SIAPAKAH PENEMU SEPEDA?

MahessaUpdate | Anda mungkin berpikir bahwa penemuan yang sederhana dari sepeda tidaklah begitu rumit. Tetapi pada kenyataannya, penemuan yang sangat populer ini memiliki sejarah yang penuh kontroversi dan banyak informasi yang salah. Sementara siapa penemu sepeda sering menjadi perdebatan satu sama lainnya. Tetapi yang pasti sepeda pertama kalinya dibuat tidak seperti yang Anda lihat sekarang.

SIAPAKAH PENEMU SEPEDA?
Sepeda untuk wanita diperkenalkan mulai tahun 1899
sumber gambar: domain publik


Menurut Dana Sepeda Internasional (IFB), Iterasi pertama yang diketahui dari kendaraan beroda bertenaga manusia ini jauh diciptakan sebelum sepeda menjadi bentuk transportasi praktis. Pada tahun 1418, Seorang insinyur Italia, Giovani Fontana atau de la Fontana membangun perangkat bertenaga manusia yang terdiri dari empat roda dan satu lilitan tali yang dihubungkan oleh roda gigi.


Pada tahun 1813, sekitar 400 tahun setelah Fontana membangun alat berat beroda, seorang aristokrat dan penemu Jerman bernama Karl Von Drais mulai mengerjakan Laufmaschine (Mesin Penggerak) versinya sendiri. Kendaraan roda empat yang bertenaga manusia. Kemudian pada tahun 1817, Drais memulai debutnya dengan kendaraan roda dua yang dikenal dengan banyak nama diseluruh Eropa seperti yang kami lansir dari laman LiveScience.com.

Alat yang aneh

Menurut Smithsonian, Drais membangun mesinnya untuk menanggapi masalah yang sangat serius, kelangkaan kuda sungguhan. akibat Gunung Tambora di Indonesia, meletus pada tahun 1815 dan awan abu tersebar di seluruh dunia menurunkan suhu secara global. Tanaman gagal dan hewan termasuk kuda, mati kelaparan.  

Kuda-kuda Drais jauh berbeda dari mesin kecepatan aerodinasmis yang merupakan sepeda masa kini. Beratnya sekitar 23 kilogram. Leluhur sepeda ini menampilkan dua roda kayu yang menempel pada bingkai kayu. Penunggang duduk diatas pelana kulit berlapis paku yang dipakukan pada rangka dan mengarahkan kendaraan dengan setang kayu yang belum sepenuhnya sempurna. Tidak ada roda gigi dan pedal, karena pengendara hanya mendorong sepeda ini kedepan dengan menggunakan kaki.


Drais membawa penemuan sepeda nya ini ke Perancis dan Inggris, dimana kendaraan sepeda menjadi sangat populer. Seorang pelatih asal Inggris bernama Denis Johnson memasarkan versinya sendiri, yang disebut "pedestrian curricles" kepada bangsawan London yang mencari kesenangan. Sepeda versi ini hanya menikmati beberapa tahun kesuksesan sebelum dilarang beroperasi di jalanan karena sangat berbahaya buat pejalan kaki, Mode pun berlalu, Pada tahun 1820-an, kendaraan jarang terlihat. Menurut Museum Nasional Sejarah Amerika (NMAH).

Bon Shaker dan Sen Dolar

SIAPAKAH PENEMU SEPEDA?
Kuda Hobi seorang pria
Sumber gambar: Museum Sains, London


Sepeda kembali lagi pada awal 1860-an dengan diperkenalkanya alat kayu dengan dua roda baja, pedal dan sistem gigi tetap. Dikenal sebagai velocipede (kaki cepat atau "pengocok tulang" pengguna berani menggunakan sepeda awal ini dengan berjalan bergelombang. 

Pertanyaannya adalah siapakah yang menemukan velocipede? dengan pedal revolusioner dengan sistem persenelingnya tidak begitu jelas. Seorang Jerman bernama Karl Kech mengklaim bahwa ia adalah orang pertama yang membuat pedal ke sepeda pada tahun 1862. Tetapi paten pertama untuk perangkat semacam itu diberikan bukan kepada Kech, tetapi kepada Pierre Lallement, pembuat kereta Perancis yang memperoleh paten AS untuk sebuah kendaraan beroda dua dengan pedal engkol pada tahun 1866 seperti yang dijelaskan oleh NMAH.

Pada tahun 1864, sebelum mendapatkan hak paten untuk sepedanya, Lallement memamerkan penemuan sepeda nya di depan umum yang dapat menjelaskan bagaimana Aime dan Rene Olivier, dua putra seorang pengusaha Paris yang kaya mempelajari penemuanya dan memutuskan untuk membuat velocipede sendiri bersama dengan teman sekelasnya, Georges de la Bouglise. Para pemuda ini meminta Pierre Michaux, seorang pandai besi dan pembuat kereta, untuk membuat bagian-bagian yang mereka butuhkan untuk penemuan sepeda mereka.


Michaux dan Olivier bersaudara mulai memasarkan velocipide mereka dengan pedal pada tahun 1867, dan alat ini menjadi hits pada masa itu. Karena perbedaan pendapat masalah desain dan keuangan, Perusahaan yang didirikan oleh Michaux dan Olivier bersaudara akhirnya bubar. Tetapi Compagnie Parisienne yang dimiliki Olivier tetap berjalan.

SIAPAKAH PENEMU SEPEDA?
Gambar dari ensiklopedia 1887 Jerman tentang berbagai velocipedes, sen dolar dan kendaraan bertenaga manusia lainnya.
sumber gambar: Domain Public

Salah satu desain sepeda paling populer di dunia adalah beroda tinggi atau yang dikenal dengan penny farthing karena ukuran roda. (Kentut adalah koin Inggris yang bernilai seperempat sen). Kentut satu sen menampilkan kenaikkan yang lebih halus daripada pendahulunya. Karena ban karetnya yang kokoh dengan jari-jari yang panjang. Roda depan menjadi lebih besar dan lebih besar ketika pabrikan menyadari bahwa roda thre yang lebih besar, yang lebih jauh, dapat berjalan dengan satu putaran pedal. Penggemar sepeda bisa mendapatkan roda sepanjang kaki mereka.


Sayangnya desain roda depan besar yang diperjuangkan oleh para pria muda yang mencari sensasi, banyak diantaranya ikut balapan. Dengan alat ini banyak klub-klub sepeda didirikan diseluruh Eropa.

Sepeda jenis ini tidak praktis bagi sebagian besar pengendara. Jika pengendara harus berhenti secara tiba-tiba, akan membuat seluruh alat diatas roda depan dan pengendara akan mendarat di kepalanya. Disinilah istilah "Mengambil Header" muncul. Menurut IBF, Antusiasme untuk sen dolar tetap hangat sampai seorang penemu sepeda asa Inggris yang bernama John Kemp Starley datang dengan desain sepeda untuk keselamatan pada tahun 1870-an.

Stanley mulai berhasil memasarkan sepeda pada tahun 1871, Ketika ia memperkenalkan "Sepeda Ariel" di Inggris yang memulai peran negara itu sebagai pemimpin dalam inovasi sepeda selama beberapa dekade. Stanley mungkin yang paling dikenal karena penemuan roda tangan-spoke pada tahun 1974.

Roda depan yang menyerap ketegangan ini merupakan peningkatan besar di atas roda yang ditemukan pada sepeda sebelumnya dan membantu membuat mengendarai sepeda menjadi aktivitas yang agak menyenangkan untuk pertama kalinya dalam sejarah sepeda. Roda Stanley juga dibuat untuk sepeda yang jauh lebih ringan. Peningkatan praktis lain dari iterasi sebelumnya.

Kemudian pada tahun 1885, Stanley memperkenalkan "Rover" dengan rodanya yang hampir sama ukuranya, setir pivot tengah dan roda gigi difersnsial yang beroperasi dengan penggerak rantai. Rover Stanley adalah iterasi pertama yang sangat praktis dari sepeda.

Menurut NMAH, Jumlah sepeda yang digunakan melonjak dari sekitar 200.000 unit pada tahun 1889 menjadi 1 juta unit pada tahun 1899. 

Pada awalnya sepeda adalah hobi yang relatif mahal, tetapi produksi massal sepeda menjadikan sepeda investasi praktis bagi pekerja. yang kemudian bisa naik sepeda menuju ke pekerjaannya dan kembali kerumah dengan aman. Sepeda memperkenalkan ribuan ke transportasi individu dan independen. dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar di waktu luang. Ketika mulai mengendarai sepeda dalam jumlah besar, perubahan dramatis dalam mode wanita diperlukan. Kesibukan dan korset keluar, karena mereka memberi seorang wanita lebih banyak mobilitas sementara memungkinkan dia untuk tetap mengenakan rok panjang.

Sepeda juga ikut bertanggung jawab atas kondisi jalan yang lebih baik. Karena semakin banyak orang Amerika mulai mengendarai sepeda, dibutuhkan permukaan jalan yang lebih baik dan mulus daripada kendaraan yang dikendarai oleh kuda. Organisasi pengendara sepeda mulai menyerukan jalan yang lebih baik . Mereka sering bergabung dengan perusahaan kereta api yang ingin meningkatkan koneksi antara petani dan bisnis lain dari stasiun kereta api.


Menurut NMAH, Sepeda memiliki pengaruh langsung pada pengenalan mobil, Bagian-bagian sepeda kemudian dimasukkan ke dalam bagian-bagian mobil termasuk bantalan bola, dif.             

Sepeda Hari ini

Lebih dai 100 juta sepeda diproduksi setiap tahun di seluruh dunia. Menurut BicycleHistory.net, lebih dari 1 miliar sepeda digunakan diseluruh dunia.

Seseorang berjalan ke toko sepeda sekarang ini dihadapkan dengan berbagai pilihan. Bingkai dirancang dan dibuat dari bahan yang berbeda berdasarkan dengan dimana sepeda akan digunakan. Pengendara dapat memilih berbagai jenis rem , jumlah roda gigi, bentuk jok, posisi dan jenis setang, apakah ia memiliki suspensi atau tidak.

Ada beberapa pilihan untuk mengendarai sepeda dibanyak permukaan, mulai dari jalan yang kasar, kotor, dan berbatu-batu menuju jalan kota yang mulus dan beraspal. Roda juga memiliki banyak pilihan dengan berbagai ukuran dan ketebalan untuk mengendarai pada setiap permukaan ini sementara rangka biasanya terbuat dari baja, alumunium, titanium atau serat karbon atau kadang-kadang bahan terbuat dari kayu bambu.

Gigi sepeda bisa dimulai dari 33 roda gigi. Selain itu ada banyak jenis jok, mulai dari jok pendek sempit untuk balap hingga jok lebar dan empuk untuk perjalanan yang nyaman. Suspensi dapat ditambahkan untuk memberikan pengendaraan yang lebih mulus di jalur bergelombang.

Beberapa sepeda bahkan bisa dilipat untuk memudahkan perjalanan atau penyimpanan. Beberapa tidak memiliki jok dan lebih suka menggunakan mesin elips di gym. Beberapa dengan kereta bayi yang terpasang untuk bersepda bersama anak-anak kecil dan beberapa bahkan dilengkapi dengan motor listrik.    
      
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook