ROTE, PULAU SURGA PARA PESELANCAR DAN PENYELAM DUNIA

Mahessa Update | Rote adalah sebuah kepulauan di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang terkenal dengan kekhasan budidaya lontar, wisata alam pantai, musik Sasando dan juga topi adat Ti'i Langga. Pulau Rote bersama dengan pulau-pulau kecil disekitarnya merupakan surga bagi para peselancar dan penyelam kelas dunia.

PANTAI NEMBERALA
Pantai Nemberala


Di Pulau Rote, Anda dapat melakukan aktivitas berselancar di Pantai Nemberala dan Pantai Ba'a. Keistimewaan panorama pantai Nemberala adalah memiliki gelombang laut yang sangat besar yang terkenal dengan "gelombang g"_nya sangat cocok untuk kegiatan surfing, diving dan sailing. Terletak sekitar 30 menit dari ibukota Ba'a, Pantai Nemberala merupakan tujuan utama para peselancar kelas dunia saat berkunjung ke Pulau Rote yang indah bagaikan surga.

PANTAI BO'A
Pantai Ba'a

Pantai selanjutnya yang menjadi tujuan utama wisatawan mengunjungi Pulau Rote ada di Pantai Bo'a yang berjarak tidak terlalu jaun dari Pantai Nemberala. Pantai yang terletak di Desa Bo'a, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao ini merupakan tempat dilaksanakannya Lomba Selancar Internasional. Anda dapat menuju pantai dari kota Ba'a dengan kendaraan bermotor dalam waktu 1 jam perjalanan.

Mengisi waktu luang sambil menunggu senja hari dimana ombak akan naik lagi, beberapa tempat wisata Pulau Rote lainnya yang tak kalah indahnya juga dapat Anda kunjungi seperti Pantai Manduna dengan karakter pasir pantai seperti butiran merica atau Pantai Vimok yang memiliki karang-karang tajam yang diselimuti oleh hutan bakau yang memesona patut juga Anda kunjungi. 


ISTANA RAJA ROTE
Istana Raja Rote

Selain dapat mengunjungi Pantai Nemberala dan Pantai Bo'a untuk melakukan aktivitas berselancar, diving atau sailing, Anda juga bisa menelusuri kota Ba'a dengan mengunjungi Istana Raja Rote yang berada di Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalian yang merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial Belanda yang penuh arsitektur gaya Eropa.

BATU TERMANU
Batu Termanu

Atau mampirlah ke objek wisata Batu Termanu yang berlokasi di Kecamatan Rote Tengah yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari ibukota Ba'a. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan keindahan Batu Hun dan Batu Suelai. Selain memiliki panorama alam yang indah mempesona, tempat ini merupakan tempat menyelam dan memancing sangat menakjubkan. Di tempat ini banyak terdapat terumbu karang yang asri dan masih alami, mutiara dan keberadaan ikan kerapu yang sangat melimpah.


Sementara Batu Termanu Suelai adalah batu rezeki bagi penduduk Rote Ndao. Menurut cerita rakyat setempat, batu ini dulunya sering berpindah-pindah tempat mengelilingi Pulau Rote sehingga akhirnya berhenti di Rote Tengah sering dilakukannya ritual atau upacara adat saat batu ini berada di Rote Tengah.

ALAT MUSIK SASANDO
Alat Musik Sasando

Selain dianugerahi dengan alamnya yang indah mempesona, Pulau Rote juga terkenal dengan alat musik Sasando yang terbuat dari daun pohon lontar dengan gagang tengah sebagai pengikat senar terbuat dari bambu. Alat musik Sasando dimainkan debgan cara dipetik. Selain Sasando, Orang Pulau Rote juga menggunakan gong sebagai sebagai alat musik. 

KAIN TENUN PULAU ROTE
Kain Tradisional  Pulau Rote

Bukan itu saja, Pulau Rote juga terkenal dengan kerajinan seni tenun ikat di ukir dan kain tenun sebagai bahan pakaian yang indah dan bermutu tinggi. Kain tradisional Pulau Rote merupakan simbol kemartabatan dan harga diri dari orang Rote. Tenunan Rote Ndao bergambar garis-garis lurus dan bersiku dengan kombinasi warna yang sangat bervariasi sangat cocok sebagai cinderamata untuk Anda bawa pulang.


TOPI ADAT TI'I
Topi Adat Ti'i Langga

Ciri khas Budaya Rote lainnya yang dapat Anda temukan selain alat musik Sasando dan kain tenun, Anda juga dapat menemukan Topi Adat Ti'i Langga atau Soulangga serta Rumah Adat Raja Rote. Berkunjung ke Pulau Rote merupakan surga yang tak akan pernah Anda lupakan seumur hidup Anda. 

Jadi segeralah atur jadwal perjalanan Anda untuk berlibur ke Pulau Rote yang bukan saja sebagai surga bagi para peselancar kelas dunia tetapi juga surga bagi para penyelam maupun para petualang.   


Akses Menuju Pulau Rote

Berkunjung ke Pulau Rote di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia dapat dilalui dengan jalan udara dan laut. Akses transportasi dan akomodasi di Pulau Rote sudah sangat lengkap. Bandar Udara Lekunik merupakan akses transportasi udara menuju daerah ini. Selain itu Pelabuhan Ba'a tempat bersandarnya kapal feri dari dan ke Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur.   


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook