MISTERI HUJAN DARAH DI SPANYOL AKHIRNYA TERUNGKAP

Misteri Hujan Darah Di Spanyol Akhirnya Terungkap  


Hujan Darah

Mahessa83-Warga desa di barat laut Spanyol terkejut pada musim gugur yang lalu ketika mereka melihat bahwa danau di dekat rumah mereka berubah warna menjadi merah darah. Warna merah darah ini bukan buatan manusia tetapi disebabkan oleh ganggang mikrokopis yang dibawa hujan baru-baru ini.  

Tetapi pada saat itu tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan air danau berubah warna menjadi merah darah. Spekulasi merajalela, Ada yang menyebut itu kontaminasi yang turun dari pesawat terbang atau hujan yang berasal dari luar bumi.

Joaquin Perez, seorang warga desa yang tinggal di dekat danau memutuskan untuk mengumpulkan contoh air hujan di danau untuk mencari tahu apa penyebabnya sehingga air danau ini berubah warna.

Selama beberapa bulan ke depan, Perez mengumpulkan contoh air untuk melihat partikel air yang berwarna merah darah hingga Ia mengirimkan contoh air tersebut untuk diteliti lebih lanjut ke University of Salamanca. 

Dalam sebuah penelitian akhirnya Misteri Hujan Darah yang terjadi di danau terungkap. Air berwarna merah di danau tersebut penuh dengan ganggang air tawar mikroskopis yang disebut Haematococcus pluvialis yang menghasilkan pigmen merah ketika mereka sedang bereaksi. Bakteri dalam keluarga Chromatiaceae mungkin telah menyebabkan air berwarna merah darah pada sebuah danau di Texas pada tahun 2011 lalu. 

Para ilmuwan terkejut melihat Haematococcus Pluvialis yang ada dibelahan bumi utara khususnya di Amerika Utara dan di sepanjang garis pantai Atlantik di Eropa namun praktis tidak ada di Spanyol. "Mereka harus datang dari tempat lain", kata geolog Javier Fernandez-Lozano, co-penulis penelitian.

Analis data cuaca menunjukkan bahwa ganggang bisa terbawa hingga ke barat laut Spanyol melalui hujan dan angin. Tetapi asal usul hujan darah yang terjadi di barat laut Spanyol hingga saat ini belum diketahui.   


sumber:LiveScience    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook