DUA KOIN VIKING LANGKA DITEMUKAN DI IRLANDIA UTARA

Dua Koin Viking Langka Ditemukan Di Irlandia Utara


Mahessa83 | Para pemburu benda-benda kuno sering menghabiskan waktunya selama berjam-jam tau bahkan berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk dapat menemukan apa yang dicarinya. Tetapi ketika apa yang mereka cari dapat membuahkan hasil, Semua orang akan terkesima dengan apa yang mereka telah temukan. 

Dua Koin Viking Langka Ditemukan Di Irlandia Utara

Itukah yang terjadi pada Brian Morton, seorang pemburu benda-benda kuno yang telah sepuluh tahun memburu logam yang secara tidak sengaja menemukan Dua Koin Viking Langka dilahan pertanian di County Down, Irlandia Utara.

Para ahli percaya Dua Koin Viking Langka ini merupakan yang pertama dari jenis mereka yang dapat ditemukan di Irlandia Utara yang mungkin ditinggalkan oleh Tentara Viking saat terjadinya serangan ke Biara Maghera. Kedua koin tersebut kini telah dikirim ke British Museum untuk penelitian lebih lanjut sebelum dikirim kembali ke Museum Ulster, Irlandia Utara.

Menurut sebuah pemeriksaan harta di Belfast, Penemuan koin perak Hilberno-Manx adalah yang pertama di Irlandia Utara. Dengan kurang dari segelintir ditemukan dimanapun di Irlandia Utara selama empat dekade terakhir.

Koin-koin tersebut trutama beredar di Isle of Man pada abad ke-11dengan 93 perak per persen. Mereka ditemukan disebuah lahan pertanian dibawah permukaan tanah sedalam 10 centimeter dari sebuah lumpur yang terpisah sedalam 1,5 meter. Beberapa orang mengatakan mungkin mereka terjatuh saat terjadinya sebuah serangan di sebuah biara di dekatnya.

Perlu diketahui bahwa Viking sering menyerang biara-biara dan gereja-gereja untuk merampok hartanya. Mereka akan membunuh para biksu untuk kemudian diambil hartanya.

Viking mulai melakukan serangan ke Irlandia Utara sekitar tahun 800 AD dimana mereka tetap tinggal hingga tahun 1169, ketika invasi Norman terjadi.

Penemuan Koin Viking mungkin mencerminkan perdagangan yang lebih damai atau jalur yang strategis antara Isle of Man dengan selatan - timur Ulster.

Robert Heslip, mantan Kurator Koin di Museum Ulster mengatakan,"Mereka mungkin dijatuhkan oleh seseorang yang lewat ditempat tersebut, bukannya untuk disembunyikan,"

Sementara Dr. Greey Ramsey dari Museum Nasional Irlandia Utara mengatakan," Sebelum periode Viking di Irlandia, tidak ada mata uang dan perak adalah bentuk utama dari mata uang,"

Daerah berbeda memiliki gaya mereka sendiri pada koin sehingga menemukan koin yang berbeda dari daerah yang berbeda memberikan ukuran kontak.

Koin Hibernia-Manx tampaknya telah beredar terutama di Isle of Man dan mungkin juga di Skotlandia, Tetapi tidak ada konfirmasi bahwa Koin Viking Langka  telah ditemukan di Irlandia.

Dua Koin Viking Langka Ditemukan Di Irlandia Utara

Pada intinya adalah bahwa Dua Koin Viking Langka yang ditemukan merupakan benar-benar yang pertama yang ditemukan di Irlandia. Dan hal ini membuktikan bahwa orang-orang Isle of Man berpergian hingga ke Irlandia. 

Sejarah Perjalanan Bangsa Viking  
  • Pada tahun 789 AD, Viking mulai melakukan serangan ke Inggris dan pindah ke Irlandia pada tahun 800 AD.
  • Pada tahun 840 AD, Viking menemukan pemukiman kota Dublin di Irlandia.
  • Pada tahun 844 AD, Viking melakukan serangan ke Kota Seville, Spanyol
  • Pada tahun 860 AD Ras Viking melakukan serangan terhadap Konstantinopel
  • Pada tahun 866 AD, York ditangkap oleh Tentara Viking
  • Pada tahun 870 AD, Bangsa Viking menjajah Islandia.
  • Pada tahun 981 AD, Erik The Red menemukan Greenland.
  • Pada tahun 986 AD, Bjarni Herjolfsson, tiba di Amerika Utara setelah tertiup angin
  • Pada tahun 1002 AD, Leif Ericsson, Putra Erik The Red, Mengeplorasi Pantai Amerika Utara dengan nama Karland, Helluland dan Vinland.
  • Pada tahun 1492 AD, Penjelajah Italia, Christopher Columbus menemukan dunia baru ketika dia menemukan pulau-pulau yang sekarang dikenal dengan nama Kepulauan Bahama.   


Sumber:DailyMail

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook