7 ZAT BERBAHAYA YANG TERKANDUNG DALAM SEBATANG ROKOK

7 Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Sebatang Rokok  


Zat Berbahaya pada rokok

Mahessa83 - Tahukah Anda bahwa dalam sebatang rokok terdapat lebih dari 7 Zat Berbahaya serta terkandung 600 jenis bahan kimia yang apabila terbakar sejumlah bahan kimia tersebut akan terurai menjadi lebih dari 7000 jenis yang bahkan 69 jenis zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan terjadinya penyakit kanker.

Mau tau 7 Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Sebatang Rokok? Yuk ikuti ulasannya dibawah ini.

1. Nikotin

Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan dari tembakau. Nikotin merupakan racun saraf yang sangat potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis inteksida. Nikotin dapat membuat perokok "nagih" dalam waktu singkat karena dapat mencapai otak dalam waktu 6 detik sejak di hisap.

Dalam jumlah kecil Nikotin berfungsi sebagai stimulan otak. Namun jika di konsumsi dalam jumlah besar Nikotin dapat menyebabkan depresi pada otak. memperlambat pengiriman sinyal antar sel otak, hingga akhirnya dapat meracuni jantung, pembuluh darah dan merusak hormon dalam tubuh serta menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker. 

2. Aseton

Aseton yang juga dikenal sebagai propanon, dimetil keton, 2-propanon, propanon-2-on, dimetilformaldehida dan  β-ketopropana adalah senyawa berbentuk cairan yang tidak berwarna dan mudah terbakar. Aseton adalah zat kimia yang terkadung dalam cairan pembersih cat kuku dan komponen pembuat lem super. Paparan Aseton dapat membuat iritasi pada mata dan saluran pernafasan.

3. Amonia

Amonia adalah zat kimia dengan rumus NH3. Zat Amonia biasanya digunakan sebagai obat-obatan, bahan campuran pupuk urea dan bahan pembuatan amonium klorida pada baterai, asam nitrat, zat pendingin, membuat hidrazin sebagai bahan bakar roket, bahan dasar pembuatan bahan peledak, kertas plastik dan detergen dan jika dilarutkan ke dalam air maka zat tersebut akan dapat menjadi bahan pembersih alat perkakas rumah tangga. Zat Berbahaya yang terdapat dalam kandungan sebatang rokok sangat tidak baik buat kesehatan tubuh manusia.

4. Arsen

Arsen adalah zat berbahaya berupa bahan kimia beracun yang terdapat dalam tanah, logam dan umumnya digunakan untuk racun tikus. Selama ini arsen diketahui berkontribusi terhadap terjadinya kanker paru, kulit, kandung kemih, hati dan ginjal.  

5. Kadmiun

Kadmiun merupakan salah satu logam berat yang sangat berbahaya dan beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Kadmiun berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu yang panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya pada hati dan ginjal. Selain pada rokok, Kadmiun juga banyak terkandung  pada bahan pembuatan baterai, logam, plastik dan kain. 

6. Formaldehida

Senyawa kimia formaldehida juga disebut matanal atau formalin merupakan aldehida yang berbentuk gas dan cair. Formaldehida biasa digunakan untuk mengawetkan jenazah, Selain itu formaldehida banyak digunakan sebagai bahan pembuat lem dan disinfektan, triplek, karpet, bursa semprot dan isolasi.

Dalam tubuh manusia formaldehida dapat meningkatkan keasaman darah, tarikan nafas menajdi pendek, hipertemia, koma hingga kematian.

7. Tar

Tar adalah zat berbahaya sebagai bahan yang digunakan untuk pembuat aspal jalanan. Semakin lama rokok terbakar semakin kandungan tar yang masuk ke dalam tubuh. Tar adalah bahan yang menyebabkan pewarnaan cokelat pada gigi perokok. Selain itu tar juga dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru.

zat berbahaya pada rokok

Nah itulah 7 Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Sebatang Rokok yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Mulai sekarang hentikanlah kebiasaan merokok agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.


Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook