LUKISAN HEWAN TERTUA DI DUNIA DITEMUKAN DI GUA KALIMANTAN

Mahessa Update | Sebuah lukisan hewan tertua di dunia berusia sekitar 40.000 tahun yang menggambarkan binatang buas seperti sapi liar ditemukan di sebuah gua di Pulau Kalimantan, Indonesia. Penemuan ini menunjukkan bahwa seni gua figuratif, salah satu inovasi paling signitifkan dalam budaya manusia, tidak dimulai dari Eropa seperti yang banyak dipikirkan para ilmuwan. Tetapi di mulai di Asia Tenggara selama zaman es berakhir, kata para peneliti.

LUKISAN HEWAN TERTUA DI DUNIA
Hewan seperti Sapi liar ini merupakan Lukisan Hewan Tertua Di Dunia yang telah berusia sekitar 40.000 tahun yang lalu. Gambar: Luc-Henri Page.


Menggambar binatang, pencapaian itu sendiri, mungkin merupakan pintu gerbang untuk mengilustrasikan aspek-aspek lain dari pengalaman manusia selain berburu dan menari. "Awalnya manusia membuat lukisan figuratif dari hewan besar dan mereka kemudian mulai menggambarkan dunia manusia," kata studi peneliti utama Maxime Aubert, seorang arkeolog dan geokomiawan di Griffith University di Australia.

Karya seni kuno ini lukisan hewan tertua di dunia ini ditemukan di dinding gua batu kapur yang terpencil di pegunungan terjal dan terpencil di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sebenarnya para peneliti telah mengetahui tentang gambar hewan tertua di dunia ini sejak tahun 1994. tetapi mereka tidak tahu kapan ilustrasinya dibuat sampai sekarang, kata Aubert, yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Indonesia (ARKENAS) dan Institute Teknologi Bandung (ITB).

Para peneliti mengumpulkan sampel kalsium-karbonat dari Lukisan Hewan di Gua Kalimantan sehingga mereka bisa mengetahui usia uranium seri, teknik yang dimungkinkan oleh pelusuran radioaktif. Ketika air hujan merembes melalui batu kapur, hal ini dapat melarutkan sejumlah kecil uranium, Aubert mengatakannya kepada LiveScience.com.

Ketika uranium (unsur radioaktif) meluruh, ia berubah menjadi elemen thorium. Dengan mempelajari rasio uranium hingga thorium dalam kalsium karbonat (batu kapur) yang melapisi lukisan gua, para peneliti menentukan berapa lama lapisan awal itu tercipta.


Seni figuratif tertua di dunia mungkin berupa hewan misteri seperti spesies hewan liar yang pernah menginjak hutan Kalimantan pada sekitar 40.000 tahun yang lalu, kata Aubert. Sebelumnya diketahui bahwa Lukisan Hewan Tertua Di Dunia adalah lukisan babi rusa berusia 35.400 tahun yang pernah ditemukan di Pulau Sulawesi, Indonesia, kata Aubert lebih lanjut.

Karya Seni Selama Berabad-abad

Hasil tim menunjukkan bahwa karya seni kuno di Kalimantan Timur dibuat selama tiga periode yang berbeda. Fase pertama yang berusia antara 52.000 - 40.000 tahun yang lalu termasuk lukisan tangan dan hewan oker-orange-oker berwarna orange seperti banteng (Bos javanicus), sejenis ternak liar yang masih hidup di hutan Kalimantan, sapi liar dan lain sebagainya kata Aubert.

Perubahan besar terjadi ketika zaman es berakhir sekitar 20.000 tahun yang lalu. yang menyebabkan gaya baru seni cadas yang berfokus pada dunia manusia. Para seniman pada periode ini lebih menyukai warna gelap murbei-ungu dan lukisan tangan yang di cat. tanda-tanda abstrak dan figur mirip manusia yang memakai hiasan kepala yang rumit dan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti berburu atau tarian ritual kata para peneliti.


"Kami tidak tahu apakah jenis-jenis seni gua yang berbeda ini berasal dari dua kelompok manusia yang berbeda atau apakah itu mewakili evolusi budaya tertentu," kata Aubert. "Kami sedang merencanakan penggalian arkeologi di gua-gua itu untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang para seniman yang tidak dikenal ini,".

LUKISAN HEWAN TERTUA DI DUNIA
Tangan-tangan berwarna murbei ini di lukis diatas stensil tangan yang lebih tua dan kemerahan yang ditemukan di Gua Indonesia. Kedua gaya ini diciptakan setidaknya sekitar 20.000 tahun yang lalu. Gambar: Kinez Riza.

Fase terakhir seni cadas termasuk figur manusia. perahu dan desain geometris yang kebanyakan digambar dengan pigmen hitam, kata para peneliti. Jenis seni ini ditemukan ditempat lain di Indonesia yang mungkin berasal dari petani Neolitik Asia yang pindah ke wilayah ini sekitar 4.000 tahun yang lalu, kata para peneliti.

Selama zaman es berakhir, Kalimantan, Pulau Terbesar Ketiga Di Dunia berada di tepi paling timur di Eurasia.

"Sekarang tampaknya bahwa dua provinsi seni gua di Indonesia muncul pada saat yang sama di pelosok-pelosok terpencil Eurasia Paleolitik Satu di Eropa dan dua di Indonesia di ujung zaman es ini," kata rekan peneliti Adam Brumm, seorang rekanan Profesor arkeologi di Griffith University.

Ada kemungkinan bahwa seni cadas menyebar dari Eurasia ke Pulau Sulawesi, Indonesia, tempat gambar babi rusa berada, sebelum menjajah manusia menyebar lebih jauh ke tempat-tempat lain di bumi seperti ke Australia, kata Aubert.


Temuan baru Lukisan Hewan Tertua di Dunia ini menunjukkan bukti lebih lanjut bahwa "seni paling awal terdiri dari hewan besar dicat dengan gaya yang sangat naturalistik, dengan penekanan pada otot dan bentuk tubuh hewan," kata Susan O'Connor, seorang profesor arkeologidi College of Asia & Pasific di Australian National University, yang tidak terlibat dengan penelitian.

LUKISAN HEWAN TERTUA DI DUNIA
Lukisan Gua ini berusia sekitar 13.600 tahun yang lalu yang mungkin mereka tertarik pada ketinggian maksimum Glasial terakhir, sekitar 20.000 tahun yang lalu. Gambar: Pindi Setiawan.

Lokasi lukisan kuno hewan tertua di dunia dan lukisan tangan in mungkin menandai perjalanan manusia modern pertama saat mereka bergerak melalui daratan Asia dan keluar ke Pulau Wallacea, yang berada di antara daratan dan benua kontimental (Australia dan New Guinnea yang bergabung pada saat ini). Mereka mungkin telah menggunakan seni untuk menandai dan memanusiakan bentang alam baru dan asing ini.

Seni Lukisan Kuno Hewan Tertua Di Dunia yang baru ditemukan ini cocok dengan gambaran yang muncul dari manusia purba Homo Sapien yang meninggalkan Afrika antara sekitar 70.000 - 60.000 tahun yang lalu dan begitu mereka menyebar di seluruh  Eurasia, mereka berkembang, setelah sekitar 40.000 tahun yang lalu keinginan atau kemampuan untuk menghasilkan seni figuratif,", Christopher Henshilwoodm, Direktur Pusat Perilaku Sapiens Awal di Universitas Bergen di Norwegia yang tidak terlibat dengan penelitian ini mengatakannya kepada LiveScience.com. 


Temuan Lukisan Hewan Tertua Di Dunia dari Indonesia ini telah menambah pengetahuan kita tentang evolusi seni figuratif yang mungkin yang pertama di Asia, kemudian di Eropa dan Afrika. (Seni Lukis Hewan Tertua Di Afrikatelah ada sejak 30.000 tahun yang lalu di Gua Apollo 11 di Namibia).

       .                  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook