POBITI KAMANI, HUTAN BATU PURBA DARI BULGARIA

Pobiti Kamani, Hutan Batu Purba Dari Bulgaria 


Hutan Batu Purba Pobiti Kamani

Mahessa83 - Pobiti Kamani adalah sebuah hutan batu purba yang terletak sekitar 18 kilometer ke arah barat dari kota Varna, Bulgaria. Daerah ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa yang disebut dengan Pobiti Kamani atau Hutan Batu sebuah reruntuhan dari kuil kuno atau pecahan dari pilar batu yang terbentuk secara alami.

Batu-batu ini tersebar pada kelompok-kelompok kecil di  suatu wilayah sepanjang 8 kilometer di sebelah utara Laut Hitam, Bulgaria. Tinggi Batu Hutan ini sangat bervariasi antara 5 hingga 7 meter dengan ketebalan 30 centimeter hingga 3 meter. Keunikan dari Batu Hutan ini adalah memiliki rongga yang terisi dengan pasir. Mereka tidak memiliki dasar yang kuat untuk menempel pada batuan dasar tetapui posisi batu-batu ini agak longgar ketika menginjak bumi.

Pobiti Kamani telah dikenal sejak zaman kuno tetapi baru dipublikasikan pertama kalinya oleh komunitas ilmiah pada tahun 1828. Sejak itu, puluhan teori telah berusaha menjelaskan terbentuknya Batu Hutan Purba Di Bulgaria seperti itu seperti karena pertumbuhan karang di Zaman Eosen.

Salah satu penjelasan yang masuk akal datang dari seorang ahli geologi Bulgaria bernama Peter dan Stefan Bonchev Gochev. Mereka percaya bahwa Batu Hutan Purba di Pobiti Kamani berasal dari Era Kenozoikum atau sekitar 50 juta tahun yang lalu ketika sebagian wilayah Eropa Timur masih tertutup oleh lautan. Sedimen dan lumpur menetap ke bagian dasar laut dan dikompresi menjadi batuan kapur. Beberapa waktu kemudian gas metan dari endapan kuno mulai merembes dari dasar laut. Dengan adanya gas yang bertekanan tinggi membuat mereka terbentuk batu kapur dengan bentuk yang panjang. 

Jutaan tahun kemudian ketika air laut surut, erosi lapisan kapur meninggalkan mereka terjebak ke dalam tanah.  Teori gas rembesan tidak menjelaskan semuanya, tetapi inilah teori terbaik yang dapat Anda pahami.

Pobiti Kamani telah dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2011 lalu.


sumber:amusingplanet   

 
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook