10 AGEN RAHASIA PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

 
Mahessa83 | Agen Rahasia atau Mata-Mata sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum melalui literatur atau film. Agen rahasia dalam dunia fiksi nampaknya selalu lebih unggul dari karakter hidup di dunia nyata. Namun bagaimana kehidupan Agen Rahasia atau Mata-Mata dalam dunia nyata? Jika ada, hidup mereka mungkin lebih rumit, menarik dan berbahaya daripada rekan-rekan fiksi mereka. 

Agen Rahasia sangatlah penting bagi negara-negara untuk memerangi satu dengan yang lainnya. Banyak dari mereka melakukan pekerjaan ini untuk uang dan sebagian lainnya demi negara. Apapun itu keduanya bisa menjadi pahlawan dan penjahat dalam waktu yang sama.

Berikut 10 Agen Rahasia Paling Terkenal Dalam Sejarah yang kami lansir dari laman wonderlist.com.

10. Isabella Boyd

Isabella Boyd

Dikenal dengan nama Belle Boyd, Isabella Boyd adalah salah satu Agen Rahasia Paling Terkenal Dalam Sejarah untuk pasukan konfederasi selama perang sipil Amerika. Dia menjadikan hotel ayahnya sebagai markas operasi dan terus melayani konfederasi sampai kekasihnya memberinya kedudukan. Dia dihormati sebagai Southern Cross of Honor untuk kontribusinya. Ia ditangkap pada tahun 1862 dan menghabiskan waktunya selama satu bulan di penjara. Setelah dibebaskan ia berangkat ke Inggris beberapa saat lamanya sebelum kembali lagi ke Amerika hingga ia meninggal pada tahun 1900.

9. Nathan Hale


Nathan Hale

"Saya hanya menyesal bahwa saya hanya memiliki satu kehidupan untuk negara saya," kata-kata terkenal ini di ucapkan oleh Nathan Hale, yang dikenal sebagai Agen Rahasia Pertama Amerika, sebelum di eksekusi. 

Hale adalah seorang Kapten Angkatan Darat Amerika Kontinental selama Perang Revolusi Amerika. Dia pergi untuk misi Intelijen yang menyamar sebagai seorang guru. Namun penyamarannya diketahui pasukan Inggris. Dia dinyatakan bersalah dan diberi hukuman gantung.

8. Dusan Popov

Dusan Popov

Hingga hari ini banyak yang percaya bahwa Dusan Popov adalah inspirasi nyata dari Ian Flemming untuk menciptakan karakter James Bond. Ada sejumlah persamaan oleh keduanya.

Lahir di Serbia, Popov bekerja untuk Ml16 selama Perang Dunia II. Cerita mengatakan bahwa ia telah memperingatkan FBI dari serangan Jepang di Pearl Harbor tetapi itu diabaikan oleh Amerika. Popov meninggal pada tahun 1968.

Baca Juga : 10 Pasukan Khusus Terbaik Di Dunia

7. Klaus Fuchs

Klaus Fuchs

Lahir di Jerman, Klaus Fuchs selalu memberikan informasi tentang Manhattan Project untuk Uni Soviet. Dia awalnya bekerja untuk project Inggris untuk mengembangkan bom atom. Kemudian ia bergabung dengan Manhattan Project sebagai mata-mata. Pada tahun 1950 ia ditangkap dan dihukum. Namun sebelum dihukum, ia memberikan informasi berharga kepada Intelijen Inggris.

6. Mata Hari

Mata Hari

Salah satu Agen Rahasia Paling Terkenal Dalam Sejarah adalah Mata Hari. Dia adalah seorang penari eksotis dan pelacur kelas tinggi di Perancis. Mata Hari dianggap sebagai Ratu Agen Rahasia. Dia lahir di Belanda dengan nama Margaretha Geertruida Zelle MacLeod. Dia adalah seorang penari dan pelacur. Dia selalu hadir pada kehidupan kelas atas yang memungkinkannya memperoleh informasi yang berharga. 

Pada tahun 1917, Intelijen Perancis menemukan ia sebagai Agen Rahasia Jerman selama Perang Dunia I. Dia kemudian ditangkap dan di eksekusi.

5.  Julius dan Ethel Rosenbergs


Julius dan Ethel Rosenberg

Julis dan Ethel Rosenbergs adalah salah satu Agen Rahasia Paling Terkenal Dalam Sejarah. Mereka komunis Amerika yang bekerja untuk Agen Rahasia KGB, Uni Soviet  Mereka menjadi terkenal karena memata-matai rahasia nuklir Amerika ke Uni Soviet. Julius bergabung dengan KGB pada tahun 1942 dan merupakan salah satu Agen Rahasia kelas atas Uni Soviet. Dia juga banyak merekrut orang lain untuk menjadi mata-mata. 

Dia memberikan informasi mengenai Penelitian Aeronautika dan Nuklir untuk KGB bersama istri dan adik iparnya Sersan David Greenglass. Namun akhirnya Greenglass mengakui sebagai mata-mata yang kemudian menyebabkan tertangkapnya Rosenbergs.  Mereka di eksekusi pada tahun 1953.

4. Aldrich Almes

Aldrich Almes

Aldrich Almes adalah seorang Agen CIA yang bekerja untuk Uni Soviet selama perang dingin. Dia mendekati KGB dengan informasi dalam pertukaran uang. Ia mengaku kekurangan uang demi gaya hidup mewahnya. Ames masuk KGB sebagai mata-mata CIA yang bekerja di Uni Soviet. CIA melihat hilangnya Ames dan ditemukan bertanggung jawab dalam penyelidikan lebih lanjut. Dia kemudian ditangkap dan dijatuhi hukuman seumur hidup.

3. Cambridge Five

Cambridge Five

Cambridge Five adalah sekelompok mata-mata Soviet yang bekerja di Dinas Rahasia Inggris selama Perang Dunia II. Nama group ini berasal dari mereka yang menjadi Marxis ketika mereka belajar di Cambridge. Yang populer dantara mereka adalah Kim Philby yang disediakan Soviet untuk menjadi mata-mata di Inggris dan Amerika. Anggota lain dari kelompok ini adalah Donald Duart Maclean, Guy Burgess, dan Anthony Blunt. Sementara yang terakhir tidak pernah dipublikasi.

Baca Juga : 10 Kekuatan Militer Paling Berpengaruh Di Dunia

2. Sidney Reilly

Sidney Reilly

Sidney Reilly dikenal juga sebagai "Ace of Spies". Dia terlahir dengan nama Sigmund Georgievich Rosenblum di Rusia. Dia bertindak sebagai mata-mata untuk beberapa negara dan menjadikannya orang terkaya dengan kemewahannya. Ia menjadi terkenal karena rencananya untuk membunuh pemimpin Uni soviet, Lenin. Meskipun rencananya gagal, ia beruntung dapat melarikan diri. Tetapi rencana kedua untuk menggulingkan Uni Soviet pada tahun 1925, Ia tertangkap oleh Soviet dan di eksekusi. 

Seperti juga Popov, Reilly juga dikatakan menjadi inspirasi dibalik Agen Rahasia Paling Terkenal pada film James Bond.

1. Ricard Sorge

Ricard Sorge

Ricard Sorge mungkin Mata-Mata Paling Terkenal Dalam Sejarah. Dia adalah salah satu mata-mata ikonik yang pernah ada. Ia bertindak sebagai Mata-Mata Uni Soviet selama Perang Dunia II. Dia memulai sebagai Agen Intelijen pada tahun 1920 dan membuat Jepang bermain dengannya. Dia banyak belajar dari rencana Jerman dan Jepang mengenai Uni Soviet dan memberitahu mereka. Dia kemudian ditangkap oleh Jepang pada tahun 1941 untuk kemudian di eksekusi. Pada tahun 1964, Negara komunis Uni Soviet memberinya Pahlawan Anumerta Uni Soviet.      

  1. Ricard Sorge
  2. Sidney Reilly
  3. Aldrich Almes
  4. Julius dan Ethel Rosenberg
  5. Mata Hari       
  6. Klaus Fuchs
  7. Dusan Popov
  8. Nathan Hale
  9. Isabella Boyd 
 
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook