CINA AKAN BANGUN PESAWAT RUANG ANGKASA KOMERSIAL TERBESAR DI DUNIA

Cina Akan Bangun Pesawat Ruang Angkasa Komersial Terbesar Di Dunia 



Para pengembang mengklaim bahwa Cina Academy of Launch Vehicle Technology akan membuat Pesawat Komersial Ruang Angkasa Terbesar Di Dunia yang akan terbang selama 4 menit di atas Atsmofir engan biaya $ 200.000 - $ 250.000.



pesawat komersial ruang angkasa Cina

Mahessa83 | Cina sekarang ini terus memantapkan dirinya sebagai negara yang fokus mengembangkan misi ruang angkasa. Hal ini dibuktikannya dengan membangun Teleskop Terbesar Di Dunia, Meluncurkan Laboratorium Ruang Angkasa dalam persiapannya membangun stasiun ruang angkasa hingga mempersiapkan diri untuk mengirim misi ke Planet Mars serta saat ini tengah membangun Pesawat Komersil Ruang Angkasa Terbesar Di Dunia.

Sebuah desain pesawat komersial ruang angkasa terbaru yang bisa mengangkut 20 orang penumpang setiap hari ke ruang angkasa telah terungkap.

Cina Academy of Launch Vehicle Technology Beijing telah merancang pesawat komersial ruang angkasa yang diperlihatkannya dalam Kongres Internasional Astrounautical di Guadalajara, Meksiko bulan lalu seperti yang kami lansir dari laman New Scientist.

Majalah itu juga melaporkan bahwa Pesawat Komersial Ruang Angkasa Cina ini akan lepas landas dan landing  secara vertikal. 

"Kendaraan tersebut akan lepas landas seperti roket dan mendarat di landasan pacu secara otomatis tanpa dasar atau on-board intervensi," kata ketua tim Han Pengxin.

Para peneliti disajikan dua gagasan.

Desain pertama beratnya sekitar 10 ton dan memiliki lebar sayap 19,6 kaki (6 meter). Versi yang lebih kecil ini dapat mengangkut 5 orang penumpang pada ketinggian 62 mil (100 kilometer) dimana ruang tanpa oksigen dimulai dan penumpang akan mengalami ruang tanpa bobot selama sekitar 2 menit.

Sementara versi kedua beratnya mencapai 100 ton dengan sayap sepanjang 40 kaki (12 meter) dan dapat mengangkut 20 orang penumpang pada ketinggian 80 mil (130 kilometer) serta mengalami waktu 4 menit tanpa bobot.

pesawat komersial luar angkasa Cina

"Tes penerbangan Pesawat Komersil Ruang Angkasa Cina ini akan dilakukan dalam 2 tahun mendatang karena hampir semua tes yang dilakukan di bumi telah selesai di lakukan. Semua subsistem dari kendaraan ini telah di uji dan bekerja dengan sangat baik," kata Han Pengxin.  

Han memperkirakan biaya untuk menaiki Pesawat Komersial Ruang Angkasa Cina ini antara $ 200.000 - $ 250.000 ( £ 160.552 - £ 200.690 ).

Masih Meragukan

Roger Launius dari Smithsonian Institutions National Air and Space Museum di Washington DC, USA, mengatakan kepada New Scientist, "Pesawat ruang angkasa merupakan "inisiatif yang menarik" tetapi Dia mengatakan kertas empat halaman yang disajikan dalam IAC tidak cukup detail secara teknis".

"Lebih dan lebih umum orang tertarik pada pengalaman terbang di antariksa", tim menulis dalam kertas IAC 2016. Mereka juga menambahkan bahwa proyek ini sangat menarik.

Selain Cina,  banyak perusahaan di negara lainnya yang ingin membuat Pesawat Komersial Ruang Angkasa untuk memecahkan rekor sebagai Pesawat Komersial Ruang Angkasa pertama di dunia.

Seperti Virgin Galactic yang tahun ini kembali melakukan tes peluncuran Pesawat Komersial Ruang Angkasa Terbaru untuk membawa wisatawan ke ruang angkasa serta perusahaan Richard Branson yang datang satu langkah lebih cepat dengan Spaceship Two yang juga di sebut VSS yang telah melakukan tes pernerbangan pertama mereka pada bulan September lalu.

SpaceX

Elon Musk dengan Pesawat Komersial Ruang Angkasa SpaceX nya telah berhasil mendaratkan empat roketnya kembali dari ruang angkasa ke Bumi. Tiga mendarat di laut dan satu lainnya mendarat di darat. Sementara Blue Origin New Shepard berhasil menyelesaikan peluncuran ketiganya dan mendarat vertikal pada bulan April tahun ini.

Jeff Bezos, pemilik perusahaan Blue Origin mengharapkan akan melakukan tes penerbangan berawak pada pesawat New Shepard tahun depan dan mulai terbang dengan penumpang berbayar pada tahun 2018.

Pernyataan Bezos yang dibuat selama tur media yang pertama dari fasilitas Manufaktur Blue Origin menandai pertama kalinya miliader pemilik Amazon.com telah menempatkan perkembangan dan target pada penerbangan komersial ruang angkasa Blue Origin. 

Blue Origin

"Kami mungkin akan terbang dengan menggunakan Pilot pada tahun 2017, dan jika itu berhasil, maka saya membayangkan akan membayar astronot di tahun 2018," kata Bezos di pabriknya di Seattle.

Perusahaan berencana akan mebuat 6 Pesawat Komersial Ruang Angkasa New Shepard yang dirancang untuk dapat terbang mengangkut 6 orang penumpang pada ketinggian 62 mil (100 kilomer) di atas Bumi. Cukup tinggi untuk mengalami ruang tanpa beban dan melawan ruang kegelapan dalam waktu beberapa menit.

Roket yang digunakan akan kembali yang dapat memotong biaya dan limbah dalam industri ruang angkasa. yang saat ini kehilangan jutaan dollar setiap dilakukan peluncuran pesawat ruang angkasa.

Rusia, Jepang dan Badan Antariksa Eropajuga telah mengembangkan teknologi Pesawat Komersial Ruang Angkasa dan saat ini berada dalam tahap pengujian.


sumber:DailyMail

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook