7 BUAH TERBESAR DI DUNIA

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

7 Buah Terbesar Di Dunia  


7 Buah Terbesar Di Dunia

Mahessa83 - Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah yakni sebagai pemencar biji tumbuhan hingga mereka dapat tumbuh sangat besar dan berat.

Banyaknya fenomena unik dan menarik yang sering terjadi tanpa di duga di dunia, tak terkecuali pada dunia buah terbesar dibawah ini. Buah-buah ini dapat tumbuh dengan cara yang tidak biasa dan memiliki ukuran yang sangat besar.

Berikut 7 Buah Terbesar Di Dunia yang kami lansir dari beberapa sumber.

1. Bengkuang Terbesar Di Dunia

Bengkuang Terbesar Di Dunia

Bengkuang atau Bengkoang (Pachyrhizus Erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker sebagai penyegar wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini termasuk dalam jenis polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya tumbuhan ini dikenal dengan Xicama atau Jicama. 

Temuan sebuah Bengkuang Terbesar Di Dunia seberat 21 kilogram sempat menghebohkan wargaLereng Gunung Merapi di Giyanti II, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Bengkuang yang memiliki diameter 129 centimeter ini memiliki panjang 47 centimeter dan tinggi 30 centimeter ditemukan warga secara tidak sengaja. Bengkuang ini ditemukan warga kala kerja bakti membangun saluran irigasi di dusun setempat.

2. Labu Terbesar Di Dunia

Labu TerbesarDi Dunia

Labu merupakan buah yang dihasilkan oleh sejumlah suku labu-labuan (Cucurbitaceae) terutama yang berukuran cukup besar dan berbentuk bulat atau memanjang. Tidak ada kriteria yang jelas mengenai pemanfaatannya. Sehingga Labu dapat dimakan segar atau diolah terlebih dahulu.  

Dua saudara kembar asal Inggris, Ian dan Stuart Parton berhasil membudidayakan Labu Terbesar Di Dunia. Pria asal Pennington, Inggris memperkirakan bobot Labu yang mereka panen dapat mencapai 1,6 ton atau memiliki ukuran 160 kali lebih besar dari Labu pada umumnya.

Meski mereka sudah memanen Labu yang sedemikian besar, namun mereka berdua menargetkan mengembangkan Labu hingga seberat 2 ton. Untuk Anda ketahui bahwa rekor Labu Terbesar Di Dunia saat ini adalah 1,5 ton.

3. Pohon Pisang Terbesar Di Dunia

Pohon Pisang Terbesar Di Dunia

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir. Hampir semua Buah Pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang. Meskipun ada juga yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hitam. Buah Pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutama kalium. 

Pohon Pisang Terbesar Di Dunia dengan tinggi mencapai 25 meter serta berdiameter 3 meter terdapat di Fak-fak, Papua, Indonesia. Untuk mencapai lingkaran pohon pisang ini diperlukan dua orang untuk memeluknya. Besar pohon pisang berukuran raksasa ini memiliki daun sepanjang 5 meter serta lebar 1,6 meter.

4. Tomat Terbesar Di Dunia

Tomat Terbesar Di Dunia

Tomat (Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan yaitu dari negara Meksiko hingga ke Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat yang dapat tumbuh hingga 1 - 3 meter. 

Tumbuhan ini memiliki buah berwarna merah, hijau atau kuning. Buah ini biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan langsung tanpa proses.    

Ahli botani asal Inggris, Simon Crawford berhasil mengembangkan varietas Buah Tomat Terbesar Di Dunia. Tomat yang dihasilkan dapat mencapai bobot 1,3 kilogram dengan diameter 25 centimeter atau 12 kali lebih besar daripada tomat pada umumnya. Tomat yang dinamakan Gigantomo atau Tomat Raksasa dapat disajikan untuk empat orang.

Dalam satu pohon bisa tumbuh 11 buah Gigantomo. Dengan menggunakan sebuah penahan pohon untuk mencegah tanaman mati akibat terseret bobot buahnya.

5. Pear Terbesar Di Dunia

Pear Terbesar Di Dunia

Pir atau Pear adalah sebutan pohon dari genus Pyrus dan buah yang dihasilkan. Beberapa spesies Pohon Pir menghasilkan buah yang enak dimakan karena banyak mengandung air, masir dan rasanya manis.

Para siswa SMS dari Tajima, Perfektur Hyogo, Jepang berhasil memanen Buah Pir seberat 3.080 gram jenis Atago. Sementara rekor Buah Pear Terbesar Di Dunia saat ini juga dari Jepang, Di Kota Toyota Aichi dengan bobot 2,948 gram. Hasil panen buah pir raksasa ini mengejutkan para siswa disana.

6. Semangka Terbesar Di Dunia


Semangka Terbesar Di Dunia

Semangka atau Tembikai (Citrullus Lanatus) adalah tanaman merambat adalah tanaman merambat yang berasal dari setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah Semangka memiliki kulit yang keras berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. tergantung kultivarnya daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. 

Seorang petani dari Desa Baroh Kuta Batee, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara , Indonesia berhasil memanen buah Semangka Terbesar Di Dunia dengan berat 104,5 kilogram di kebun miliknya.

7. Ketela Terbesar Di Dunia


Ketela Terbesar Di Dunia

Ketela merupakan tumbuh-tumbuhan yang termasuk dalam kelas umbi-umbian. Dengan berat yang dapat mencapai 12 Kilogram, Ketela Raksasa ini berhasil dipanen oleh seorang petani dari selatan kota Tyre, Lenanon. Petani yang bernama Samhat Khalil awalnya tidak mengira bahwa Ketela yang dipanennya merupakan Buah Terbesar Di Dunia dari jenis Ketela dan masuk Guinnes World Record.

Nah itulah 7 Buah Terbesar Di Dunia yang berhasil dipanen oleh beberapa petani dan ahli botani dari seluruh dunia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bahan untuk para petani lainnya untuk dapat memanen buah lebih besar lagi.

 

   

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "7 BUAH TERBESAR DI DUNIA"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.