10 KOTA TERTUA DI DUNIA YANG MASIH BERDIRI HINGGA SEKARANG

Mahessa Update | Artikel ini berisi daftar kota-kota masa kini yang telah ada sejak zaman kuno dan kota-kota ini masih tetap berdiri hingga sekarang. Kota-kota Tertua di Dunia ini memiliki bangunan dengan arsitektur yang sangat indah dengan cerita-ceritanya yang sangat luar biasa. Namun sangat sedikit kota kuno yang masih berdiri hingga kini, Ada sedikit ketidaksepakatan tentang catatan sejarah, Jadi kami telah menambahkan beberapa kota ke daftar 10 Kota Tertua Di Dunia karena makna agama atau budaya setempat.


Berikut 10 Kota Tertua Di Dunia yang masih berdiri hingga sekarang yang kami lansir dari laman wonderlist.com.  

1. Yericho, Wilayah Palestina

KOTA TERTUA DI DUNIA

Yericho adalah sebuah kota di Palestina yang terletak di tepi Sungai Yordan di tepi barat. Kota ini pernah di duduki oleh Yordania pada tahun 1948 hingga 1967. Kontrol administrasi diserahkan kepada Otoritas Palestina pada tahun 1994. Kota ini dikenal dengan tradisi Yahudi-Kristen sebagai tempat kembalinya orang Israel dari perbudakan di Mesir yang dipimpin oleh Joshua, penerus Musa. Para arkeolog telah menggali sisa-sisa lebih dari 20 pemukiman di Jericho. Yang pertama berasal dari 11.000 tahun yang lalu (9.000 SM) atau hampir sampai pada awal periode Holocene dalam sejarah Bumi.

2. Byblos, Lebanon

KOTA TERTUA DI DUNIA

Kota Tertua Di Dunia selanjutnya adalah Byblos di Lebanon. Kora ini didirikan oleh Gebal oleh Fenisia. Byblos diberi nama oleh orang-orang Yunani yang mengimpor papirus dari kota. Wilayah ini adalah sebuah kota Mediterania di Gunung Lebanon, Gubernuran Lebanon masa kini di bawah nama Arab Jubayl saat ini dan juga disebut sebagai Gibelet selama Perang Salib. Kota ini diyakini telah diduduki pertama kalinya pada tahun 8.800 SM hingga 7.000 SM. dan menurut fragmen yang dikaitkan dengan perang Pra-Trojan , Sejarawan Phoenician Sanchunniathon, kota ini dibangun oleh Cronus sebagai kota pertama di Phoenicia. Saat ini Byblos diyakini sebagai Kota Tertua Di Dunia yang dihuni terus menerus hingga sekarang.

3. Aleppo, Suriah

KOTA TERTUA DI DUNIA

Aleppo adalah salah satu kota tertua di dunia yang dihuni terus menerus hingga sekarang. Kota ini mungkin telah dihuni sejak milenium ke-6 SM. Kota paling padat di Syria dengan sekitar 4,4 juta orang, Aleppo didirikan sebagai Halab di sekitar 4,300 SM. Seperti situs kuno yang ditempati oleh kota modern ini hampir tidak tersentuh oleh para arkeolog. Kota ini berada dibawah kendali Hattite sampai sekitar 800 SM. Sebelum melewati Asyur, tangan Yunani dan Persia. Kota ini kemudian diduduki oleh Romawi , Bizantium dan Arab. Dikepung oleh Tentara Salib dan kemudian diambil oleh Mongol dan Ottoman.


4. Damaskus, Suriah

KOTA TERTUA DI DUNIA

Damaskus adalah ibukota dan kota terbesar kedua di Syria setelah Aleppo. Damaskus yang biasa dikenal di Suriah sebagai ash-Sham dan dijuluki sebagai Kota Melati, Dikutip oleh beberapa sumber sebagai kota tertua yang dihuni di dunia. Damaskus mungkin telah dihuni sejak awal 10.000 SM namun ini masih diperdebatkan. Hal ini menjadi penyelesaian penting setelah kedatangan orang Aram yang membangun jaringan kanal yang masih membentuk basis jaringan air modernnya. salah satu penaklukan Alexander Agung , Damaskus, sejak itu menjadi milik Romawi, Arab, dan Ottoman. Saat ini, Damaskus telah menjadi daya tarik wisatawan karena sejarahnya.

5. Susa, Iran

KOTA TERTUA DI DUNIA

Susa adalah kota kuno dari kerajaan Elam, Persia dan Parthia di Iran. Terletak di Pegunungan Zagros di sebelah timur Sungai Tigris, di antara Sungai Karkheh dan Sungai Dez. Dalam literatur bersejarah, Susa muncul dalam catatan Sumeria paling awal. mis di Enmenkar dan Tuhan Aratta itu digambarkan sebagai slah satu tempat yang patuh kepada Inanna, Dewa pleindung Uruk. 

Dalam sejarah Urban, Susa adalah salah satu kota tertua di dunia. Berdasarkan C14, Susa telah ada sejak 4395 SM. Kota modern Shush di Iran terletak di situs Susa Kuno. Shush adalah ibukota administratif Provinsi Shush Country di Khuzestan di Iran.

6. Faiyum, Mesir

KOTA TERTUA DI DUNIA

Faiyum adalah sebuah kota di Mesir Tengah terletak sekitar 130 kilometer barat daya Kairo. Tempat ini adalah ibukota dari Faiyum Givermorate modern. Kota ini menempati dari bagian situs kuno Crocodilopolis. Didirikan pada sekitar 4000 SM, Faiyum adalah kota tertua di Mesir dan salah satu kota tertua di Afrika. Sekarang, kota Faiyum terdiri dari beberapa bazaar besar, masjid dan pemandian. Sedangkan Piramida Lehim dan Hawara ditemukan di dekatnya.


7. Sidon, Lebanon

KOTA TERTUA DI DUNIA

Sidon adalah kota terbesar ketiga di Lebanon yang terletak di Govermorate selatan Lebanon di pantai Mediterania sekitar 40 kilometer sebelah utara Tyre dan 40 kilometer disebelah selatan ibukota Beirut. Kota ini merupakan salah satu kota penting dan mungkin yang tertua di dunia. Kota-kota Phoenician adalah basis kerajaan Mediterania yang hebat dari bangsa Fenisia tumbuh. Baik Yesus maupun St, Paulus dikatakan telah mengunjungi Sidon seperti yang dilakukan Alexander Agung yang merebut kota ini pada 333 SM.

8. Plovdiv, Bulgaria

KOTA TERTUA DI DUNIA

Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria setelah Sofia. Plovdiv pada mulanya merupakan pemukiman Trusia sebelum menjadi ibukota utama Romawi. Kota ini kemudian jatuh ke tangan Bizantium dan Ottoman. sebelum menjadi bagian negara Bulgaria. Kota ini adalah pusat budaya utama yang menawarkan banyak sisa-sisa kuno. seperti amfiteater Romawi dan saluran air serta pemandian Ottoman.

9. Gaziantep, Turki

KOTA TERTUA DI DUNIA

Gaziantep adalah sebuah kota di Turki tenggara dan di antara kota-kota tertua yang dihuni secara terus menerus di dunia. Kota ini terletak 185 kilometer timur laut Adana dan 127 kilometer melalui jalan utama Aleppo, Suriah. Sejarah Gaziantep meluas sa,mpai sejauh orang Het, Benteng Ravanda, Di pugar oleh Bizantium pada abad ke-6 ditemukan di pusat kota. sementara mosaik Romawi juga telah ditemukan.


10. Beirut, Lebanon

KOTA TERTUA DI DUNIA

Beirut adalah salah satu Kota Tertua di Dunia, Ibukota dan kota terbesar di Lebanon sebagai pusat budaya, administratif dan ekonomi. Sejarah Beirut dimulai sekitar 5.000 tahun yang lalu. Penggalian di kota ini telah menemukan sisa-sisa Fenisia, Helenistik, Romawi, Arab dan Ottoman. Sementara itu disebutkan dalam surat-surat kepada Firaun Mesir sedari abad ke-14 SM. Sejak berakhirnya perang sipil Lebanon, Beirut telah menjadi tempat wisata populer bagi wisatawan mancanegara.

   
             
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook