5 ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

MahessaUpdate | Apa obat yang membuat Anda ketagihan? Pertanyaan ini tampaknya sederhana, tetapi jawabanya tergantung pada siapa Anda bertanya.

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Dari sudut pandang para peneliti yang berbeda, potensi suatu obat menjadi adiktif dapat dinilai dari segi kerusakan yang ditimbulkannya. Nilai jalan obat tersebut, sejauh mana obat tersebut mengaktifkan sistem dopamin otak, betapa menyenangkan efek obat tersebut, sejauh mana obat itu menyebabkan gejala penyembuhan dan betapa mudahnya seseorang yang mencoba obat itu menjadi ketagihan.

Ada aspek lain untuk mengukur potensi kecanduan suatu obat juga dan bahkan ada peneliti yang berpendapat bahwa tidak ada obat yang selalu membuat ketagihan. Karena pandangan peneliti yang beragam, maka salah satu cara menentukan peringkat zat paling adiktif di bumi adalah dengan bertanya pada para ahli.

Pada tahun 2007, David Nutt dan rekan-rekannya meminta para ahli kecanduan untuk melakukan pengujian dengan beberapa penemuan menarik dengan 5 zat paling adiktif di bumi seperti yang kami lansir dari laman ScienceAlert.com.

1. Heroin

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Pakar Nutt et al, Menilai bahwa Heroin sebagai salah satu zat paling adiktif di bumi. Heroin adalah opiat yang menyebabkan tingkat dopamin dalam sistem otak meningkat hingga 200 persen pada hewan percobaan.

Selain bisa dibilang sebagai obat yang membuat paling ketagihan, Heroin juga berbahaya. karena dosis yang berlebihan dapat menyebabkan kematian hanya lima kali lebih besar dari dosis yang dibutuhkan pada manusia.

Heroin juga telah di nilai sebagai obat paling berbahaya kedua dalam hal kerusakan pada pengguna dan masyarakat. Pasar opiat ilegal, termasuk heroin diperkirakan bernilai US $ 68 milair di seluruh dunia pada tahun 2009.

2. Kokain

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Kokain secara langsung mengganggu penggunaan dopamin otak untuk menyampaikan pesan dari satu neuron ke neuron lainnya. Intinya, Kokain mencegah neuron dan mematikan sinyal dopamin yang menghasilkan aktivasi abnormal dari jalur otak.

Dalam percobaan pada hewan, Kokain menyebabkan kadar dopamin naik lebih dari tiga kali tingkat normal. Diperkirakan antara 14-20 juta orang di seluruh dunia menggunakan kokain pada tahun 2009 dengan pasar kokain yang bernilai hingga bernilai sekitar US $ 75 miliar.

Crack Kokain telah diberi peringkat oleh para ahli sebagai obat yang paling merusak ketiga dan kokain bubuk yang menyebabkan ketinggian lebih ringan sebagai yang kelima paling merusak. Sekitar 21 persen orang yang mencoba kokain akan menjadi tergantung pada suatu waktu dalam hidup mereka.

Kokain mirip dengan stimulan adiktif lainnya, seperti metamfetamin. Yang menjadi masalah adalah zat paling adiktif di bumi ini banyak tersedia dipasaran. seperti amfetamin.

3.Nikotin

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Nikotin adalah salah satu zat paling adiktif di bumi dengan bahan utamanya tembakau. Ketika seseorang merokok, Nikotin dengan cepat diserap oleh paru-paru dan dikirim ke otak. Para ahli Nutt el al. menilai nikotin (tembakau) sebagai zat ketiga yang membuat paling ketagihan.

Lebih dari dua pertiga orang Amerika yang mencoba merokok dilaporkan menjadi tergantung selama hidup mereka. Pada tahun 2002, WHO memperkirakan ada lebih dari 1 miliar perokok dan diperkirakan bahwa tembakau akan membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun pada tahun 2030.

Hewan di laboratorium memiliki akal sehat untuk tidak merokok. Namun, tikus akan menekan tombol untuk menerima nikotin langsung ke dalam aliran darah mereka. dan hal ini akan menyebabkan tingkat dopamin dalam sistem otak akan meningkat sekitar 25-40 persen.

4. Barbiturate

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Barbiturate atau yang dikenal juga sebagai peluru biru, gorilla, nembies dan pink girls adalah obat yang pada awalnya digunakan untuk mengobati kecemasan serta obat tidur.

Obat ini dapat mengganggu sinyal kimiawi otak yang efeknya dapat memetikan beberapa wilayah di otak. Pada dosis rendah, barbiturat dapat menyebabkan euforia sedangkan pada dosisi yang lebih tinggi dapat mematikan karena dapat menekan pernafasan. 

Ketergantungan Barbiturate adalah hal umum ketika obat ini banyak tersedia dengan resep dokter, tetapi penggunaan obat ini telah menurun secara dramatis setelah banyak obat jenis lain menggantikanya.

Hal ini menyoroti peran yang dimainkan oleh konteks dalam kecanduan jika suatu obat adiktif tidak tersedia secara luas di pasaran. Hal ini dapat merugikan. Para peneliti dari Nutt et al menilai Barbiturate sebagai zat paling adiktif di dunia nomor empat.

5. Alkohol

ZAT PALING ADIKTIF DI BUMI

Meskipun Alkohol legal di Amerika dan Inggris, alkohol dinilai salah satu zat paling adiktif di dunia. Hal ini disebabkan karena alkohol banyak memiliki efek pada otak, tetapi dalam percobaan laboratorium pada hewan hal ini dapat meningkatkan kadar dopamin dalam sistem otak hingga sebesar 40-360 persen. Dan semakin semakin banyak tingkat dopamin yang semakin meningkat.

Sekitar 22 persen orang yang telah minum alhohol akan mengembangkan ketergantungan di beberapa waktu dalam hidup mereka. WHO memperkirakan 2 miliar orang menggunakan alkohol pada tahun 2002 dan lebih dari 3 juta orang meninggal pada tahun 2012 karena kerusakan tubuh yang diakibatkan oleh minum alkohol.

Alkohol telah digolongkan sebagai obat yang paling merusak oleh para ahli kesehatan lainnya juga.    


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook