CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI PADA TUBUH

Mahessa Update | Sebelum kita membahas cara menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh kita, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu. 

KADAR KOLESTEROL TINGGI

Menurut wikipedia, Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan di sirkulasikan dalam plasma darah. Ini juga merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids adalah lipid yang memiliki unsur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.


Hiperkolesterilemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah dan hal ini bisa menjadi pemicu berbagai jenis penyakit. Akan tetapi, tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolesterol yang termasuk dalam katagori LDL saja yang berakibat buruk bagi tubuh sedangkan jenis kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kadar kolesterol dalam tubuh adalah sekitar 160-200 mg. 

Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Banyak faktor yang menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut penyebab tingginya kadar kolesterol pada tubuh menurut aldodokter.com.
  • Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat yang memiliki kadar lemak jenuh tinggi seperti mentega, kunimg telur, biskuit, keju, krim atau santan.
  • Kurangnya berolahraga atau beraktivitas. Kondisi ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Merokok. Dalam rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dalam tubuh menuju hati untuk dibuang, sehingga dapat terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.
  • Obesitas.
  • Memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjartiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), liver, ginjal. Mengobati penyakit ini dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, resiko kadar kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.
Tanda-Tanda Anda terkena Kadar Kolesterol Tinggi

Setiap orang seharusnya memiliki kadar kolesterol antara 16o-200 mg. Jika sudah melebihi angka 240 mg, kadar kolesterol Anda sudah termasuk kedalam fase berbahaya yang bahkan dapat mengakibatkan penyakit stroke, jantung hingga kematian.  


Berikut tanda-tanda kadar kolesterol tinggi dan terbilang cukup parah.

Gampang kesemutan

Biasanya kesemutan terjadi karena duduk yang terlalu lama dan sering mengalami kesemutan.merupakan tanda-tanda kadar kolesterol Anda tinggi. Jika hal ini terjadi segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 


Gampang Mengantuk


Mengantuk akibat kurang tidur adalah hal yang sudah biasa. Tetapi bagaimana jika Anda sudah melakukan tidur yang cukup tapi masih gampang mengantuk? Kondisi ini bisa terjadi akibat kurangnya suplai oksigen ke otak yang terjadi akibat endapan kolesterol yang cukup tinggi pada saluran darah Anda.  

Pundak atau tengkuk terasa pegal dan kaku
KADAR KOLESTEROL TINGGI
Orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi biasanya akan mengalami pegal dan kaku pada area pundak dan tengkuk. Kondisi ini disebabkan oleh munculnya tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan.

Kaki dan Tangan terasa nyeri atau linu

Selain mengalami pegal dan kaku pada pundak atau tengkuk, orang yang mengalami kolesterol tinggi juga akan mengalami rasa sakit pada kaki kaki dan tangan. Apabila Anda mengalami kondisi seperti ini segeralah melakukan pemeriksaan. 

Pusing di kepala bagian belakang

Kepala terasa berat pada bagian belakang Anda juga wajib Anda waspadai akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh Anda. Kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah di sekitar otak yang apabila tidak segera di atasi dapat berakibat fatal yaitu pecahnya pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit Stroke.

Kuku kecokelatan dan menebal

Akibat terganggunya sirkulasi darah akibat kadar kolesterol tingg, maka kuku kaki atau tangan juga akan mengalami perubahan seperti menebal, berwarna kecokelatan dan tidak bisa tumbuh. Hati-hatilah jika Anda mengalami hal seperti ini. 


Badan terasa nyeri dan kram saat bangun tidur.

Saat bangun tidur, badan terasa tidak nyaman dan terasa nyeri dan kram. Namun rasa itu segera menghilang saat kita menggerakan anggota tubuh. Kondisi ini patut di waspadai akibat kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

Nyeri Pada Dada

Ciri-ciri terakhir orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi adalah sering mengalami nyeri pada dada. Nah, jika Anda mengalami kondisi seperti ini segeralah melakukan pemeriksaan agar tingkat kadar kolesterol tidak menjadi semakin tinggi.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Selain kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan dengan dengan simvastatin, tetapi sivastatin memiliki efek samping dapat menimbulkan katarakatau memperburuk katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini. Anda juga bisa menggunakan Atorvastatin yang lebih sedikit efek sampingnya. Selain kedua obat diatas, Anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman dibawah ini,

Jeruk Nipis

Minumlah air jeruk nipis setiap pagi dan malam hari karena jeruk nipis kaya akan flavonoid yang berindak sebagai antioksidan yang sangat kuat yang dapat membantu tubuh Anda dari radikal bebas. terutama molekul yang dapat merusak sel-sel sehat. 

Jus Anggur

MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI

Kandungan anti-oksidan peceatannol dan resveratrol dapat menghasilkan fitonutien pada buah Anggur. Hal ini telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri banyak mengandung flavonoid yang tentu saja dapat bertindak sebagai anti-oksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda.

Jus Jambu Merah

Jambu Merah banyak mengandung anti-aksidan yang tinggi buat tubuh Anda seperti fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium dan lain sebagainya. Maka dari itu mulai sekarang minumlah Jus Jambu Merah secara rutin.

Kulit Manggis

Selain buahnya yang terasa manis dan nikmat untuk dikonsumsi, Kulit Manggis juga memiliki banyak khasiat buat tubuh kita yang salah satunya adalag dapat menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi pada tubuh Anda.
Kulit Manggis banyak mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kankier dan anti-oksidan. 

Bekatul

MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI


Apakah Anda tahu dengan Bekatul? Bekatul merupakan sisa penggilingan padi kedua saat padi digiling saat kulit padi terpisah dari kulitnya. Bekatul memiliki kandungan tokotrienol yang dapat menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk mempelancar pencernaan.

Caranya adalah kukus bekatul selama sekitar 30 menit lalu keringkan dan siap untuk dikonsumsi atau Anda bisa dengan cara disangrai tanpa minyak selama sekitar 10 menit yang kemudian Anda konsumsi. 

Olahraga

Telah banyak yang membuktikan bahwa selain dapat menyehatkan tubuh, dengan berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Olahraga ringan seperti bersepeda, jalan sehat, jogging, berenang secara rutin dan teratur kadar kolesterol baik Anda akan meningkat dan dapat membunuh kolesterol jahat pada tubuh Anda.

Nah itulah Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi pada tubuh Anda, Semoga bermanfaat. 




     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook