ARKEOLOGI TEMUKAN SAYAP PERUNGGU PATUNG ROMAWI DI INGGRIS

Arkeologi Temukan Sayap Perunggu Patung Romawi Di Inggris  

"Dengan ditemukannya Sayap Perunggu dari Zaman Romawi Kuno ini menunjukkan bahwa wilayah Gloucester merupakan wilayah penting Romawi Kuno di Inggris"

Sayap Perunggu Patung Romawi

Mahessa83 -Para arkeolog berhasil menemukan Sayap Perunggu berwarna kehijauan di Inggris yang di duga dari Zaman Romawi. Sayap sepanjang 5,5 inchi (14 centimeter) yang ditutupi oleh beberapa bulu ini kemungkinan besar merupakan bagian dari Patung Perunggu Dewa atau Dewi Romawi.

Hingga saat ini tim arkeologi dari Cotswold Arkeolog terus meneliti situs tersebut yang sebelumnya merupakan sebuah proyek kontruksi untuk pembangunan Greyfriars yang terletak di Gloucester, sebuah wilayah yang berada di Inggris barat daya.

Pertama kali ditemukan sayap ini ditutupi oleh tanah yang sangat tebal dan penuh dengan karat. Hal ini tidaklah mengherankan karena perunggu adalah bahan logam yang terbuat dari campuran bahan timah dan tembaga yang memang berkorasi sehingga warnanya berubah menjadi hijau limau ketika terkena polusi dan kelembaban dari waktu ke waktu dalam jangka yang lama. 

Para arkeolog kemudian membersihkan dan meneliti benda ini secara detail. Hingga para arkeologi dapat mengungkan bahwa sayap ini di cor dengan sangat halus. Sayap ini terlihat seperti sayap burung elang yang kemungkinannya berasal dari Zaman Romawi.

Pada saat itu, Roma memperlakukan elang dengan sangat tinggi karena dia merupakan atribut dari Dewa Yupiter (setara dengan Dewa Zeus). Tentara Romawi banyak menganut dari Dewa Yupiter karena dipercaya sebagai simbol kekuatan dan ketangkasannya. Selain itu Burung Elang juga merupakan simbol Dewi Victoria, Dewi kemenangan Romawi yang setara dengan Dewi Nike di Yunani.

Secara detail Patung Sayap Perunggu tersebut menunjukkan bahwa itu berasal dari Patung Victoria namun kemungkinan lainnya menunjukkan bahwa sayap tersebut bagian dari Patung Mercury. Dewa bersayap yang sering menggunakan topi baja dan sepatu tinggi. 

Dengan ditemukannya Sayap Perunggu dari Zaman Romawi Kuno ini menunjukkan bahwa wilayah Gloucester merupakan wilayah penting Romawi Kuno di Inggris melengkapi penemuan-penemuan sebelumnya di wilayah ini seperti sejumlah patung perunggu dari dewa dan dewi Romawi Kuno, 

Untuk kedepannya setelah penelitian dari konservasi ini selesai, Para arkeolog akan memberikan Sayap Patung dari Perunggu ini ke Museum Gloucester untuk kemudian dipamerkan untuk umum.

Sumber:LiveScience

 
   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook