7 KAWASAN LAHIRNYA PERADABAN KUNO DI DUNIA

7 Kawasan Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia  


Mahessa83 | Zaman Perunggu merupakan bagian dari sistem tiga zaman (Zaman Batu,
Zaman Perunggu dan Zaman Besi) yang memberi deskripsi sejarah Peradaban Kuno secara efektif bagi beberapa kawasan di dunia. Pada era tersebut ketujuh kawasan-kawasan tersebut merupakan daerah yang paling subur sehingga banyak berdiri kota dan negara dari Peradaban Kuno.  Peradaban-peradaban tersebut terpusat pada lembah sungai yang subur seperti Sungai Tigris dan Sungai Efrat di Mesopotamia, Sungai Nil di Mesir, Sungai Indus di Asia Selatan dan Yangtze serta Sungai Kuning di China. Peradaban Kuno yang berada kawasan sungai merupakan peradaban yang sangat kuat pada masa itu karena air diperlukan untuk membangun suatu masyarakat agraris juga sebagai sarana tansportasi selain laut.


1. Mesopotamia

Mesopotamia


Mesopotamia merupakan kawasan subur tempat berdirinya beberapa kota besar pada zaman kuno. Pertemuan Sungai Tigrit dan Sungai Efrat di kawasan tersebut menciptakan tanah yang subur dan persediaan air untuk irigasi. Peradaban-peradaban yang muncul disekitar kedua sungai tersebut merupakan peradaban non-numadis terkuno yang diketahui sejauh ini. Seperti Peradaban Sumeria, Akkadia, Asiria serta Peradaban Babilonia sehingga Kawasan Mesopotamia dianggap sebagai wilayah daerah Peradaban Tertua Di Dunia.

Peradaban Sumeria

Peradaban Sumeria

Sumeria merupakan salah satu peradaban terlengkap pertama yang diketahui hingga saat ini yang berkembang pada beberapa negara kota pada Milenium ke-4 sebelum masehi. Dakam peradaban inilah untuk pertama kalinya tercipta bata, roda, bajak dan gerabah. 

Peradaban Sumeria muncul selama Periode Ubaid (6.500 - 3.800 SM) dan Periode Uruk (4.000 - 3.100 SM). Eridu merupakan situs Sumeria Tertua Di Dunia yang dihuni selama awal Periode Ubaid yang terletak beberapa mil di sebelah barat daya Ur. 

Eridu merupakan tempat perpaduan antara kota kuil di Sumeria (Mesopotamia bagian selatan) dengan pemukiman kuno di daerah tersebut yang telah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

Di Kawasan Mesopotamia bentuk tulisan tercipta yaitu Huruf Paku (kuneiform) pada sekitar 3.000 SM. Kuneiform berawal dari sebuah sistem Piktograf. Gambar-gambar referensi tersebut berangsur-angsur menjadi lebih sederhana dan abstrak. Kuniform ditulis pada Sabak tanah liat dan hurufnya di gambar dengan buluh yang berfungsi sebagai Stilus. 

Bagi Bangsa Sumeria, Hanya anak orang kaya dan bangsawan saja yang berhak mendapat pendidikan baca tulis. Mereka belajar di tempat yang disebut Edubba, Budaya menulis telah menyumbangkan catatan sejarah akan keberadaan peradaban ini. Salah satu Karya Tulis Tertua Di Dunia yaitu Wiracarita Gilgamesh berasal dari peradaban ini.

Pada abad ke-24 SM, Kekaisaran Akkadia berdiri di Mesopotamia dan beberapa abad berikutnya berdiri juga Kerajaan Asiria dan di susul dengan Kerajaan Babilonia.

2. Sungai Nil

Zaman Mesir Kuno

Daerah aliran Sungai Nil di Afrika Utara merupakan tempat perkembangan Peradaban Mesir Kuno sekitar 6.000 SM. Masyarakat Pra-Kerajaan Mesir (sebelum sistem monarki didirikan di Mesir) sudah mampu bercocok tanam dan mengembalakan ternak. Usaha komunikasi visual awal dapat teramati dari simbol-simbol yang terdapat yang terdapat pada Gerabah dari Gerzeh sekitar 4.000 SM yang menyerupai Hierglif Mesir Kuno. Mortal mulai dikenakan sejak 4.000 SM dan Tembikar Glasing Bening mulai di produksi sejak 3.500 SM. Sementara Rumah Sakit atau tempat perawatan medis telah didirikan sekitar 3.000 SM.

Bukti arkeologis mengindetifikasikan keberadaan manusia di kawasan barat daya Mesir dekat perbatasan dengan Sudan, Sekitar 8.000 SM, Iklim sahara lebih lembab daripada kini sehingga daerah tersebut memungkinkan untuk bercocok tanam di tanah yang kini telah gersang. 

Perubahan iklim semenjak 3.000 SM menyebabkan proses kegersangan secara berangsur-angsur dikawasan tersebut. Sebagai dampaknya, Beberapa Suku Kuno penghuni Sahara terdesak untuk pindah ke daerah dekat Sungai Nil pada sekitar 2.500 SM.

Piramida Agung Giza

Bangsa Mesir Kuno dikenal karena sejumlah prestasi dan penemuan-penemuan sejarahnya. Diantaranya pembangunan Piramida, Ilmu Bedah Kuno, Ilmu Matematika, dan transportasi dengan menggunakan perahu. Kebangkitan dinasti-dinasti Mesir di mulai setelah bersatunya Mesir Hulu dan Mesir Hilir sekitar 3.200 SM dan berakhir sekitar tahun 340 SM saat di mulainya kuasa Dinasti Akhemeniyah atas wilayah Mesir. Kerajaan Mesir dipimpin oleh penguasa monarki bergelar Firaun yang pada puncak kejayaannya kerajaannya terbentang dari Delta Sungai Nil hingga Gunung Jebel Barkal di Sudan.

3. Lembah Sungai Indus

Lembah Sungai Indus

Lembah Sungai Indus juga merupakan salah satu Tempat Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia. Peradaban Lembah Sungai Indus atau Peradaban Harappa terjadi sekitar tahun 3.300 SM. Peradaban tersebut berpusat pada kawasan sekitar Sungai Indus yang sebagian besar merupakan wilayah Pakistan, Afganistan, Iran dan India.terbentang ke timur sampai lembah Sungai Ghaggar-Hakra dan huluny berada di Doab, Gangga-Yamuna.

Peradaban tersebut terbentang ke barat sampai Pesisir Makran di Balochistan, ke utara sampai Afganistan Tenggara dan ke selatan sampai Daimabad di Maharashtra. Di peradaban inilah kegiatan pertanian pertama muncul di Asia Selatan. seperti Gandum, Jelai dan Jujuba di budidayakan pada tahun 9.000 SM Sementara budadaya domba dan kambing menyusul kemudian. 

Sekitar Milineum ke-5 SM, Masyarakat agraris tersebar tersebar di kawasan Kashmir. Di situs pemakaman dari peradaban ini ditemukan barang-barang yang sudah bisa diproduksi pada masa tersebut seperti keranjang, peralatan dari batu dan tulang, kalung, rantai, anting, pernik-pernik, dan ornamen dari kulit kerang, bata kapur, batu pirus, lapis lazuli, batu pasir dan juga tembaga.

Situs Mohenjo-Daro

Dalam Peradaban Lembah Sungai Indus, beberapa kota besar berkembang seperti Harappa (3.300 SM) Dholapira (2.900 SM), Mohenjo-Daro (2.500 SM), Lothai (2.400 SM) dan Rakhigarhi serta lebih dari seribu kota kecil dan desa-desa.

Pada akhir Milenium ke-1 SM, Peradaban Perkembangan Lembah Sungai Indus memasuki Periode Weda, Kumpulan himne keagamaan yang menjadi fondasi bagi ummat Hindudan aspek kultural lainnya pada masyarakat India Awal. Rentang waktu pada periode ini tidak diketahui dengan pasti tetapi masa pberakhirnya diketahui terjadi sekitar pada abad ke-6 SM. Pada masa tersebut sudah ada religi yang menjadi perintis bagi Agama Hindu seperti yang kita kenal pada masa sekarang.

4. Lembah Sungai Kuning

Lembah Sungai Kuning

Kebudayaan awal Tiongkok tidak jauh dari kawasan Sungai Kuning serta Sungai Yangtze karena didaerah tersebut banyak ditemukan peninggalan Prasejarah Tiongkok. Kebudayaan Neolitik Tertua yang ditemukan di Tiongkok diantaranya Pengtaushan (Sungai Yangtze), Peilingang (Sungai Kuning) yang semuanya bermula sejak tahun 7.000 SM. 

Masa Kebudayaan Pengtaushan sulit untuk dipastikan dengan pasti dan hasil perhitungannyapun bervariasi antara tahun 9.000 SM sampai tahun 5.500 SM. Di situs kebudayaan tersebut ditemukan sisa-sisa beras yang berasal dari tahun 7.000 SM. Sementara di Situs Purbakala Jiahu, ditemukan bukti pembumidayaan padi. Penemuan penting lainnya di Jiahu adalah Seruling Kuno yang berasal antara tahun 7.000 - 6.600 SM.

Sementara Peiligang juga merupakan salah satu kebudayaan tertua di Tiongkok yang memproduksi gerabah. Baik Pengtaushan maupun Peiligang juga mengembangkan budidaya Jawawut, peternakan, penyimpanan dan distribusi pangan. 

Piktograf yang diduga sebagai perintis Sistem Tulisan Bahasa Tionghoa berasal dari masa yang setua kegiatan pertanian dan peternakan di Tiongkok. Di Jiahu ditemukan sejumlah Piktograf yang dikenal sebagai Simbol Jiahu.

Sementara itu di Damaidi, Ningxia terdapat ribuan ukiran pada tebing yang berasal dari masa 6.000 - 5.000 SM yang menampilkan 8.000-an piktograf menyerupai matahari bulan, bintang, dewa-dewi dan adegan perburuan dan juga peternakan. Piktograf tersebut mirip dengan huruf Tionghua Kuno yang diketahui selama ini.

Masa Kebudayaan Peiligang tergantikan dengan masa Kebudayaan Yangshao (5000 - 3000 SM). Pengaruh kebudayaan tersebut meliputi Tiongkok Utara. Kebudayaan tersebut kemudian tergantikan oleh Kebudayaan Longsan sekiatar tahun 2.500 SM. Pada situs arkeologis seperti Sanxingdui dan Erlitou terdapat juga bukti Peradaban Zaman Perunggu di Tiongkok. Pisau Perunggu dalam bentuk terkuno dari tahun 3.000 SM ditemukan di situs Majiayaodi Provinsi Gansu dan Qinhai.

Lembah Sungai Kuning

Menurut catatan Sejarah Tiongkok, Sungai Kuning digunakan sebagai irigasi pada sekitar tahun 2.200 SM oleh Yu Yang Agung, Perintis Dinasti Xia yang semi-mitologis. Dinasti Xia (2.100 -1.600 SM ) adalah dinasti pertama yang disebutkan dalam catatan Sejarah Tiongkok diantaranya pada catatan Sejarah Agung oleh Sima Qian dan Sejarah Bambu.

Sementara Dinasti Historis pertama yang diakui keberadaannya adalah Dinasti Shang yang berdiri sekitar tahun 1.500 SM. Bukti arkeologi tentang keberadaan Dinasti Shang adalah berupa artefak perunggu dan tulang orakel yaitu cangkang kura-kura atau tulang lemusir sapi yang ditulisi simbol-simbol aksara Tiongkok Kuno yang ditemukan di Lembah Huang He di Yin, Ibukota Dinasti Shang. 

Dinasti Shang kemudian digantikan oleh Dinasti Zhou sekitar abad ke-11 SM. Masa akhir Dinasti Zhou merupakan masa kelahiran dua filsuf terkenal Tiongkok yaitu Kong Hu Cu (Pendiri Konfususianisme) dan Laozi (Pendiri Taoisme).                 

 5. Yunani Kuno

Yunani Kuno

Di Gua Franchthi di Peloponesia sebelah tenggara Argolid terdapat bukti mengenai kegiatan pertanian purbakala di Yunani sejak sekitar 11.000 SM, Budidaya biji-bijian, kacang-kacangan dan serealia terjadi pada masa yang sama. Sementara Haver dan Jelai muncul sekitar 10.500 SM. Sedangkan Ercis dan Pir sejak sekitar 7.300 SM. Pemukiman Neolitik tersebar diseluruh wilayah Yunani dengan kegiatan meliputi pertanian dan produksi gerabah. 

Situs terkemuka seperti Seklo dan Damini sudah memiliki jalan dan alun-alun. Situs penting lainnya adalah Dispilio, tempat penemuan Sabak Kuno dengan guratan-guratan seperti tulisan kuno.

Peradaban Kuno Minoa merupakan Peradaban Zaman Perunggu pertama di kawasan Yunani Kuno. Peradaban tersebut muncul di Pulau Kreta sekitar tahun 2.700 SM hingga 1.500 SM. Pulau Kreta mulai dihuni oleh manusia sekitar tahun 128.000 SM selama Zaman Paleolitik Madya. 

Peradaban Mikene

Sementara Peradaban Mikene berkembang diseberang utara Pulau Kreta sejak sekitar 1.600 SM. Ketika Kebudayaan Helladik di Yunani daratan bertransformasi dengan dibawah pengaruh Kebudayaan Minoa dari Kreta. Tidak seperti masyarakat Minoa yang mengandalkan perdagangan, Masyarakat Mikene mengandalkan penaklukan Peradaban Mikene didominasi oleh aristokrasi kesatria sekitar 1.400 SM. Bangsa Mikene memperluas jangkauan kekuasaan mereka ke Kreta, Pusat Peradaban Minoa (yang pada masa itu mengalami bencana letusan Gunung Santorini) dan mengadopsi suatu bentuk aksara Minoa yang disebut Linear A untuk menuliskan Bahasa Yunani Kuno.

Sementara aksara yang dikembangkan pada masa Peradaban Mikene kmudian disebut Linear B. Legenda Yunani menyebutkan bahwa Bangsa Mikene tidak hanya menaklukan Minoa tetapi juga negara Kota Troya yang disebutkan dalam wiracarita Lilliad sebagai saingan kekuasaan Mikene.

Karena satu-satunya catatan sejarah konflik tersebut adalah lliad karya Homeros, Maka Sejarah Troya dan Perang Troya belum bisa dipastikan terjadi tahun 1876. Arkeolog Jerman Heinrich Schlieemann menemukan reruntuhan di Hissalirik termasuk Kawasan Asia Minor sebelah barat (kini Turki) dan mengkliamnya sebagai daerah bekas Troya. Kepastian mengenai lokasi tersebut sebagai Troya seperti yang dituturkan oleh Homeros masih diperdebatkan hingga sekarang.    

Kebudayaan Yunani memiliki pengaruh yang besar pada peradaban-peradaban di Eropa yang muncul kemudian terutama Peradaban Romawi. Bangsa Yunani mengembangkan konsep yang kini dikenal sebagai Negara Kota atau Polis. Kata Politik berdasarkan dari konsep tersebut yang secara harafiah berarti segala hal yang menyangkut Polis. 

Ada banyak Polis pada Zaman Yunani Kuno diantara yang terkenal adalah Athena, Sparta, Korintus dan Thebes. Kota-kota tersebut tidak memiliki hubungan yang intens satu sama lainnya karena bentang alam Yunani yang didominasi pegunungan dan banyak pulau. Tiap kota bersifat mandiri dan diperintah langsung oleh seseorang di kota tersebut. Koloni-koloni juga mempunyai hubungan dengan kota asal mereka demi perlindungan.

Ketika daratan Yunani terancam perang (contohnya seperti saat melawan Kekaisaran Persia) terjadi persekutuan diantara negara kota untuk menanggapai ancaman tersebut.             

6. Pegunungan Andes

Pegunungan Andes

Peradaban di dataran Pegunungan Andes yang terbentang sepanjang Amerika Selatan, Colombia hingga Gurun Atacama terdiri dari beberapa kebudayaan yang berkembang di wilayah tersebut. Kebudayaan yang paling menonjol berkembang di Pegunungan Andes adalah Kebudayaan Peru Kuno, Tiahunacao di Bolivia.

Di Lembah Ayacucho tepatnya di situs Pikimachay, Hasil penelitian arkeolog mengungkapkan keberadaan bukti adanya manusia sejak 22.200 hingga 14.700 tahun yang lalu. Di Situs Pikimachay ditemukan budidaya tanaman seperti Labu Air sejak 11.000 tahun yang lalu. Sisa-sisa tanaman tersebut mengindentifikasikan bahwa sebelum 3.000 SM, Bayam, Kapas, Labu Lucuma dan Kinoa sudah di budidayakan di Basin Ayacucho sejak 4.000 SM. 

Di Kawasan Buena Vista bangunan Observatorium serupa kuil telah didirikan sejak 4.200 tahun yang lalu. Bangunan tersebut mengandung ukiran yang elok serta patung seukuran manusia yang terkesan unik karena kebudayaan sekitarnya masih menciptakan relief dua dimensi ketika itu. Sementara di Situs Ventarron, Region Lambayeque terdapat kuil berhias Mural berusia 4.000 tahun.

Sejauh penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog, Peradaban Tertua di Belahan Bumi Barat pada umumnya dan di Amerika Selatan Pada khususnya adalah Peradaban Norte Chico atau Peradaban Caral Supe (3.200 - 1.800 SM) yang meninggalkan bukti arkeologis berupa pemukiman di pesisir Peru termasuk pusat kota Aspero dan Caral. Keberadaan Quipu purbakala di Caral menandakan penggunaan benda tersebut sudah ada sejak dahulu kala.Piramida Batu di situs tersebut diduga sezaman dengan Piramida Agung Giza.

Secara arkeologis, Norte Chico merupakan kebudayaan pra-keramik pada Periode Kuno Akhir era Pra-Columbus. Peradaban tersebut tak meninggalkan keramik dan jejak-jejak kesenian. Prestasi mereka yang menakjubkan berupa arsitektur monumental termasuk Tumulus dan Plaza melingkar yang terbenam. Bukti arkeologis juga mengindetifikasikan penggunaan teknologi tekstil dan kemungkinan besar ada pemujaan simbol-simbol dewa-dewi.            


7. Mesoamerika 

Kebudayaan Olmek

Mesoamerika merupakan region di Amerika Utara yang pada masa kini meliputi Meksiko dan Karibia. Saat berbagai peradaban belahan bumi timur, Kebanyakan masyarakat di Amerika masih hidup sederhana selama beberapa masa dan terpecah menjadi beberapa kebudayaan regional yang berbeda-beda. 

Selama Tahap Formatif atau Era Praklasik di Mesoamerika (sekitar 1.800 SM - 200 M). Peradaban yang ada pada masa itu yakni Peradaban Olmek (1.400 SM), Zapotek (600 SM) dan awal Peradaban Maya (200 M) dan lain-lain. Bangsa-bangsa di Mesoamerika pada masa itu dapat mengembangkan pertanian dengan baik seperti menanam Jagung dan tanaman khas Amerika lainnya, serta membuat Agama dan Budaya yang istimewa.

Selama bertahun-tahun Kebudayaan Olmek diduga sebagai kebudayaan ibu dari Mesoamerika karena pengaruh besar yang disebarkannya dikawasan tersebut. Pusat Kebudayaan Olmek berada di pesisir Teluk Meksiko, Wilayah negara bagian Velacruz dan Tabasco yang sekarang. Kebudayaan Olmek menjadi tonggak sejarah bagi Sejarah Mesoamerika, karena khazanah budaya Mesoamerika pertama kali muncul disana. diantaranya Organisasi Kenegaraan, Pengembangan kalender upacara 260 hari dan Kalender Sekuler 365 hari, aksara pertama di Mesoamerika dan juga Tata Kota. Pengembangan kebudayaan tersebut dimulai sekitar 1.600 - 1.500 SM. Situs-situs Kebudayaan Olmek diantaranya La Venta, San Lorenzo dan Tres Zapotes.

Peradaban Suku Maya

Diantara Peradaban Asli Amerika sebelum kedatangan orang-orang Eropa, Peradaban Maya adalah peradaban yang memiliki aksara paling sistematis. Mereka menunjukkan prestasi gemilang pada bidang seni dan arsitektur serta mengenal sistem Matematika dan Astronomi. Tempat Peradaban Maya telah dijamah manusia sejak sekitar Milenium ke-10 SM. Sementara pemukiman maya dibangun pada 1.800 SM. dikawasan Cosonusco yang pada masa kini merupakan wilayah Chiapas di Meksiko, Pesisir Samudra Pasifik yang pada masa itu manusia dikawasan tersebut mulai bermukim secara permanen. 

Mereka menciptakan sistem pertanian dan menimbun pangan, gerabah dan pernak-pernik yang terbuat dari tanah liat. Mereka juga sudah mampu membangun gundukan makam yang kemudian berkembang menjadi Punden Berundak.

Nah itulah 7 Lokasi Tempat Lahirnya Peradaban Kuno Di Dunia yang kami lansir dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.       


Sumber :  id.wikipedia
        
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook