6 MANFAAT KESEHATAN DARI UBI JALAR YANG PERLU ANDA KETAHUI

MahessaUpdate | Banyak orang bertanya bahwa apakah ubi jalar benar-benar baik bagi kesehatan tubuh?


MANFAAT KESEHATAN DARI UBI JALAR

Ubi Jalar (Ipomoeabatatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya yang berasal dari Amerika Selatan tropis. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi yang sangat penting dalam sistem ketahanan pangan kita. Sehingga di Afrika, Ubi Jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, Ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa dan hemiselulosa).  


Nutrisi ubi jalar dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, tekanan darah, kesehatan kulit, penglihatan dan lain sebagainya.

Permata berwarna-warni ini menawarkan beberapa tunjangan kesehatan yang cukup mengesankan. Berikut adalah 6 manfaat ubi jalar beberapa dengan cara sederhana untuk memasukkan ubi jalar secara sehat ke dalam makanan, cemilan dan lauk untuk makan malam Anda.

Berikut 6 Manfaat Kesehatan Dari Ubi Jalar yang perlu Anda ketahui seperti yang kami lansir dari laman health.com.

1. Sumber Vitamin A dan Vitamin C

Satu ubi jalar panggang menyediakan hampir setengah dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Porsi yang sama juga memasok 400% dari asupan vitamin A harian yang Anda rekomendasikan. Kedua nutrisi ini sangat penting selama memasuki musim dingin dimana seseorang akan mudah terkena flu. Selain itu vitamin A juga merupakan sumber untuk menjaga kesehatan kulit, penglihatan dan fungsi organ lainnya.

2. Sumber Nutrisi lainnya

Satu buah ubi jalar juga akan memberikan sepertiga dari kebutuhan Anda akan mangan, mineral yang membantu menghasilkan kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit dan tulang. Anda juga akan mendapatkan antara 15 hingga 30% dari beberapa vitamin dan mineral B yang mendukung energi termasuk kalium.


3. Ubi Jalar adalah Pembangkit Tenaga Antioksidan

Vitamin A dan Vitamin C pada ubi jalar juga berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel terhadap penuaan dan penyakit lainnya. Untuk menghasilkan oksidan yang lebih banyak, pilihlah Ubi Jalar Ungu, Pigmen pada jenis ubi jalar ini akan memberi rona cantik karena memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat.

4. Anti-Inflamasi

Kami telah mengetahui bahwa peradangan tingkat rendah yang tidak terkontrol meningkatkan resiko hampir setiap penyakit kronis seperti obesitas, diabetetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker. Senyawa anti-inflamasi alami pada ubi jalar telah terbukti memadamkan peradangan pada tingkat sel. Penelitian yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan berkurangnya peradangan pada jaringan otak dan jaringan saraf setelah mengkonsumsi ekstrak ubi jalar ungu.


5. Tidak Menyebabkan Lonjakan Gula Darah

Beberapa orang mungkin telah menganggap ubi sebagai terlalu bertepung, tetapi kandungan seratnya yang tinggi menjadikannya pati yang lambat terbakar. Artinya ubi jalar tidak meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Satu buah ubi jalar menyediakan sekitar 6 gram serat yang lebih dari seperempat dari minuman harian yang disarankan.

6. Ubi Jalar membantu mengatur tekanan darah

Satu buah ubi jalar yang dipanggang dikulitnya menyediakan 950 mg potasium. Dan itu lebih dari dua kali lipat jumlah dalam pisang sedang. Kalium pada dasarnya menyapu kelebihan natrium dan cairan dari tubuh, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi tekanan pada jantung. Kalium juga membantu mengatur ritme jantung dan kontraksi otot.

Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, kurang dari 2% orang Amerika memenuhi target potasium harian yang direkomendasikan yaitu 4.700 mg dan ini dapat membantu mendukung penurunan berat badan.

Sekitar 12% dari pati dalam ubi jalar adalah pati resisten , zat pengisi, seperti serat yang tidak dicerna dan diserap tubuh Anda. Satu studi menemukan bahwa mengganti hanya 5,4% dari total asupan karbohidrat dengan pati resisten menghasilkan 20 hingga 30% peningkatan pembakaran lemak setelah makan. Pati resisten juga mendorong tubuh untuk memompa lebih banyak hormon pemicu rasa kenyang.


Cara Makan Lebih Banyak Ubi Jalar

Lakukanlah memanggang ubi jalar dengan kombinasi kayu manis dan sirup maple yang dicampur dengan air hangat. Anda juga bisa memanggang, menumbuk, dan melipat ubi jalar menjadi gandum, meraciknya menjadi smoothie atau haluskan dengan kaldu sayuran organik rendah sodium sebagai dasar sup. 

Ubi jalar yang dipanggang membuat tambahan yang fantastis untuk salad, dan irisan yang dipanggang dalam oven dapat memuaskan untuk digoreng ala Perancis. Ubi jalar yang ditumbuk juga membuat tambahan yang fantastis untuk hidangan penutup dan makanan lainnya dari kue tanpa panggang hingga brownies dan tentu saja pai ubi jalar.

         
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook