SAAT INI AKEOLOG SEDANG MENCARI GULUNGAN LAUT MATI DI DALAM 2 GUA QUMRAN YANG BARU DITEMUKAN

Mahessa Update | Para arkeolog telah berhasil menemukan dua gua dekat Qumran di Tepi Barat yang mungkin menyimpan Gulungan Laut Mati seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.

GUA QUMRAN

Para arkeolog sedang menggali dua gua yang baru ditemukan di Qumran untuk mencari sisa-sisa Gulungan Laut Mati. Sumber gambar: Shutterstock


Sejauh ini, para arkeolog yang menggali dua gua tersebut belum menemukan sisa-sisa manuskrip zaman Alkitab. Namun kedua gua itu yang sekarang disebut 53b dan 53c, berada di dekat gua menyimpan Gulungan Laut Mati yang sudah ditemukan dan tim tersebut tidak melakukan pnyelidikan terhadap situs-situs tersebut.

Gulungan Laut Mati terdiri dari sisa-sisa 900 manuskrip yang ditemukan di 12 gua yang terletak di dekat Qumran. Banyak ahli percaya bahwa kelompok yang disebut Essenes tinggal di Qumran dan menulis banyak Gulungan Laut Mati sebelum meninggalkan situs tersebut sekitar tahun 70 AD. ketika pemberontakan terhadap orang Roma dimulai.

Gua pertama hingga kesebalas ditemukan antara tahun 1946 hingga tahun 1956. Sebagian besar Gulungan Laut Mati ini ditemukan di 11 gua ini. Sementara gua keduabelas ditemukan pada tahun 2017 lalu tetapi hanya membeberkan satu gulungan kosongDi dalam gua, para arkeolog juga menemukan sisa-sisa barang yang digunakan untuk menyimpan gulungan seperti guci, tekstil dan juga tali. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak gulungan ada di gua 12 di masa lalu tetapi dijarah beberapa waktu yang lalu.


Kedua gua yang baru ditemukan ini berada di dekat gua ke-12 dan gua ini juga memiliki bukti gulungan-gulungan yang berisi tentang masa lalu.

Bukti adanya Gulungan

Sementara para penjarah telah merampok gua 53b dimasa lalu, para arkeolog telah menemukan panci masak perunggu, serpihan tekstil tenunan dan juga tali beranyam. Para arkeolog Randall Price dari Uniersitas Liberty di Virginia dan Oren Gulfeld dari Universitas Ibrani Yerussalem menulis dalam abstrak makalah yang mereka sajikan baru-baru ini pada pertemuan tahunan American Schools of Oriental Research yang diadakan di Denver 14-17 November 2018. Selain itu lampu minyak juga ditemukan di pintu masuk gua, kata mereka.

GULUNGAN LAUT MATI

Gulungan Laut Mati ini ditemukan selama penggalian tahun 1947 di gua Qumran di sebelah barat laut dari Laut Mati. Sumber gambar: Photo 12 / UIG via Getty Images. 

"Kami belum menganalisis semua tembikar dari gua 53b, Jadi kami tidak tahu apakah sebuah toples gulir ada disana", kata Price, seorang profesor keagamaan dari Universitas Liberty di Virginia, saat mengatakan kepada LiveScience. Tekstil dan Tali yang ditemukan di gua 53b mirip dengan yang ditemukan di gua ke-12, katanya. Ini berarti gua 53b mungkin juga telah digunakan untuk menyimpan Gulungan Laut Mati.


Panci masak perunggu yang ditemukan di gua 53b berasal dari sekitar tahun 100 SM dan 15 SM, Saat ketika orang-orang tinggal di Qumran. Sementara desain lampu mirip dengan yang ditemukan di Qumran, kata Price, Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di Qumran menggunakan gua sebagai tempat tinggal.

Sementara di dalam gua 53c, para peneliti menemukan potongan guci yang menunjukkan bahwa Gulungan Laut Mati pernah disimpan di gua itu.

Saat ini penggalian sedang berlangsung di gua 53c untuk menemukan apakah sisa-sisa gulungan laut mati masih tersimpan disana.           


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook