10 PESAWAT TEMPUR TERCANGGIH DI DUNIA

10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia 


Dalam berperang, Pesawat Tempur memainkan peran penting untuk mendominasi udara.

10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia

Mahessa83 | Pesawat Tempur mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia militer. Tidak diragukan lagi senjata yang sangat strategis ini memiliki efektivitas dalam teknologi yang terus berkembang. Dalam peperangan, dominasi udara adalah keharusan. Serangan udara ke udara, udara ke daratan dan juga dari udara ke lautan sering dilakukan dengan aman dan efektif. 

Dalam berperang, Pesawat Tempur memainkan peran penting untuk mendominasi udara. Dengan beberapa kemajuan teknologi, beberapa negara maju berjuang untuk membuat Pesawat Tempur Canggih.

Berikut 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia yang beberapa diantaranya sudah beroperasi dalam penerbangan militer dan beberapa bagian lainnya akan menjadi Pesawat Tempur Tercanggih Masa Depan.

10. Saab JAS 39 Gripen - Swedia

Saab JAS 39 Gripen - Swedia

Saab JAS 39 Gripen adalah Pesawat Tempur Tercanggih generasi keempat. ringan, Pesawat multi peran bermesin tunggal ini  dikembangkan oleh Swedia Saab Gripen (Griffin). JAS 39 Gripen menggunakan teknologi terbaru yang dapat melakukan berbagai misi seperti pertahanan udara, intersepsi, serangan ke darat dan juga pengintaian. 

Beacause tata letak aerodinamis yang canggih, Pesawat tempur ini sangat lincah untuk pertempuran jarak dekat. Ia dapat landing dan lepas landas dilapangan udara yang pendek.

9. F-16 Fighting Falcon  - USA

F-16 Fighting Falcon  - USA

F-16 Fighting Falcon awalnya dikembangkan oleh General Dinamics untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat ini dirancang sebagai pesawat superioritas udara. Pesawat tempur bermesin tunggal ini berkembang menjadi sukses karena tahan terhadap semua cuaca. Pesawat yang mulai di produksi pada tahun 1976 ini telah menghasilkan lebih dari 4.500 pesawat yang tersebar di 25 angkatan udara dari berbagai negara.

8. Mikoyan MiG-31 - Rusia

Mikoyan MiG-31 - Rusia

Pada urutan 8 terdapat Pesawat Tempur Mikoyan MiG-31 yang merupakan evolusi terakhir dari MiG-25 "Foxbat". MiG-31 adalah pesawat pencegat supersonic. Pesawat ini juga merupakan salah satu Pesawat Tempur Tercepat Di Dunia saat ini. Versi terbaru dari Jet Tempur ini adalah MiG-31 BM yang memiliki multi peran. Mampu melakukan penerbangan jarak jauh, intersepsi, menembak tepat sasaran dan menghancurkan pertahanan lawan dengan sangat cepat.

7. F-15 Eagle - USA

F-15 Eagle - USA

Salah satu Pesawat Tempur Tercanggih dan tersukses di zaman modern ini adalah F-15 Eagle. Pesawat ini telah memenangkan lebih dari 100 pertempuran udara. Di rancang oleh McDonnell Dauglas, F-15 Eagle bermesin ganda dan tahan untuk semua jenis cuaca. Pesawat ini pertama kalinya terbang pada tahun 1972 dan sejak itu banyak di ekspor ke berbagai negara terutama ke Jepang, Israel dan Arab Saudi. Sampai saat ini Pesawat Tempur F-15 Eagle masih beroperasi yang setidaknya hingga tahun 2025.

6. Sukhoi Su-35 - Rusia

Sukhoi Su-35 - Rusia

Pada peringkat ke-6 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia adalah pasawat Rusia Sukhoi Su-35. Pesawat ini memiliki multi peran dengan satu tempat duduk yang dirancang oleh Sukhoi dari aslinya superioritas Pesawat Udara Su-27. Pada awalnya pesawat ini diberi nama Su-27M namun kemudian dirubah menjadi Su-35.

Pesawat ini dianggap sebagai sepupu dekat dari Sukhoi Su-30MKL (dimodernisasi oleh Su-30 varian untuk India) karena memiliki persamaan pada fitur dan komponennya.

5. Dassault Rafale - Perancis

Dassault Rafale - Perancis

Pada posisi kelima sebagai Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia datang dari Perancis dengan Dassault Rafale. Pesawat ini dirancang dan dibangun oleh Dassault Aviation. Rafale adalah bermesin ganda, sayap canard delta, memiliki multi peran. hampir seluruhnya dibangun di satu negara. 

Rafale sangat berbeda bila dibandingakn dengan pesawat tempur lainnya buatan Eropa. Ia memiliki tingkat ketangkasan yang tinggi, bermanuver di udara, pencegatan pesawat musuh, kegiatan intelijen serta pengangkal mobil nuklir.

Baca juga: 10 Helikopter Tempur Paling Canggih Di Dunia Saat Ini

4. Eurofighter Typhoon - Uni Eropa

Eurofighter Typhoon - Uni Eropa

Eurofighter Typoon berada di posisi keempat dari 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia. Pesawat ini dibangun oleh empat negara yaitu Inggris, Jerman, Spanyol dan Italia. Pesawat Eurofighter Typhoon adalah pesawat yang paling canggih di dunia. Pesawat ini memapu melakukan pertempuran udara ke udara dan udara ke permukaan.

3. Boeing F/A -18 E/F Super Hornet - USA

Boeing F/A -18 E/F Super Hornet - USA

Boeing F/A-18 Hornet F/A-18E Super Hornet terbukti sebagai pesawat strike fighter serba guna. Memiliki sistem yang terintegrasi ke jaringan untuk memberikan peningkatan interoperabilitas. Dukungan kekuatan untuk komandan dan pasukan di lapangan. Kedua F/A-18 E (single seat) dan F/A 18F (double seat) model mengkonversi cepat dari satu jenis misi ke misi yang lainnya. dengan flip dari switch untuk memberikan dominasi udara yang konsisten.

2. F-22 Raptor - USA

F-22 Raptor - USA

F-22 Raptor memiliki multi peran superioritas udara pesawat tempur dengan peningkatan kemampuan tingkat tinggi. Selain memiliki kemampuan dalam serangan udara, pesawat ini juga memiliki kemampuan tambahan seperti intelijen udara ke permukaan, peperangan elektronik. Sinyal F-22 Raptor berteknologi siluman, kursi tunggal, bermesin ganda dari generasi kelima pesawat supersonic. 

1. F-35 Lightning II - USA

F-35 Lightning II - USA

F-35 Lightning II adalah Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia saat ini. Pesawat ini dirancang untuk pertempuran modern. Pesawat ini paling fleksibel, berteknologi canggih, generasi kelima dari multirole fighter yang pernah di bangun. Dengan kemampuan siluman, F-35 dapat memberi kemampuan inovatif untuk memenuhi kebutuhan keamanan bagi negara-negara di seluruh dunia.

Nah itulah 10 Pesawat Tempur Tercanggih Di Dunia yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. 


sumber:wonderlist.com  

         
 

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook