10 PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO PALING MENARIK SEPANJANG SEJARAH

Mahessa Update | Permainan papan catur dan dadu kuno telah menjadi kegiatan paling menarik dihampir semua lapisan masyarakat selama ribuan tahun sampai-sampai permainan kuno ini tidak diketahui asal usulnya permainan mana yang tertua di dunia.

Orang-orang Yunani Kuno memainkan permainan papa dan dadu ini seperti yang terlihat pada ilustrasi amphora Yunani dari abad ke-6 SM yang sekarang dipamerkan di Museum Vatikan di Roma. Pada ilustrasi ini menunjukkan saat pahlawan Yunani Achilles dan Ajax memainkan permainan dadu diantara pertempuran saat pengepungan Troy.


Berikut adalah Permainan Papan dan Dadu Kuno yang paling menarik yang dimulai dari beberapa abad hingga ribuan tahun yang lalu.

1. Catur Viking

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Pada bulan Agustus 2018 lalu, para arkeolog dengan Book of Deer Project di Skotlandia menemukan sebuah papan permainan di sebuah biara dari abad pertengahan. Para peneliti mencari tanda-tanda bahwa bangunan yang dikuburkan dihuni oleh para biarawan yang menulis Kitab Rusa, sebuah naskah yang diterangi abad ke-10 dari Injil Kristen dalam bahasa latin yang juga berisi contoh tertua tulisan Gaelik Skotlandia yang masih bertahan.

Papan Permainan kuno ini tergores pada sebuah batu bundar yang ditemukan di atas lapisan-lapisan yang terkubur di dalam gedung yang berasal dari abad ke-7 dan ke-8 masehi.

Para sejarawan berpikir bahwa permainan papan ini digunakan untuk bermain hnefatafl, Permainan strategi Norse yang kadang-kadang juga disebut Catur Viking. Meskipun tidak terkait dengan catur, permainan ini mengadu seorang raja dan 12 pemain bertahan di tengan melawan 24 penyerang yang diatur disekitar tepi papan.

2. Permainan Mill Abda Pertengahan

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Pada bulan Juli 2018, para arkeolog berhasil menemukan sebuah ruang rahasia dibawah tangga spiral di Vyborg Castle, dekat perbatasan Rusia dengan Finlandia yang berasal dari abad ke-13.

Di antara benda-benda yang ditemukan di ruang rahasia ini adalah papan permainan yang ditorehkan di muka batu bata tanah liat, yang menurut para peneliti digunakan untuk memainkan versi papan permainan abad pertengahan yang dikenal sebagai "sembilan orang morris" atau "penggilingan".

Permaianan ini di mulai setidaknya pada zaman kekaisaran Romawi dan populer selama periode abad pertengahan di Eropa. Untuk bermain, kedua pemain mengatur potongan-potongan permainan di persimpanagan garis di papan dan secara bergiliran bergerak. Jika seorang pemain membangun 'penggilingan" sebanyak tiga buah secara berturut-turut, mereka akan diberikan salah satu bagian lawan mereka.

3. Lewis Chessmen

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Permainan catur ini sendiri telah dimainkan di Eropa selama berabad-abad yang lalu dan set catur yang paling terkenal adalah Lewis Chessman yang ditemukan terkubur disebuah pantai di Pulau Lewis pada tahun 1831.

Tidak diketahui bagaiman permainan ini sampai disana, tetapi para arkeolog berpikir bahwa potongan-potongan permainan dibuat pada abad ke-12 atau abad ke-13, ketika Lewis masih menjadi bagian dari Kerajaan Norwegia. 


Sebanyak 93 buah karya, di duga berasal dari empat set catur lengkap, dipahatdari gading walrus dan gigi ikan paus. Potongan-potongan terbesar menggambarkan raja-raja abad pertengahan, ratu, orang-orang gereja (uskup) kstaria, dan sipir (benteng). Sementara pion-pion tersebut diwakili oleh batu-batu yang diukir.

4. Norwegian Knight

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Permainan catur dianggap telah diperkenalkan ke Eropa dari Timur Tengah sekitar abad ke-10. Beberapa penemuan arkeologi membuktikan popularitas permainan di Eropa Abad Pertengahan, termasuk catur berusia 800 tahun dari Norwegia yang ditemukan pada tahun 2017 saat penggalian rumah abad ke-13 di kota Tonsberg.

Karya ini dianggap mewakili seorang ksatria dari permainan catur yang dikenal pada saat itu dengan nama Persia shatranj. Para arkeolog mengatakan bahwa papan permainan ini diukir dari tanduk dalam gaya Arab, meskipun mereka berpikir itu mungkin dibuat di suatu tempat di Eropa.

5. Game of Go

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Permainan Papan Catur dan Dadu Kono paling menarik di Cina adalah Go yang sekarang telah dimainkan diseluruh dunia.Permainan ini diperkirakan telah dikembangkan di Cina antara 2.500 hingga 4.000 tahun yang lalu dan mungkin juga Game of Go adalah salah satu gane tertua yang masih dimainkan dalam bentuk aslinya.

Satu cerita mengatakan bahwa permainan ini diciptakan oleh Kaisar Yao yang legendaris yang dikatakan memerintah dari tahun 2356 hingga 2255 SM untuk mengajarkan disiplin kepada putranya. teori lain menunjukkan bahwa permainan ini dikembangkan dari jenis ramalan magis dengan potongan hitam dan putih mewakili konsep spiritual Yin dan Yang.

Go diperkenalkan ke Jepang pada abad kedelapan dan menjadi permainan favorit bangsawan yang mensponsori pemain top melawan klan bangsawan lainnya.Pemain Go Profesional di Jepang hingga hari ini terus bersaing pada beberapa turnamen dengan hadiah hingga ratusan ribu dolar.


6. Dadu Yunani dan Romawi

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Bangsa Yunani mengadopsi permainan dadu dari Yunani. Koleksi seperti itu banyak terdapat di British Museum yang berisi banyak dadu kuno dari kedua wilayah dan di seluruh Kekaisaran Romawi. "Menara Dadu" Era Romawi untuk melempar dadu juga ditemukan di Jerman pada tahun 1985 lalu.

Dadu kuno dapat dipahat pada batu, kristal, tulang, tanduk atau gading, dan sementara dadu kubus yag dikenal saat ini adalah umum. mereka bukan satu-satunya bentuk yang digunakan. Beberapa dadu polyhedral telah ditemukan oleh para arkeolog termasuk 20 sisi dengan dadu yang diukir dengan karakter Yunani dari Ptolemaic Egypt.

Para arkeolog tidak sependapat bahwa dadu seperti itu selalu digunakan untuk permainan, sebaliknya mereka mungkin telah digunakan untuk ramalan dengan karakter atau kata-kata di setiap wajah dadu yang mewakili dewa kuno yang mungkin membantu untuk pelempar dadu.

7. Game Dadu Cina

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Dadu juga digunakan di Cina Kuno. Sebuah permainan misterius yang menampilkan kematian 14-sisi yang tidak biasa ditemukan di makam berusia 2.300 tahun dekat kora Qingzhou pada tahun 2015 lalu.

Dadu yang terbuat dari gigi hewan ditemukan dengan 21 potongan permainan persegi panjang dengan angka yang dilukis pada mereka dan di ubin rusak yang dulunya merupakan bagian dari papan permainan yang dihiasi dengan dua mata yang dikelilingi oleh pola awan dan guntur.

Para arkeolog berpikir bahwa dadu, potongan dan papan digunakan untuk memainkan permainan papan kuno bernama bernama "Bo" atau "Liubo". Game ini terakhir populer di Cina sekitar 1.500 tahun yang lalu.

8. Israel Mancala Boards

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Pada Juli 2018,  para arkeolog mengumumkan bahwa mereka telah menemukan "ruang permainan" dalam penggalian mereka dari sebuah bengkel tembikar era Romawi dari abad ke-2 maseshi dekat kota Gedera di Israel Tengah.

Di antara temuan itu ada beberapa papan untuk permainan kuno mancala, yang terdiri dari deretan lubang yang diukir dibangku-bangku batu dan papan permainan mancala yang lebih besar yang diukir menjadi batu terpisah.


Ruangan itu tampaknya berfungsi sebagai pusat rlaksasi bagi para pekerja gerabah, sebuah spa berisi 20 pemandian dan satu set gelas dan mangkuk untuk minum dan makan yang juga ditemukan di lokasi.

Mancala masih menjadi permainan yang populer saat ini. terutama di beberapa negara bagian Afrika dan Asia. Permainan ini dimainkan oleh counter yang bergerak, kelerang atau biji-biji di antara lubang-lubang di papan permainan, menangkap potongan lawan dan memindahkan potongan dari papan untuk memenangkan pertandingan.

9. India's Cathuranga

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Chaturanga adalah permainan papan di India dari penadhlunya permainan Shatranj Persia. yang menjadi catur di barat. Permainan ini ditemukan selama Kekaisaran Gupta di India utara dan timur sekitar abad ke-6 masehi. Meskipun apa yang mungkin papan "proto-catur" telah ditemukan diwilayah Lembah Indus sekitar 3.000 tahun yang lalu.

Potongan Chaturanga termasuk jenderal, gajah, kereta yang dianggap sesuai dengan ratu catur modern, uskup dan benteng.

NamaChaturanga berasal dari bahasa kuno Sansekerta yang berarti "empat bersenjata", sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan divisi tradisional tentara. Gambar yang diperlihatkan disini berasal dari Manuskrip India dari Periode Gupta. yang menunjukkan dewa-dewa Hindu Krishna dan Radha bermian Chaturanga pada 8 papan persegi. Papan iini tidak terlihat berkotak-kotak seperti yang Anda lihat pada papan catur sekarangtetapi papan ini ditandai pada sudut-sudutnya dan di alun-alun pusat. Tidak ada yang tahu alasannya kenapa dibuat seperti itu.

10. Pachisi dan Chaupar

PERMAINAN PAPAN CATUR DAN DADU KUNO

Permainan Papan Catur dan Dadu Kuno selanjutnya adalah permainan Pachisi masih dimainkan hingga hari ini di India. dan versi di barat sering juga disebut dengan permainan Ludo. Permainan ini diperkirakan telah dikembangkan dari permainan papan kuno sebelumnya sekitar abad ke-4 SM. dan sekarang telah dianggap sebagai olahraga nasional di India.


Sebuah ilustrasi diperlihatkan dari Lukisan Mughal ke-19 menunjukkan istri-istri penguasa Lucknow bermain Chaupar, sebuah permainan yang terkait erat dengan pachisi yang menggunakan papan berbetuk salib yang sama.

Secara tradisional, pemain dalam pachisi dan chaupar memindahkan potongan mereka di sekitar papan sesuai dengan lemparan enam atau tujuh cangkang cowrie yang bisa jatuh dengan pembukaan ke atas atau kebawah.


sumber:LiveSciemce.com

  
 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook