MENGENAL STRUKTUR DAN BUDAYA CINA

Mengenal Struktur Dan Budaya Cina 


Perayaan adat Cina

Mahessa83-Cina adalah negara yang sangat besar, dengan kebiasaan dan tradisi rakyatnya yang bervariasi oleh geografi dan etnis.

Lebih dari 1 miliar orang yang tinggal di Cina memiliki 56 kelompok etnis minoritas. Kelompok terbesar adalah Cina Han dengan sekitar 900 juta orang. Kelompok lainnya adalah termasuk Tibet, Mongol, Manchu, Naxi dan Hetzen.

Secara signitifkan, masyarakat Cina menciptakan budaya mereka sendiri, kata Christina de Rosi seorang antropolog di Barnet dan Southgate College, London. Budaya mereka termasuk agama, makanan, gaya hidup, bahasa, pernikahan, musik, moral dan banyak hal lainnya membuat bagaimana kelompok ini bertindak dan berinteraksi.

Berikut ini beberapa gambaran singkat tentang Struktur dan Budaya Cina dari beberapa unsur.

1. Agama


Patung Konghucu
Partai Komunis Cina yang memerintah secara bertahap menjadi lebih toleran terhadap agama-agama lain yang ada. Menurut Dewan Hubungan Luar Negeri, Saat ini di negara Cina hanya ada 5 Agama resmi selain Budha, Taoisme, Islam, Katolik dan Protestan. Meskipun secara konstitusi Cina menyatakan bahwa orang-orang di perbolehkan memilih kebebasan dalam beragama, Toleransi beragama baru berkembang dalam beberapa dekade belakangan ini.

Sekitar seperempat dari pemeluk Taoisme dan Konfusianisme dan agama-agama tradisional lainnya, Ada juga sejumlah kecil ummat Budha, Islam dan Kristen. Meskipun banyak Kementrian Protestan dan Katolik telah aktif di negara itu sejak awal abad ke-19, Mereka telah membuat sedikit kemajuan dalam mengkonversi Cina untuk agama-agama ini.

2. Bahasa


Ada tujuh kelompok utama dari dialek Bahasa Cina yang masing-masing memiliki variasi sendiri. Menurut Mount Holyoke College, Mandarin adalah dialek yang dituturkan oleh 71,5 populasi di Cina di ikuti oleh Wu (8,5 persen), Yue (5 persen) Xiang (4,8 persen), Man (4,1 persen), Hakka (3,7 persen), dan Gan (2,4 persen).

Bahasa nasional resmi Cina Mandarin, Bahasa Mandarin di ucapkan di Ibukota Beijing menurut Orde Presiden Republik Rakyat Cina banyak juga orang Cina yang fasih berbahasa Inggris.

3. Makanan


Seperti aspek lainnya dalam kehidupan Cina, Masakan sangan berpengaruh dengan letak geografis dan keragaman etnis. Di antara gaya makanan Cina Kanton yang menampilkan masakan tumis dan Szechuan, yang sangat bergantung pada penggunaan kacang, pasta wijen dan jahe yang dikenal dengan rasa pedasnya.

Beras tidak hanya sumber utama makanan Cina, Tetapi juga merupakan elemen utama yang membantu masyarakat untuk tumbuh menurut Pathways to Asian Civilization menelusuri asal dan penyebaran budaya padi dan beras. Menurut sebuah artikel pada tahun 2011, Kata Cina untuk beras adalah Fan yang juga berarti "makan". dan itu adalah yang pokok dalam diet mereka. Seperti juga tauge, kubis dan daun bawang. Karena mereka tidak banyak mengkonsumsi banyak daging. Mereka hanya kadang-kadang mengkonsumsi daging babi atau ayam. Tofu merupakan sumber utama Protein untuk orang-orang Cina.

4. Karya Seni


Karya Seni Cina
Menurut Metropolitan Museum of Art, Seni Cina sangat di pengaruhi oleh sejarah spiritual dan mistis. Banyak patung dan lukisan menggambarkan tokoh spiritual agama Budha. 

Abanyak alat musik merupakan bagian integral budaya Cina, termasuk xun seperti flute dan guqin yang termasuk dalam keluarga kecapi.

Seni bela diri bergaya timur juga dikembangkan di Cina. Dan Cina juga merupakan tempat kelahiran olahraga beladiri Kung fu Teknik pertempuran beladiri ini di dasarkan pada gerakan hewan dan diciptakan pada pertengahan tahun 1600-an menurut Black Belt Magazine.

5. Perayaan Adat


Festival terbesar yang disebut juga Festival Musim Semi yang ditandai awal tahun baru Imlek yang jatuh pada pertengahan bulan Januari dan pertengahan bulan Februari merupakan waktu untuk menghormati para leluhur. Selama 15 hari perayaan, Orang Cina melakukan sesuatu setiap hari untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Seperti makan bubur nasi dan sawi untuk membersihkan tubuh. 

Menurut University of Victoria, Perayaan ini ditandai dengan Pesta Kembang Api dan Parade Penari yang berkostum seperti Naga.

Banyak juga orang yang berziarah ke tempat kelahiran Konghucu di Shandong pada pada hari ulang tahunnya. Serta setiap tanggal 28 September ulang tahun dari Guanyin, Dewi Belas Kasih dengan mengunjungi kuil-kuil Tao yang jatuh antara bulan Maret hingga akhir April. Perayaan serupa menandai ulang tahun Mazu, Dewi Laut (yang dikenal juga sebagai Tianhou) yang jatuh pada bulan Mei  atau Juni. Bulan Festival ini dirayakan pada bulan September atau Oktober dengan Kembang Api, Lampion dan Menatap Bulan.   


Sumber:LiveScience

       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook