10 TAMAN PATUNG PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA

10 Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia  


Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Mahessa83 | Taman merupakan sebuah areal  yang berisikan material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja dibuat dan direncanakan oleh manusia dalam penggunaannya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Di dunia ini banyak sekali jenis taman dan kegunaannya. salah satunya adalah Taman Patung yang dibuat oleh manusia dengan bentuk yang unik, aneh tapi sangat menakjubkan untuk di nikmati. Salah satu Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia adalah Taman Patung Vigeland di Kanada atau Taman Budaya Garuda Wisnu di Pulau Bali Indonesia.

Berikut 10 Taman Patung Paling Menakjubkan di Dunia lainnya yang dapat Anda nikmati keunikan dan keindahannya.

1. Taman Patung Gilgal

Taman Patung Gilgal

Taman Patung Gilgal adalah sebuah taman patung kecil yang dibuat oleh Thomas Battersby Junior saat waktu luang. Dia adalah seorang pematung amatir dan juga pengikut Mormon yang taat. Dengan modalnya sendiri Taman Patung Gilgal yang terletak di Salt Lake City, Utah. Salah satu patung terkenal di taman ini adalah Patung Sphinx yang digambarkan berkepala Joseph Smith pendiri Mormonisme.

2. Taman Patung Laumeier

Taman Patung Laumeier

Taman Patung Laumeier adalah taman patung pertama yang dibangun di Amerika Serikat. Taman seluas 105 hektar ini terletak di Sunset, Hills, Missoury dibuka pada tahun 1975 sebagai hadiah untuk kota St. Louis dari Perkebunan Laumeier. Saat ini Taman Patung Laumeier telah mengoleksi 60 buah patung dari pemahat profesional. Salah satu patung yang terkenal di taman ini adalah "The Way" yang dibuat oleh pemahat Alexander Liberman yang terbuat dari 18 buah tangki minyak berwarna merah.

3. Taman Patung Animaland

Taman Patung Animaland

Taman Patung Animaland adalah sebuah taman patung yang terletak New Brunswick, Kanada yang dibuat oleh Winston Bronnum. Taman ini dibuat sebagai tempat wisata dengan berbagai jenis patung yang cukup menyeramkan seperti Kuda Raksasa, Beruang Grizzly, Lobster Raksasa serta Ikan Paus. 

Animaland terbuka untuk umum sejak tahun 1960. Namun setelah Bronnum meninggal pada tahun 1990, Taman Patung Animaland ditinggalkan. Patung-patung yang ada ditaman ini dibiarkan terbengkalai dan berlumut. Walaupun demikian secara keseluruhan Taman Patung yang sangat menakjubkan ini masih tetap dikunjungi oleh para wisatawan setiap minggunya.

4. Taman Patung Vigeland

Taman Patung Vigeland

Taman Patung Vigeland adalah salah satu Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia. Taman yang terletak di kota Oslo, Norwegia ini di buat oleh Gustav Vigeland. 

Taman Patung Terbesar di dunia ini diciptakan oleh seniman patung asal Norwegia  bernama Gustav Vigeland. Dia menyumbangkan semua ide, gambar dan model patung untuk kota Oslo. Selama 20 tahun dalam kariernya Ia telah menyumbangkan 212 patung termasuk anak raksasa yang sedang menangis  bernama Angry Boys. Salah satu patung paling terkenal di taman ini adalah Monolith berisi 121 figur manusia yang dibuatnya selama sekitar 14 tahun.

5.  Taman Patung Dr. Evermore's

Taman Patung Dr. Evermore's

Taman Patung Dr. Evermore's adalah salah satu Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia yang terletak di Wisconsin, AS. Taman Patung yang fantastis ini terbuat dari besi-besi tua yang dirangkai menjadi sebuah patung yang sangat indah. Seperti patung Apollo 11, laboratorium Thomas Edison, Penagkal Petir dan The Foreverton setinggi 50 ft, dengan panjang 120 ft dan berat mencapai 300 ton. Patung ini merupakan Patung Besi Tua Terbesar Di Dunia saat ini.

6. Victor Way Park

Victor Way Park

Victor Way Park merupakan sebuah Taman Patung Pribadi yang terletak di Roundwood, Irlandia. Taman ini dibangun oleh Mr. Langheld yang pernah belajar agama di Thailand, Jepang dan juga Sri Langka. Ia kemudian menetap di Irlandia dengan menciptakan 27 patung dari perunggu dan granit. Salah satu patung paling menakjubkan adalah terletak di depan pintu masuk taman dimana terdapat patung raksasa wanita telanjang, patung Buddha serta Patung Ganesha.

Menurut Mr. Langheld, Taman ini dibangun untuk orang dewasa berusia 28 tahun keatas sebagai tempat merenung atau menjernihkan pikiran dari rutinitas kehidupan sehari-hari.  

7. Taman Patung Chandigart

Taman Patung Chandigart

Taman Patung Chandingart merupakan Taman Patung Menakjubkan Di Dunia lainnya yang terletak di Chandingart, India.  Taman yang dibangun oleh Nek Chand Sani. Dia mengumpulkan barang-barang bekas dari kain, keramik, ubin atau bahkan rambut manusia dan merubahnya menjadi sebuah patung manusia atau hewan aneh yang sangat indah dan menakjubkan.  

Kemudian patung-patung ini ditempatkan ditempat tersebunyi agar tidak diketahui pembuatnya selama lebih 18 tahun. Hal ini dilakukan karena secara teknis ilegal untuk membangun apapun di tanah ini. 

Namun ketika patung-patung ini ditemukan oleh pihak berwenang pada tahun 1986, patung-patung tersebut hampir saja dihancurkan jika Nek Chand Sani tidak melakukan opini kepada publik bahwa patung-patung ini sangat menguntungkan.

Pada akhirnya pemerintah menjaga patung-patung tersebut dan memberikan Chand Sani lebih banyak lagi pekerjaan untuk mebuat patung-patung. The Rock Garden of Chandigart atau Taman Patung Chandigart saat ini merupakan situs paling banyak kedua dikunjungi oleh wisatawan setelah Taj Mahal.

8. Taman Patung Parikkala

Taman Patung Parikkala

Taman Patung Parikkala merupakan Taman Patung Paling Unik dan Aneh yang terletak di Parikkala, Finlandia. Taman yang dibangun oleh Veijo Ronkkonen yang seorang pekerja di sebuah pabrik kertas ini mengisi waktu luangnya dengan menciptakan patung-patung aneh dan unik tentang dirinya dari berbagai posisi dan menempatkan mereka disekitar rumahnya. 

Selama hidupnya, Ia telah menciptakan 500 lebih patung yang tertanam disekitar rumahnya dengan menggunakan pengeras suara mengeluarkan suara-suara aneh dan menyeramkan. Ronkkonen adalah seorang petapa dan tidak pernah mengijinkan karyanya untuk dibawa keluar jauh dari rumahnya namun banyak wisatawan dari jauh berdatangan untuk melihat hasil karyanya.

9. Taman Patung Griffis

Taman Patung Griffis

Taman Patung Griffis merupakan Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia lainnya yang terletak di Ashford Hollow, New York. Adalah Larry W. Griffis saat melakukan tur ke Italia dengan keluarganya dan melihat bagaimana anak-anaknya menikmati bermain diantara reruntuhan. Saat itulah ia berniat membangun sebuah Taman Patung yang interaktif.

Pada tahun 1966, Ibu Larry, Luth memberinya 125 hektar lahan pertanian dibagian utara New York dan ia mulai mengisi dengan karya seni logamnya. Selama bertahun-tahun taman ini tumbuh dan berkembang hingga akhirnya 100 seniman patung lainnya bergabung bersamanya menciptakan ptung-patung yang unik seperti Patung Serangga Raksasa, Struktur yang menjulang dan orang-orang aneh bertelanjang dada.

10. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu adalah sebuah taman wisata berupa Patung Garuda Wisnu Kencana yang terlatak di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Di taman ini terdapat Patung Raksasa Garuda Wisnu Kencana setinggi 120 meter dimana Dewa Wisnu sedang menaiki tunggangannya Burung Garuda. 

Di kawasan ini terdapat juga Patung Garuda setinggi 18 meter yang saat ini menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4.000 meter persegi dalam ruang terbuka yang duinamakan Lotus Pond.

Pilar-pilar batu kapur raksasa an monumental Patung Lotus Pond Garuda ini sangat eksotis dan menakjubkan. 
Nah itulah 10 Taman Patung Paling Menakjubkan Di Dunia yang dibangun oleh para seniman patung dari berbagai negara. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi buat Anda untuk menciptakan karya-karya seni sesuai dengan kemampuan dan bakat Anda semua.

sumber:oddee   

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook