10 TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER

Mahessa Update | Tidaklah benar jika banyak orang berpikir bahwa penyakit kanker sepenuhnya genetik dan tidak bisa dihindari. Menurut American Cancer Society, Perilaku sehat dapat mencegah sekitar setengah dari kematian akibat kanker.

TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER
sel kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal atau sering dikenal dengan sebutan tumor ganas. Selain itu gejala ini juga dikenal sebagai neoplasma ganas dan seringkali ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan biologis didekatnya dan bermigrasi ke jaringan tubuh lainnya.


Penyakit ini dapat menimpa semua orang. pada setiap bagian tubuh dan pada semua golongan umur. Nah sebelum kanker ini meluas dan merusak jaringan disekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala lainnya. Karena jika sudah ada keluhan atau gejala penyakit kanker, biasanya penyakit kanker ini sudah dalam taraf lanjut.

Berikut adalah 10 perubahan gaya hidup yang semuanya berdasarkan pada penelitian terbaru yang dapat meningkatkan peluang melawan kanker. Kiatnya datang dari Dr, Anne McTieman dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Seattle seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.


10. Hindari Merokok

Jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya. Jika Anda sudah mencobanya untuk berhenti tetapi belum berhasil, Jangan menyerah karena pada akhirnya semuanya akan berhasil.

9. Skrining

 TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER

Dapatkan skrining untuk kanker secara teratur (kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker leher rahim dan kanker kulit untuk di uji. Minta kepada dokter Anda untuk interval dan memulai pencegahan). Menemukan kanker sejak dini dapat sangat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh dan mengurangi resiko kematian akibat penyakit kanker.

8. Minuman Beralkohol

Pertahankan untuk mengonsumsi alkohol tetap rendah. Hal ini berarti tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita. Manjaga asupan alkohol Anda ke level harian minimum tidak berarti Anda bisa "menabung" semua minuman Anda selama seminggu.


7. Lindungi Kulit

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap kali Anda pergi ke luar rumah. Tutupi kepala Anda dengan topi lebar dan lindungi mata Anda dengan kacamata hitam.

6. Pertahankan gaya hidup aktif secara fisik. 

TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER

Anda tidak perlu menjadi atlet untuk mendapatkan manfaat dari berolahraga. Kegiatan seperti jalan cepat, bersepeda, menari atau olahraga apapun yang dapat meningkatkan detak jantung Anda akan membuat Anda berkeringat dan sangat bermanfaat.

5. Jaga Berat Badan

Jaga berat badan Anda pada kisaran normal dengan tinggi badan Anda. Hal itu berarti mempertahankan indeks massa tubuh (BMI) 25 atau kurang. (Anda dapat menghitung BMI Anda dengan kalkulator online). 

4. Hindari Terapi Hormon Menopause.

Jika Anda perlu mengkonsumsi hormon, batasi penggunaannya hingga kurang dari masa lima tahun.

3. Pertimbangkan Untuk Minum Obat

Setelah berkonsultasi dengan dokter untuk mengurangi resiko kanker, Ada beberapa obat yang telah diuji dan terbukti efektif untuk mengurangi resiko kanker.


2. Hindari Paparan Terhadap Zat Penyebab Kanker

Paparan radiasi dan beberapa bahan kimia diketahui dapat menyebabkan penyakit kanker. Maka hindarilah.

1. Makan Makanan Yang Mengurangi Resiko Kanker

TIPS MENGHINDARI PENYAKIT KANKER

Peran diet dalam kanker masih jauh dari mapan. tetapi penelitian menunjukkan bahwa diet nabati dikaitkan dengan pengurangan resiko beberapa kanker terutama untuk kanker usus besar. Pedomannya meliputi: Pertahankan asupan daging merah Anda tidak lebih dari 4 oms daging merah rata-rata per hari, hindari daging olahan seperti sosis dan bologna, makan berbagai sayuran dan buah-buahan yang tidak mengandung zat tepung setiap hari, setidaknya lima porsidan meminimalkan saupan zat gula, jus, asupan minuman bergula seperti jus, makanan penutup dan permen, roti dan keripik. 


Kebanyakan penyakit kanker menyebabkan kematian. Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2015, tidak kurang dari 8,8 juta manusia meninggal dunia karena penyakit ini. Data tersebut menunjukkan bahwasanya penyakit ini menjadi salah satu dari enam penyakit paling mematikan yang mempengaruhi tingkat mortalitas dunia. 

Walaupun begitu, panyakit kanker masih bisa dicegah. Salah satu caranya adalah dengan memberikan informasi dan dukungan untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan membaca artikel 10 Cara Menghindari Penyakit Kanker ini.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook