat gunung Tambora meletus. Ini dimungkinkan karena jarak pulau Satonda dengan gunung Tambora sangatlah dekat. 

Seperti diketahui letusan gunung Tambora merupakan letusan yang sangat dasyat sehingga sangat mungkin menimbulkan gelombang pasang (tsunami) yang sangat dasyat.


2. Danau Merah Pagaralam, Bengkulu


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Danau Pagaralam  adalah danau berwarna merah seperti darah yang terletak di pebukitan Raje Mandare, perbatasan antara kota Pagaralam dengan kota Kaur, Propinsi Bengkulu. Keunikan dari danau Pagaralam ini adalah permukaan airnya yang berwarna merah.

Danau yang baru ditemukan pada tahun 2010 ini oleh sekelompok warga yang tengah melakukan ekspedisi dikawasan hutan dan bukit Rimbacandi. 

Di danau ini terdapat satwa langka berupa Kelabang Raksasa berukuran lebih 30 cm dengan panjang 50 cm serta Burung Raksasa dan Kerbau yang telinganya dipenuhi sarang lebah.   

3. Danau Kelimutu, NTT


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna adalah danau yang terletak di pulau Flores, NTT  tepatnya di desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Keunikan danau ini adalah berada dipuncak gunung Kelimutu yang mempunyai tiga warna yaitu merah, biru dan putih. Walaupun begitu warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

4. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Danau Labuan Cermin adalah sebuah danay yang sangat jernih seperti kaca. Keunikan dari danau Labuan Cermin ini adalah memiliki keunikan tersendiri karena jika air pasang naik air danau terasa asin dan pada saat airnya surut akan airnya terasa tawar. 

5. Danau Kakaban, Kalimatan Timur


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Danau Kakaban adalah danau air laut yang terperangkap di pulau Kakaban, kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sumber air yang berasal dari dalam tanah dan air hujan ini sudah ada sejak 2 juta tahun yang lalu. Danau Kakaban merupakan danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin. Dengan luas sekitar 5 km2 ini berdinding karang terjal setinggi 50 meter. Sehingga air laut yang terperangkat didalam danau ini tidak bisa keluar lagi.

Danau ini juga tempatnya Jutaan ubur-ubur mengambang di danau payau. Sebagian besar ubur-ubur, yang gemuk dan ganggang coklat menempel pada hijau seperti karpet. Danau air dingin. Diam. Lebih jauh tampak gelap. Memudar cahaya matahari. Kaki atau tentakel ubur-ubur rasanya untuk menangkap sinar matahari. Sementara bagian tubuhnya yang menyerupai payung di bawah. Mereka dimasak untuk menghasilkan makanan.



Berikut ada empat jenis ubur-ubur yang mendiami hidup danau Kakaban. Keempat, termasuk endemik. Di antara mereka, Cassiopeia ornata, Tripedalia cytophora, Mastigias papua dan Aurelia aurita. Terakhir dua jenis tidak memiliki kemampuan untuk menyengat. Dan mayoritas jumlah paling banyak. Ikan kecil berjalan antara hamparan ganggang hijau, akar mangrove ditanamkan tegas keras dan kekar.

 6. Danau Samares, Papua


6 Danau Paling Unik Di Indonesia

Tidak hanya laut saja yang memiliki air berwarna biru, Namun ada juga sebuah danau yang memiliki warna sama. Danau Samares dianggap sebagai satu-satunya danau di Indonesia yang berwarna biru. Namun sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat ini.

Danau Samares teletak di desa Samares, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Danau ini memiliki air yang berwarna biru dan  jernih. Selain itu air danau ini begitu dingin sehingga banyak disukai para wisatawan.   

Dari berbagai sumber   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook