10 HEWAN PUNAH PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

10 Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia


Mahessa83 | 10 Hewan Paling Menakjubkan Di Dunia dalam daftar kami ini telah punah yang mungkin disebabkan oleh perubahan iklim, Kurangnya makanan, berkurangnya habitat asli mereka di alam liar, Bencana besar atau perburuan secara liar. Dalam daftar ini kami akan menyajikan tentang Hewan Punah Paling Menakjubkan dari muka bumi ini kecuali dari jenis Dinosaurus karena begitu banyak spesies dari jenis ini.

Berikut 10 Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia yang kami lansir dari laman wonderlist.com

10. Great Aux

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Great Aux adalah burung terbang yang telah punah pada pertengahan abad ke-19 lalu. Hewan ini menurun dratis sejak berakhirnya Zaman Es. Kemudian manusia mengurangi habitat asli mereka serta memburunya secara liar. Hal ini yang menyebabkan Hewan Paling Menakjubkan ini cepat punah dari muka bumi. 

Hewan ini sangat mirip dengan Pinguin saat ini tetapi mereka adalah burung pertama yang disebut Pinguin saat itu. Great Aux dapat tumbuh hingga 75 - 85 centimeter dengan berat sekitar 5 kilogram. Sama dengan Pinguin saat ini, Mereka sangat lincah di air tetapi canggung di daratan.

9. Singa Gua Eropa

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Singa Gua Eropa sangat mirip dengan Harimau. Mereka hidup dari 370.000 - 10.000 tahun yang lalu yaitu selama Zaman Pleistosen yang sekarang dikenal sebagai Hewan Paling Menakjubkan yang telah punah dari Bumi. Ukuan mereka jauh lebih besar dari Singa Afrika saat ini dengan panjang dari kepala hingga tubuhnya sekitar 2,4 meter. 

Pada spesies mereka yang telah ditemukan, Dengan ukurannya yang cukup besar, mungkin mereka dapat membunuh Beruang Besar walaupun dengan sedikit usaha. Mereka memiliki fisik yang sangat kuat sehingga hewan Singa Gua Eropa ini disebut sebagai Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia dalam daftar kami.

8. Ground Sloth

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Ground Sloth adalah salah satu Binatang Unik yang pernah hidup pada Zaman Es. Ground Sloth telah punah di daratan Amerika Utara dan Amerika Selatan sejak 10.000 tahun yang lalu. Penyebab kepunahan mereka sering dikaitkan oleh pemburuan liar oleh manusia tetapi studi terbaru mengatakan bahwa perubahan iklim yang menyebabkan hewan ini punah. Tubuh mereka terlalu besar untuk diburu oleh manusia.

7. Elephant Bird
 
Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Elephant Bir atau Burung Gajah adalah burung besar yang dapat terbang yang pernah hidup di Pulau Madagaskar. Diantara spesies hewan yang telah punah. Penampilan mereka sangat mirip dengan Burung Unta saat ini tetapi kerabat terdekat mereka dalah Burung Kiwi. Mereka diperkirakan telah punah sejak abad ke-17 atau abad ke-18 dan alasan kepunahan mereka tidak diketahui, tetapi aktivitas manusia yang mungkin menyebabkan Hewan Paling Menakjubkan ini punah. 

Bukti pemburuan oleh manusia ditemukan oleh para arkeolog baru-baru ini. Mereka menemukan bukti-bukti sisa-sisa kulit telur dianatara sisa-sisa kebakaran manusia. Beberapa sumber mengatakan Burung Gajah memiliki tinggi 3 meter dengan berat tubuh sekitar 500 kilogram. Hal ini menjelaskan bahwa Burung Gajah merupakan salah satu jenis burung terbesar yang pernah hidup di bumi.

6. Thylacine

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Thylacine adalah hewan yang lebih dikenal dengan Harimau Tasmania. Mereka adalah hewan berkantung terbesar yang pernah hidup di zaman modern ini. Mahluk ini sepintas sangat menakutkan dan mematikan tetapi mereka sebenarnya adalah mahluk yang pemalu. Meskipun memiliki nama Harimau di depannya, Tetapi bentuk mereka seukuran dengan Anjing kecuali yang berbeda pada ekor, kuku dan kantung perut. 

Mereka dikatakan telah punah sejak 2.000 tahun yang lalu, namun keberadaan mereka masih sempat terlihat pada tahun 1930-an di Tasmania. Sekali lagi aktivitas manusia dijadikan sebagai penyebab utama punahnya hewan ini bukan karena pemburuan, Tetapi manusia membawa penyakit ke daratan Australia yang menyebabkan punahnya hewan ini. 

Namun beberapa orang percaya bahwa Harimau Tasmania masih ada ditempat-tempat tersembunyi di Tasmania saat ini karena diketahui masih ada penampakan. Namun secara resmi Harimau Tasmania sudah dinyatakan punah dan tidak ada bukti fisik tentang keberadaan mereka saat ini.


 

5. Irish Elk

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Irish Elk merupakan nama yang diberikan di Irlandia, Eurasia dan Afrika Utara selama ribuan tahun. Hewan Punah Paling Menakjubkan ini memiliki tinggi sekitar 2,1 meter  dan panjang tubuh sekitar 3,65 meter dengan berat mencapai 500 - 650 kg membuat nereka berkembang biak terbesar yang pernah dikenal manusia. 

Namun sayang mereka tidak dapat bertahan hidup di Arktik yang menyebabkan mereka kekurangan makanan dan gizi sehingga mengurangi masa kesuburan pada jenis betina hingga 50 persen. 

Beberapa Irish Elk selamat setelah berakhirnya Zaman Es tetapi kemudian mungkin diburu oleh manusia. Sisa-sisa fosil spesies yang ditemukan oleh para arkeologi berusia sekitar 7.700 tahun yang ditemukan di Siberia.   

4. Saber Toothed Cat

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Saber Toothed Cat atau Saber Bergigi Kucing dianggap sebagai anggota dari mamalia pemangsa yang telah ada sejak 12 juta tahun yang lalu hingga 11.000 tahun yang lalu. Mereka telah berada di Bumi sekitar 40 juta tahun lamanya. Mereka adalah Kucing Raksasa seperti hewan yang memiliki kuku seperti pedang melengkung panjang seperti gigi taring memanjang ke bawah dari mulut. Bahkan ketika mulutnya ditutup. 
Fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa ukuran taring rahang atas mereka dalam beberapa spesies dapat mencapai panjang 50 centimeter dan ini membuat mimpi buruk bagi hewan lainnya saat bertemu dengan hewan ini. 

Ukuran tubuhnya yang besar dan berotot yang dikombinasikan dengan giginya yang sangat berbahaya menjadikan hewan ini dapat dengan mudah merobek tubuh lawan-lawannya.

3. Dodo

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Dodo adalah hewan aneh yang telah punah yang terlihat seperti burung terbang. Hewan ini pernah ditemukan oleh pelaut Belanda saat tiba di Pulau Mauritus. Bentuk mereka memiliki tinggi sekitar 1 meter dengan berat badan sekitar 10 hingga 20 kg di alam liar. Meskipun kepunahan mereka diumumkan secara resmi terjadi pada abad ke-19, meskipun penampilan mereka dalam bentuk nyata masih diragukan oleh para peneliti. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa hewan Dodo tidak pernah ada sama sekali di bumi. 

Penampakan burung ini hanya ditunjukkan dengan beberapa gambar, lukisan ataupun sastra dari abad ke-17. Tetapi walaupun demikian Dodo merupakan Hewan Paling Menakjubkan Yang Telah Punah Dari Bumi.

2. Quangga

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Quangga mungkin spesies yang memiliki nama paling manis dalam daftar kami. Mereka aalah subspesies dari Zebra, Hewan Asli Afrika Selatan. Quangga menjadi korban pemburuan liar oleh pemukim Belanda dan kemudian oleh orang Afrika untuk diambil daging dan kulitnya. 

Hewan Quangga resmi dinyatakan punah sejak tahun 1878 tetapi beberapa yang berhasil ditangkap disimpan di Kebun Binatang. Pada 12 Agustus 1883, Quangga terakhir meninggal. Hewan ini dibedakan dengan Zebra normal dengan pola terbatas dari garis-garis cokelat dan putih terutama pada bagian depan tubuhnya.

1. Wolly Mammoth

Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia

Wolly Mammoth adalah salah satu hewan raksasa dari salah satu Hewan Punah Paling Menakjubkan Di Dunia. Mereka selamat setelah berakhirnya Zaman Es berkat bulu dan rambutnya yang tebal. Mereka hidup berdampingan dengan manusia di dunia baru dan manusia juga memanfaatkan hewan ini untuk diambil tulang dan gading mereka oleh manusia untuk dijadikan alat-alat dan seni. Mugkin juga nampaknya manusia memburu mereka untuk diambil dagingnya untuk dimakan. 

Kerabat mereka adalah Gajah Asia, Mereka mungkin memiliki tubuh yang sama dengan Gajah Afrika sekarangtetapi bentuk mereka sangat berbeda terutama Wolly Mammoth memiliki bulu seperti wol.

Nah itulah 10 Hewan Punah Paling Menakjubkan yang pernah hidup di bumi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentan dunia binatang pada masa lalu terutama pada hewan-hewan yang telah punah.

      





 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook