MANFAAT LUAR BIASA KAYU SECANG BUAT KESEHATAN

Mahessa Update | Kayu Secang, selain sering diolah sebagai bahan jamu tradisional dan minuman tradisional Wedang Secang ternyata juga menyimpan banyak manfaat lainnya yang sayang jika Anda lewatkan. Memang apa saja sih Manfaat Kayu Secang? Yuk cari tahu jawabannya pada ulasan kami dibawah ini.

MANFAAT KAYU SECANG BUAT KESEHATAN

BACA JUGA : 8 Manfaat Nanas Luar Biasa Buat Kesehatan

Kayu Secang (Caesalpina sappan L) adalah pohon perdu anggota polomg-polongan yang tumbuh dan dibudayakan orang di wilayah India, Asia Tenggara, Malesia hingga Pasifik. Selain sebagai pewarna, Kayu Sepang banyak digunakan orang sebagai bahan rempah-rempah serta bahan obat tradisional.

Kayu Secang adalah pohon kecil dengan tinggi 4-10 meter. Batang dengan tonjolan-tonjolan serupa gir dengan banyak duri. Pepagannya berwarna cokelat keabu-abuan. Ranting-ranting biasanya dengan durui-duri yang melengkung ke bawah dan jarang tak berduri. Ranting muda dan kuncup berambut halus kecokelatan.

Daun majemuk menyirip ganda dengan daun penumpu sekitar 3-4 mm dan lekas gugur. Tulang daun utama sepanjang 25-40 cm dengan 9-14 pasang tulang daun samping. Anak daun sebanyak 10-20 pasang di tiap tulang daun samping, berhadapan, duduk atau hampir duduk, bentuk lonjong 10-25 x 3-11 mm. Dengan pangkal rompang miring dan ujung melekuk, bertepi rata dan berambut pendek jarang-jarang. 

Pembungaan dalam malai di ujung batang atau di ketiak atas dengan panjang 10-40 cm. Daun pelindung 5-12 x 2-5 mm, berambut, lekas rontok, tangkai bunga (pedicels) sepanjang 15-20 mm. 

BACA JUGA : 10 Makanan Paling Beracun di Dunia

Bunga berwarna kuning berbilangan-5, kelopak gundul, taju kelopak 7-10 x 4 mm dengan mahkota berambut balig 9-11,5 x 6-10 mm. yang teratas berukuran paling kecil. berkuku lk 5 mm, tangkai sari lk 15 mm  putik lk 18 mm. Buah polong bentuk lonjong atau jorong senjang (asimetris) 6-10 x 3-4 cm. ujung seperti paruh berisi 2-4 biji. hijau kekuningan menjadi cokelat kemerahan jika masak. Biji bulat panjang (elipsoida) berwarna cokelat atau hitam.     
MANFAAT KAYU SECANG BUAT KESEHATAN
   
Manfaat kayu secang buat kesehatan sudah sejak lama diketahui masyarakat dijadikan sebagai bahan obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat kayu secang yang paling dikenal adalah dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan, penawar racun, pembersih darah, obat anti septik, jerawat. Kayu secang juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare, batuk dan menyembuhkan luka. 

Untuk mengobati diare menggunakan kayu secang yaitu dengan menyediakan 5 gram kayu secang kering yang dipotong kecil-kecil, Kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas selama sekitar 15 menit. Saring rebusan air kayu secang tersebut dan kemudian minum sampai habis.  
Hal ini dikarenakan kayu secang mengandung senyawa zat anti bakteri yang bersifat anti koagulasi atau anti penggumpalan, antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemik (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat). Sementara ekstark kayu secang juga berkhasiat anti-tumor, anti -virus, immunostimulant.

Manfaat kayu secang untuk mengobati berbagai penyakit karena kayu secang memiliki kandungan penting untuk kesehatan seperti :
  • Asam Galat
  • Tanin
  • Resin
  • Brasilin
  • Oscimene
  • Delta-Phellandrene
  • Fenil
  • Propana
  • Minyak Atsiri. Pada daun secang mengandung 0.16-0,20% minyak atsiri.
Beberapa penelitian juga juga menemukan manfaat kayu secang untuk mengobati bermacam penyakit kronis seperti TBC, muntah darah, tetanus, tumor, sifilis, malaria dan disentri.

MANFAAT KAYU SECANG BUAT KESEHATAN

BACA JUGA : 8 Manfaat Luar Biasa dari Biji Rami

Selain itu secara tradisional, potongan-potongan kayu secang juga bermanfaat sebagai campuran bahan jamu di Jawa dan sebagai salah satu bahan pembuatan minuman penyegar khas Yogyakarta yaitu Wedang Secang yang konon dapat menambah stamina tubuh.

Manfaat kayu secang lainnya adalah dapat digunakan sebagai pewarna alami pembuatan kue.


sumber: jakarta.litbang.pertanian.go.id



Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook