MENGAPA 22 DESEMBER DIJADIKAN SEBAGAI HARI IBU? BEGINI PENJELASANNYA!

Mahessa Update | Hari Ibu di Indonesia diadakan setiap tahun pada tanggal 22 Desember. Ini adalah waktu dimana kita menghargai para ibu dengan banyak memberikan hadiah, kartu ucapan, makan di restoran atau makanan lainnya untuk seorang ibu, ibu mereka termasuk nenek buyut, ibu tiri atau ibu angkat. 


MENGAPA 22 DESEMBER DIJADIKAN SEBAGAI HARI IBU? BEGINI PENJELASANNYA!

Apa yang orang-orang lakukan?

Dalam menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, Banyak orang mengirimkan kartu ucapan atau hadiah kepada ibu mereka atau melakukan kegiatan khusus untuk mengunjunginya. Hadiah Hari Ibu yang banyak dilakukan adalah mengirimi bunga, cokelat, pakaian, perhiasan hingga perawatan. Beberapa keluarga melakukan kegiatan jalan-jalan bersama semua anggota keluarga atau menyajikan makanan khusus di rumah atau di restoran. 


Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Hal ini berdasarkan kepada Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal 22 Desember dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Keputusan presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno membuat Hari Ibu Nasional dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan wanita Indonesia. 

Asal usul Hari Ibu di Indonesia berdasarkan pada pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama yang digelar dari tanggal 22 Desember hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan disebuah gedung yang bernama Dalem Jayadipuran yang kini merupakan Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jalan Brigjen Katamso, Jogjakarta. Kongres ini dihadiri oleh sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang di Indonesia, organisasi wanita ini telah ada sejak tahun 1912 yang terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia seperti R.A Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said dan lain sebagainya. 


Hari ini Hari Ibu telah menjadi hari yang berfokus pada pengakuan peran seorang ibu dan ibu secara umum. Hari Ibu juga telah menjadi acara yang semakin penting untuk bisnis dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini terutama berlaku untuk restoran dan bisnis yang memproduksi dan menjual kartu serta barang hadiah.

Hari Ibu diberbagai negara di dunia

Hari Ibu jatuh pada tanggal-tanggal yang berbeda di masing-masing negara di dunia. Hal ini tergantung pada negara tempat perayaan. Banyak negara seperti Australia, Kanada dan Amerika Serikat menyelenggarakan perayaan Hari Ibu pada Minggu kedua di bulan Mei setiap tahunnya. Inggris merayakan Hari Ibu pada setiap tiga minggu sebelum Minggu Paskah.

Sementara itu Hari Ibu di negara seperti Kosta Rika (15 Agustus), Georgia (3 Maret), Samoa (Senin kedua Mei) dan juga Thailand (12 Agustus) menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur tahunan .

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook