INDONESIA PENGHASIL SUMBER PANAS BUMI VULKANIK TERBESAR DI DUNIA

Indonesia Penghasil Sumber Panas Bumi Vulkanik Terbesar Di Dunia 


Gunung Bromo

Mahessa83 -Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.550 pulau besar dan kecil adalah rumah bagi 127 gunung berapi aktif. Negara yang terletak di lempeng perut bumi sudah menggunakan panas bumi vulkanik untuk upwelling magmatik yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Menurut laporan AFP, Pemerintah Indonesia telah mendorong untuk memperluas sektor energi panas bumi vulkanik sebesar 500 persen paa tahun 2025.

Jika berhasil, itu akan menghasilkan 7.200 megawatt listrik panas bumi yang menjadikan Indonesia sebagai negara produsen sumber tenaga listrik panas bumi vulkanik terbesar di dunia. Mari kita lihat mengapa insiatif ini sangat signitifkan.

Sama negara Islandia, negara kecil dengan populasi penduduk sekitar 323.000 orang memiliki banyak sumber panas bumi yang pada akhirnya 13 persen pasokan listrik di Islandia dihasilkan dari aktivitas gunung berapi.

Indonesia dan Islandia sangatlah beruntung, kedua negara ini memiliki kekuatan magmatik akan sumber panas bumi dari gunung berapi yang secara efektif dapat menghasilkan sumber pasokan listrik yang sangat besar.

Pembangkit Listrik Panas Bumi

Indonesia dengan populasi penduduk sekitar 250 juta orang, salah satu yang terbesar dari populasi dunia, Saat ini 88 persen pasokan sumber listriknya berasal dari bahan bakar minyak bumi yang membuatnya menjadi emisi besar bagi rumah kaca yang memiliki 7 jejak karbon terbesar memancarkan 641.000.000 ton (707 juta ton) karbon dioksida per tahun.

Menurut AFP, Indonesia memiliki sekitar 40 persen dari cadangan panas bumi dunia. Pemerintah telah memproduksi dari sumber ini dan menjadikan 3 produsen paling produktif di dunia melalui sumber panas bumi. Namun hingga saat ini pasokan dari sumber ini baru 0,6 persen digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Sukses dengan insiatif pembangunan sumber tenaga panas bumi vulkanik tidak berarti dapat melayani seluruh penduduk Indonesia, Tetapi jejak karbon yang dihasilkan selama ini bisa menurun secara drastis selama beberapa dekade dan ini merupakan kemenangan besar bagi perlindungan lingkungan dan kemanusiaan secara keseluruhan.

Sayangnya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi banyak tantangan dan rintangannya. Tidak seperti pembangkit listrik lainnya yang telah ada, Pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Selain besar dan populasi yang terus meningkat, birokrasi dan jaringan listrik yang lebih jauh dan luas, Pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi  ini mungkin agak sulit.

Namun demikian, trend global menuju gaya terbaru nampaknya tak dapat terhindarkan. Seperti antara tahun 1960-2013 kebutuhan energi sudah meningkat tajam di dunia dari 2,7 untuk 8,6 persen. Sementara cadangan bahan bakar minyak bumi telah menurun sekitar 94-81 persen.

Penentuan saat Amerika Serikat dan China, Dua penghasil emisi karbon terbesar di dunia, untuk inisiatif bahan panas bumi dapat diterima. Seiring dengan ratifikasi Perjanjian Paris, Prilaku ini meningkat pada negara-negara lainnya di dunia dengan adanya ketergantungan mereka pada bahan bakar minyak bumi. Sementara negara-negara yang lebih kecil seperti Kosta Rika sudah mampu memproduksi sumber panas bumi selama beberapa bulan ini dan menjadikan contoh yang baik bagi negara-negara besar lainnya.

Perubahan iklim merupakan ancaman yang dapat mempengaruhi segala sesuatu pada semua orang. Dan jika suatu negara dapat melakukan hal itu, segera bertindak. Indonesia yang banyak memiliki sumber panas bumi di dunia dengan 1.500 pulau-pulau yang bisa tenggelam akibat perubahan iklim, sekiranya cepat bertindak untuk memanfaatkan Sumber Panas Bumi Vulkanik nya melimpah.


sumber: iflscience.com


   

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook