7 TELESKOP TERBESAR DI DUNIA SIAP MEMANTAU ANGKASA

7 Teleskop Terbesar Di Dunia Siap Memantau Angkasa  


Teleskop Terbesar Di Dunia Siap Memantau Angkasa

Mahessa83 - Teleskop atau teropong adalah sebuah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dan benda yang diamati. Teleskop merupakan alat paling penting dalam dunia astronomi. Sehingga banyak sudah Teleskop Terbesar Di Dunia dibangun untuk lebih detail mengamati jagad raya ini.

Salah satunya adalah Teleskop Five hundred meter Apertur Spherical Telescope (FAST) yang dibangun oelh penmerintah China. Teleskop ini merupakan Teleskop Terbesar Di Dunia saat ini yang dapat menelusuri dan meneliti keberadaan alien.

Berikut 7 Teleskop Terbesar Di Dunia yang Mahessa Update rangkum dari beberapa sumber.

1. Five hundred meter Apertur Spherical Telescope (FAST)

Five hundred meter Apertur Spherical Telescope (FAST)

Five-hunder-meter Aperatur Spherical Telescope (FAST) adalah sebuah radio Teleskop Terbesar Di Dunia yang dibangun oleh pemerintah China seharga 180 juta dollar. Teleskop ini digunakan untuk mencari dan meneliti keberadaan alien. Teleskop yang dibangun di barat daya Provinsi Guizhou terdapat 4.450 panel yang digunakan sebagai reflektor yang besarnya 30 kali lapangan sepakbola seperti yang kami rilis dari Chinese Academu of Sciences.

Tidak seperti teleskop optik yang hanya mengumpulkan data dan cahaya, teleskop ini juga dapat mendeteksi frequensi radio, termasuk dari objek langit, putaran bintang neutron dan keaktifan galaksi. Dengan diameter sekitar 1.640, FAST dapat mengalahkan Arecibo Observatory di Puerto Rico yang sebelumnya memegang rekor dengan diameter 1.000 kaki.

Selain dapat membantu para Astronom untuk melakukan survei hydrogen yang ada di galaksi, mendeteksi molekul di ruang angkasa, mencari gelombang radio natural dari planet yang mengorbit pada bintang lain dan mencari sinyal dari radio yang menunjukkan keberadaan alien, Five hundred meter Apertur Spherical Telescope juga berpotensi untuk menelusuri keberadaan alien.

2. Observatorium Arecibo

Observatorium Arecibo

Observatorium Arecobo adalah salah satu Teleskop Terbesar Di Dunia yangterletak 9 mil sebelah tenggara Arecibo, Puerto Rico. Radio teleskop bergaris tengah 305 meter milik observatorium ini merupakan radio teleskop dengan aperture (bukan lensa) tunggal terbesar yang pernah dibangun. Teleskop ini difungsikan untuk penelitian radio astronomi, aeronomi dan pengamatan radar terhadap objek-objek tata surya.

Teleskop Arecibo dikenal karena ukurannya yang besar. Piring penerima utama yang disangga oleh kabel-kabel baja mempunyai garis tengah 305 meter yang menjadikannya terbesar kedua di dunia setelah FAST. Permukaan piring penerimanya terdiri dari 38.778 panel alumunium yang masing-masing berukuran sekitar 1 x 2 meter. 

3. European Extremely Large Telescope (E-ELT)

European Extremely Large Telescope (E-ELT)

European Extremely Large Telecsope (E-ELT) adalah salah satu Teleskop Terbesar Di Dunia lainnya yang terletak di atas Cerro Armazones di Gurun Atacama, Chili utara. Teleskop ini memiliki cermin utama berdiameter 39,3 meter dan cermin sekunder berdiameter 4,2 meter serta didukung oleh optik adaptif, 6 unit laser serta beberapa instrumen ilmu pengetahuan lainnya. 

Observation ini dibangun dengan tujuan mengumpulkan 13 kali lebih banyak cahaya dibandingkan dengan Teleskop Terbesar Di Dunia lainnya, mengoreksi distorsi atsmofer dan memberikan gambar 16 kali lebih tajam dari teleskop Hubble Space Telescope milik NASA.

4. Hubble Space Telescope

Hubble Space Telescope

Hubble Space Telescope adalah Teleskop Terbesar Di Dunia lainnya milik NASA. Teleskop yang diluncurkan ke ruang angkasa pada tahun 1990 ini memiliki diameter 2,4 meter dengan berat 826 kilogram. Teleskop ini memiliki panjang 13,1 meter, berdiameter 4,27 meter serta berat 11.000 kilogram. 

Berkat Hubble Space Telescope, Kita dapat memahami alam semesta dan objek luar angkasa yang sangat jauh dan dapat menunjukkan bahwa ekspansi alam semesta mengalami percepatan.

5. Thirty Meter Telescope

Thirty Meter Telescope

Thirty Meter Telescope adalah salah satu Teleskop Terbesar Di Dunia yang dibangun di puncak Gunug Mauna Kea, Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Teleskop berbasis cahaya ini memiliki diameter hingga 10 meter. 

Teleskop yang diablut dengan alumunium untuk mempertahankan kestabilan suhunya ini diharapkan mampu membuat ahli astronom mampu mengamati lebih banyak objel langit yang memiliki jarak sangat jauh dari Galaksi Bimasakti. Dengan kemampuannya untuk menangkap cahaya lebih baik ketimbang Teleskop Terbesar Di Dunia lainnya. Planet-planet tua dan lubang hitam yang terbentuk dimasa awal jagad raya bisa dilihat dengan sangat jelas.

6. James Webb Space Telescope (JWST)

James Webb Space Telescope (JWST)

Teleskop Raksasa James Webb Space Telescope ini akan beroperasi di angkasa bersama dengan Hubble Space Telescope yang telah ada. James Webb Space Telescope ini akan diluncurkan oleh NASA pada tahun 2018 yang akan datang. Tidak seperti pada teleskop luar angkasa lainnya seperti Hubble Space Telescope, JWST dibuat agar mampu mendeteksi sinar infra merah yang dilontarkan oleh objek-objek luar angkasa lainnya. 

Kemampuan James Webb Space Telescope diperkuat dengan lensa berdiameter 3 kali lipat lebih besar dari Teleskop Hubble. Sinar Infra merah dipercaya menjadi indikasi panas dari planet luar galaksi. Panas planet dibutuhkan untuk untuk observasi ketika cahaya yang dipantulkan oleh planet-planet itu sulit untuk ditangkap. 

Teleskop ini tidak mendapat pengaruh negatif dari efek distorsi dari Bumi karena di desain untuk terbang di angkasa yang tidak hanya melayang di orbit Bumi.

7. Giant Magellan Telescope (GMT)

Giant Magellan Telescope (GMT)

Giant Magellan Telescope adalah salah satu Teleskop Terbesar Di Dunia yang dibangun di Chile yang diperkirakan akan selesai pembangunnya pada tahun 2025 yang akan datang. Teleskop ini terdiri dari tujuh cermin utama berdiameter 8,4 meter serta cermin sekunder berdiameter 24,5 meter yang setara dengan luas 328 meter persegi.

Teleskop Giant Magellan diharapkan mampu memiliki kekuatan 10 kali lebih besar dari Hubble Space Telescope dan akan menjadi Observatorium optik terbesar di dunia. Proyek ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar $ 1000000000 yang dipin oleh Amerika Serikat dan bekerjasama dengan Australia, Brazil dan Korea dengan Chile sebagai negara tuan rumah.

Nah itulah 7 Teleskop Terbesar Di Dunia Siap Memantau Angkasa dan alam semesta lainnya. Sehingga kita dapat mengetahui beberapa rahasia yang ada di langit.
   
     
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook