10 TANDA UTAMA TERJADINYA KIAMAT MENURUT ISLAM

10 Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam  


10 TANDA UTAMA TERJADINYA KIAMAT MENURUT ISLAM

Mahessa83 | Kapankah kiamat datang? Dan apa tanda-tandanya? Saya menganggap
itu adalah sebuah pertanyaan  yang paling sering dibicarakan dalam sejarah ummat manusia sepanjang masa. Begitu banyak ramalan-ramalan tentang kiamat yang ditulis diberbagai buku, Percayakah kita? Percaya kepada adanya Hari Kiamat adalah salah satu dari rukun iman yang ke-enam bagi ummat Islam.

Ilmu kita tidak akan pernah sampai untuk meramalkan tentang kepastian terjadinya akhir zaman. Karena hal itu menjadi rahasia Allah SWT.

"Telah dekat terjadinya Hari Kiamat, Tidak ada yang menyatakan terjadinya hari itu selain Allah SWT," (Q.S - an-najm 57-58). 

Adapun tanda-tanda utama datangnya kiamat, Nabi Muhammad SAW bersabda ,"Sesungguhnya kiamat itu tidak akan terjadi sebelum adanya sepuluh tanda-tanda kiamat yaitu, Datangnya Imam Mahdi, Datangnya Dajjal, Turunnya Nabi Isa, Munculnya Ya'juj dan Ma'juj, Munculnya Asap Tebal, Dabbatul Ard, Matahari Terbit Dari Barat, Tanah Longsor, Munculnya Api Besar serta  Hancurnya Ka'bah.   

Berikut ini 10 Tanda-tanda utama terjadinya kiamat menurut Alqur'an dan Hadist dalam Agama Islam.

1. Datangnya Imam Mahdi


Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Salah satu dari keturunanku diciptakan oleh Allah SWT akan datang sebelum akhir dunia,". Namanya akan sama dengan namaku dan nama ayahnya akan sama dengan nama ayahku. Dunia akan penuh penindasan dan tirani sebelum kemunculannya. Tetapi pada masanya keadilan akan datang.Dan malaikat akan mengatakan. "Ini adalah Mahdi, Dengarkan apa yang Ia katakan," Dia akan menjadi khalifah dan memberikan perlawanan kepada musuh yang berbeda. Beberapa diantaranya berpura-pura menjadi Mahdi," namun tidak satu dari mereka ditaati sebagai diwirayatkan dalam hadist.

2. Akan Datang Dajjal

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam

Dajjal akan datang dan mengatakan "Akulah Allah" Siapa saja yang tidak percaya kepadaku ia akan menjadi kafir. Dajjal hanya memiliki satu mata. Dia akan mendapatkan banyak penganut dengan kekuatan yang luar biasa dengan segala kekayaannya. Godaan ini akan menjadi ujian nyata kepada orang yang beriman. Dia akan berperang melawan Yesus dan dia akan dibunuh oleh_Nya.

3. Turunnya Nabi Isa

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam

Menurut Alqur'an, Nabi Isa (Yesus) tidak dibunuh oleh orang-orang Yahudi. Tetapi Allah telah menyelamatkannya dan mengangkatnya ke langit. Jika Yesus kembali ke bumi itu adalah salah satu tanda-tanda datangnya Hari Kiamat.

Nabi Isa akan menyelesaikan 2 misi utama turun ke bumi yaitu,
  1. Dia akan membunuh Dajjal
  2. Dia akan menyelamatkan ummat Islam dari serangan Ya'juj dan Ma'juj (mahluk jahat yang menyebar teror di bumi) dan Dia akan membawa mereka ke Gunung Tur
  3. Dia adalah seorang khalifah dan akan memuliakan Islam
4. Ya'juj dan Ma'juj

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Salah satu tanda-tanda utama datangnya hari kiamat adalah memberitahukan kita tentang adanya dua suku barbar. Menurut Alqur'an akan turun dua mahluk yaitu Ya'juj dan Ma'juj dari atas bukit.

Menurut Hadist saat ini mereka masih terhalang oleh gerbang ghaib yang dibuat oleh Zulkarnain, seorang raja yang adil dan kuat yang hidup pada saat yang sama dengan Nabi Ibrahim. Dia membawa misi yang berbeda dan menaklukan banyak negara. Setelah ia melakukan perjalanan ke utara, Ia tiba ditengah-tengah kedua gunung dan bertemu dengan suatu bangsa. Mereka mengeluh kepadanya tentang adanya suku barbar Ya'juj dan Ma'juj yang tinggal dibalik pegunungan. Suku-suku ini menyerang, merampok dan membunuh mereka. 

Kemudian mereka meminta kepada Zulkarnaen untuk melindungi mereka dan akan memberi Zulkarnaen imbalan. Namun Zulkarnaen menolak imbalan mereka. Selanjutnta Zulkarnaen membuat dinding besi. Ya'juj dan Ma'juj tidak dapat keluar dari dinding besi ini sampai tiba mendekati hari kiamat.

5. Akan Muncul Asap Tebal

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Hal ini tercantum dalam Alqur'an "Tunggu saat asap tebal muncul dari langit" dan dalam Hadist "Asap tebal akan turun dari langit menutupi bumi selama 40 hari" Ini akan memperngaruhi seluruh ummat Islam seperti dingin tetapi orang-orang kafir tidak akan merasakannya.

6. Dabbatul Ard - Akan Datang Binatang Melata Yang Besar

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Dabbatul Ard bertugas untuk membuat perbedaan antara orang-orang beriman dengan orang-orang kafir. Dia akan menyentuh orang-orang beriman dengan Tongkat Nabi Musa. Wajah orang beriman akan terang dan bercahaya. Kemuadian dia akan menyentuh orang-orang kafir dengan Cincin Sulaiman dan wajah mereka akan menghitam dan menghitam. Ada pendapat yang berbeda tentang sifat Binatang Melata ini. Beberapa ulama menganggapnya sebagai binatang yang sangat luar biasa sementara yang lainnya mengatakan seperti Unta.

7. Matahari Akan Terbit Dari Barat

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Menurut Hadist, Kiamat tidak akan terjadi sampai matahari terbit dari barat. Ini adalah tanda-tanda utama lain dari Kiamat seperti yang dinyatakan dalam Alqur'an dan Hadist. Sesuai dengan sumbernya, semua orang percaya kepada Allah SWT setelah bukti besar dan jelas ketika mereka akan melihat terbitnya matahari dari barat. Tetapi keimanan mereka tidak bermanfaat karena pintu pengakuan dan penyesalan akan ditutup. Hadist ini secara terbuka mengungkapkan batas waktu untuk bertobat.

8. Gempa Bumi dan Tanah Longsor

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Akan ada tiga gempa bumi atau tanah longsor di barat, timur dan di tanah arab. Bumi akan runtuh dan segala sesuatu yang ada diatasnya akan tenggelam. Semua orang akan mati karena bencana tersebut. Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa penduduk di bumi akan berkumpul dan menentukan orang-orang beriman dengan orang-orang kafir di padang yang sangat luas.   

9. Api Besar Akan Segera Di Mulai

Tanda  Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam


Hari terakhir akan Tanda-tanda utama datangnya kiamat menurut Hadist adalah ditiupnya Sangkala. Orang-orang yang telah mati akan kembali hidup. Dan akan ada api besar di Yaman. Api ini akan menyebabkan orang-orang untuk berkumpul di Padang Mashar Al Qi'yamah untuk penghakiman.

10. Runtuhnya Ka'bah 

Menurut ulama Islam, Nabi Muhammad SAW mengatakan," bahwa Suku Habasyah akan menghancurkan Ka'bah. Aku melihat Dia mengambil batu dari Ka'bah satu persatu. Allah akan mengambil Alqur'an dari bumi serta hati orang-orang setelah penghancuran Ka'bah. Allah tidak akan membiarkan Alqur'an tetap di dunia jika tidak ada lagi orang-orang yang beriman kepada_Nya.

Semoga artikel tentang 10 Tanda Utama Terjadinya Kiamat Menurut Islam dapat bermanfaat buat kita semua serta menambah keimanan kita kepada Allah SWT. 


sumber:wonderlist.com
 
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook