HARI JADI ORGANISASI KESEHATAN DUNIA (WHO)

Hari Jadi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)


http://mahessa83.blogspot.com/2015/04/hari-jadi-organisasi-kesehatan-dunia-who.html

Mahessa83 - Hari ini 7 April adalah Hari Jadi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) yang merupakan salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator Kesehatan Umum Internasional yang bermarkas di Jenewa, Swiss. 

WHO didirikan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada 7 April 1948 yang bertujuan agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan. WHO bertugas membasmi penyakit khususnya penyakit menular yang sudah menyebar luas.

WHO adalah salah satu badan PBB, Konstitusinya pertama kali muncul pada Hari Kesehatan Dunia yang pertama (7 April 1948) ketika diratifikasi oleh anggota ke-26 PBB. Jawarhalal Nehru, seorang pejuang kebebasan utama dari India telah menyuarakan pendapatnya untuk memulai WHO. 

Aktivitas WHO, juga sisa kegiatan Organisasi Kesehatan LBB (Liga Bangsa-Bangsa), diatur oleh sebuah Komisi Interim seperti ditentukan dalam sebuah Konferensi Kesehatan Internasional pada musim panas tahun 1946. Pergantian dilakukan melalui sebuah Resolusi Majelis Umum PBB. Pelayanan Epidemilogi Office International d'Hygiene Publique Prancis dimasukan dalam Komisi Interim WHO pada 1 Januari 1947.

Selain mengatur usaha-usaha Internasional untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seperti SARS, Malaria, Tuberkulosis, flu babi, AIDS dan Ebola, WHO juga mensponsori program-program yang bertujuan mencegah dan mengobati penyeakit-penyakit seperti contoh diatas. WHO mendukung perkembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif. diagnosa penyakit dan kelainan dan obat-obatan. Setelah sekitar 2 dekade (20 tahun) melawan variola, pada tahun 1980, WHO menyatakan musnahnya penyakit Cacar (variola) - Penyakit pertama dalam sejarah yang dimusnahkan dengan usaha manusia.

WHO menargetkan untuk memusnahkan penyakit polio dalam kurun waktu beberapa tahun lagi. Organisasi ini sudah meluncurkan HIV/AIDS Toolkit untuk Zimbabwe (dari 3 Oktober 2006) dengan standart internasional.

Ditambah lagi dalam tugasnya memusnahkan penyakit, WHO juga melaksanakan berbagai kampanye yang berhubungan dengan kesehatan. Contohnya untuk meningkatkan buah-buahan dan sayur-sayuran di seluruh dunia dan berusaha untuk mengurangi tembakau. 

Para ahli bertemu di kantor pusat WHO di Jenewa pada bulan Februari 2007 dan melaporkan bahwa usaha mereka pada perkembangan vaksin influenza yang pandemik telah mencapai kemajuan yang bagus. Lebih dari 40 percobaan klinik telah selesai atau sedang berlangsung. Kebanyakan di fokuskan kepada orang dewasa yang sehat. Beberapa perusahaan setelah menyelesaikan analisis keamanan pada orang dewasa, telah memulai percobaan klinik pada orang lanjut usia dan anak-anak. Sejauh ini semua vaksin aman dan dapat ditoleransi tubuh pada semua tingkat usia.

Saat ini Direktur Jenderal WHO adalah Margareth Chan yang menjabat sejak 8 November 2006. 

Selama 67 tahun ini, WHO telah memperlihatkan keajaiban-keajaiban dunia. Seperti yang telah disinggung sebelumnya tentang pemberantasan penyakit cacar. Tak pernah lelah bekerja secara konstan demi kepentingan kemanusiaan. Karena itu semoga WHO selalu di lancarkan semua usahanya oleh Tuhan Yang Maha Esa.   


Sumber: id.wikipedia              
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook