UKIRAN BUAYA UNTUK RITUAL KUNO MESOAMERIKA DITEMUKAN DI MEKSIKO

Ukiran Buaya Untuk Ritual Kuno Mesoamerika Ditemukan Di Meksiko  


Ukiran Buaya

Mahessa83 - Para arkeolog berhasil menemukan lempengan batu yang di ukir seperti sebuah batu ukiran buaya yang digunakan untuk Ritual Kuno Mesoamerika di tempat yang sekarang di sebut Oaxaca, Meksiko dekat sebuah kuil di reruntuhan kota Lambityeco, Meksiko.

Tim arkeologi yang berasal dari Field Museum di Chicago ini yang menyelidiki Lambityeco selama empat tahun ini selain berhasil menemukan Ukiran Buaya yang berasal dari tahun antara 500 - 850 AD juga berhasil menemukan dua buah istana, lukisan dinding yang salah satu dari mereka mengisyaratkan hubungannya dengan kota besar Monte Albon.

Dengan penemuan ini akan memberi petunjuk kepada para peneliti untuk mengetahui bahwa Lambityeco mungkin telah mulai menjauhkan diri dari tetangganya yang lebih kuat 

Ukiran Buaya Untuk Ritual Kuno Mesoameriaka ini ditemukan setelah membersihkan jalan tersembunyi yang mungkin telah dibarikade yang mungkin oleh penduduk Lambityeco ini berusaha untuk membentuk kembali kota mereka untuk mencerminkan dan merayakan kekuasaan dan pengaruh mereka terhadap Monte Alban, kata Gary Feinman, salah seorang dari tim arkeologi dan seorang kurator antropologi Mesoamerika di Museum Field.

Kepada LiveScience, Feinman mengatakan bahwa kelompok itu mencermati bagian dari situs yang berkaitan dengan penggunaan ritual masyarakat Lambityeco. Mereka terutama tertarik pada pengadilan bola pra-hispanik, ruang santai yang baik dan seremonial yang diakui memiliki makna khusus dalam masyarakat Mesoamerika.

Selama pekerjaan yang dilakukan sejak tahun 2015 lalu, pada penggalian pertama, tim arkeologi melihat sesuatu yang aneh seperti pengadilan bola dengan akses ke pengadilan dan tata letak secara keseluruhan yang tampaknya telah berubah dari kontruksi aslinya saat masih digunakan.

"Tangga mengarah keluar dengan pengadilan bola yang telah hancur serta ada batu kerikil sungai menumpuk untuk memblokir jalan menuju tangga," kata Feinman.

Karena penasaran, para peneliti kemudian menyelidiki dan menemukan jalan dengan guci besar di sepanjang jalan. Ketika mereka kembali pada tahun 2016 untuk melihat apa lagi yang mereka bisa temukan disepanjang jalan ini, Mereka akhirnya menemukan Ukiran Buaya pada sebuah bangunan di sisi sebelah timur.

Artefak Ukiran Buaya ini menunjukkan bahwa ini digunakan untuk Ritual Kuno. Feinman menjelaskan di dekatnya terdapat arang, potongan tengkorak manusia yang terbakar, pecahan keramik yang digunakan sebagai dupa.

Pengadilan Bola dipandang sebagai akses menuju dunia bawah untuk keluar dari neraka. Dimana tempat ini dijadikan sebagai akses menuju dunia supranatural.

Pengandilan Bola Lambityeco pada awalnya adalah salinan hampir sempurna dari Monte Alban. Namun arkeolog menemukan bahwa sekitar 150 tahun setelah pengadilan bola dibangun kemudian dimodifikasi untuk mempersingkat dan mengubah pintu masuk dari utara ke timur laut. 

"Kami berpikir ketika masyarakat mengadakan ritual kuno sekitar 500 AD, Ada hubungan yang kuat antara orang-orang di Lambityeco dengan orang-orang yang memerintah di Monte Alban, yang kemudian setelah 150 tahun kemudian hubungan ini berubah," kata Feinman.

Menariknya Ukiran Buaya yang ditemukan ini secara luas dikaitkan dengan Kalender Mesoamerika yang memegang peranan penting dalam penciptaan. Hal itu juga menunjukkan bahwa orang-orang yang tinggal di Oaxaca pernah melihat buaya hidup yang terkurung di daratan sebuah lembah. Ukiran Buaya ini merupakan ukiran  batu dari binatang sungai yang menakjubkan yang kemungkinan paling dekat adalah penduduk Lambityeco pernah datang dan melihat hewan Buaya secara nyata.

 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook