10 LEMBAH TERINDAH DI INDONESIA INI WAJIB ANDA JELAJAHI

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Lembah Terindah Di Indonesia Ini Wajib Anda Jelajahi


10 Lembah Terindah Di Indonesia  Ini Wajib Anda Jelajahi

Mahessa83 - Indonesia memang kaya akan Tempat Wisata Terindah yang banyak mendatangan wisatawan mancanegara. Selain memiliki pantai-pantai yang indah, Gunung-gunung yang menakjubkan, Pulau-pulau yang eksotis, Indonesia juga dipenuhi dengan Lembah-lembah Terindah yang banyak terdapat di wilayah Indonesia seperti Lembah Harau di Sumatera Barat, Lembah Baliem di Papua atau Lembah Bada di Pulau Sulawesi.

Berikut 10 Lembah Terindah Di Indonesia Yang Wajib Anda Jelajahi bersama keluarga atau teman untuk dinikmati pesona keindahannya.

1. Lemabah Harau, Sumatera Barat

Lembah Harau

Lembah Harau adalah salah satu Lembah Paling Indah Di Indonesia yang terletak di kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Koto, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini diapit oleh dua buah bukit cadas terjal dengan ketinggian sekitar 150 meter. Lembah Harau dilingkungi oleh batu pasir warna warni yang terjal dengan ketinggian 100 hingga 500 meter. 

Topografi Lembah Harau berbukit-bukit dan bergelombang. Bukit tersebut adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

Berkunjung ke Lembah Harau sungguh sangat menyenangkan. Anda akan disambut dengan udara yang masih segar dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi, Mengunjungi monumen peninggalan Belanda di kaki Air Terjun Sarasah Bunta, Hamparan sawah yang diapit tebing-tebing tinggi serta menyaksikan flora dan fauna langka di lembah seluas 270,5 hektar ini.  

2. Lembah Baliem, Papua Barat

Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan Lembah Terindah Di Indonesia lainnya yang terletak di kaki Pehunungan Jayawijaya, Provinsi Papua Barat. Lembah yang berada pada ketinggian 1.600 mdpl ini menyajikan pemandangan yang indah dan masih sangat alami.

Lembah Baliem dikenal juga sebagai Grand Baliem Valley dan merupakan tempat tinggal dari Suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, 27 kilometer dari kota Wamena, Papua. Selain Suku Dani juga terdapat beberapa suku lainnya di Lembah Baliem seperti Suku Yani dan Suku Lani.

Lembah Baliem yang memiliki panjang sekitar 80 kilometer dan lebar 20 kilometer setiap tahunnya selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan untuk menyaksikan Festival Lembah Baliem yaitu sebuah festival adu kekuatan antar suku yang telah berlangsung selama bertahun-tahun secara turun temurun namun aman untuk Anda saksikan. 

3.  Lembah Bada, Sulawesi Tengah

Lembah Bada

Lembah Bada atau Lembah Napu adalah Lembah Terindah Di Indonesia lainnya yang terletak di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Lembah nan indah ini berada di Taman Nasional Lore Lindu.

Di lembah ini banyak terdapat puluhan Patung Batu Megalitik berbentuk kepala manusia berusia ribuan tahun yang telah ada sejak abad ke-14 masehi. Megalith di Lembah Bada ditemukan pertama kali pada tahun 1908. 

Lembah Bada yang terletak di daerah yang relatif datar ini dikelilingi oleh perbukitan sehingga awan yang tertahan di puncak bukit yang mengelilingi lembah menyajikan pemandangan yang sangat dramatis buat Anda nikmati. Di tempat ini seringkali terlihat satu bagian Lembah Bada dimana hujan sedang jatuh, sedangkan bagian lainnya matahari menyelinapkan cahayanya dari balik awan.

Di tengah Lembah Bada, mengalir Sungai Lariang yang menyatu dengan Sungai Malei. Sehingga aliran Sungai Lariang menjadi lebih deras sehingga sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi olahraga rafling.    

4. Lembah Anai, Sumatera Barat

Lembah Anai

Lembah Anai adalah salah satu Air Terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Air terjun yang memiliki ketinggian 35 meter ini terletak di Lembah Anai ini merupakan bagian dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. 

Di Lembah Anai terdapat 3 buah air terjun yang salah satunya berada di tepi jalan raya dan sering dikenal dengan sebutan Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan sehingga belum banyak dikenal luas oleh para wisatawan. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Lembah Anai terdapat aliran sungai berbatu dengan airnya yang jernih. Di atas aliran sungai tersebut terdapat lintasan jembatan kereta api peninggalan zaman Belanda.

Di sekitar Lembah Anai terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti warung makanan dan minuman, tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi, penginapan serta tersedia areal berkemah jika Anda ingin menyatu dengan alam. 

5. Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah sebuah Lembah Terindah di Indonesia yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Kecamatan Palupuh. Ngarai ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang layak untuk Anda nikmati pesonanya.

Batang Sianok bisa Anda kunjungi dengan menggunakan kano atau kayak yang di saranai oleh suatu organisasi olahraga air "Qurays" dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam. Sepanjang perjalanan Anda dapat menemukan tanaman langka Bunga Rafflesia dan tumbuhan obat-obatan lainnya serta satwa langka disepanjang aliran sungai seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Simpai, Rusa, Babi Hutan, Macan Tutul dan juga Tapir. 

6. Lembah Grand Canyon, Jawa Barat

Lembah Grand Canyon

Grand Canyon atau Cukang Taneuh andalah salah Satu Lembah Terindah di Indonesia yang juga salah satu Tempat Wisata Andalan di Jawa Barat. Lembah ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran sungai dari Sungai Cijulang yang menembus gua dibawah lembah yang penuh dengan keindahan pesona stalaktit dan stalakmit. Selain itu sungai ini juga diapit oleh dua buah bukit yang penuh dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan yang semuanya membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan menantang untuk Anda jelajahi.

7. Lembah Dieng, Jawa Timur

Lembah Dieng

Objek Wisata Lembah Dieng adalah salah satu Wisata Andalan Kota Malang, Jawa Timur yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di lembah ini Anda akan merasakan suasana yang sejuk, tenang dan nyaman jauh dari kebisingan kota. 

Di Lembah Dieng telah disediakan tempat reflesing yang disebut dengan Club House Istana Dieng yang dilengkapi dengan sarana olahraga lapangan tenis, tempat fitnes, kolam renang, arena bowling dan biliard. 

Selain itu Anda juga dapat menikmati sajian spesial yang disediakan disekitar Pesona Club House Dieng seperti tempat pemancingan.  

8. Lembah Cilengkrang, Jawa Barat

Lembah Cilengkrang

Lembah Cilengkrang adalah salah satu objek wisata alam yang berada di Desa Pejambon, Kecamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Di lembah ini Anda dapat menemukan ketenangan dan kenyaman. Tempat ini menyajikan tiga tempat utama yang wajib Anda jelajahi yaitu Kopi Gede, Kawasan hutan dengan panorama yang sangat indah, Air Terjun Curug Sabuk setinggi 20 meter serta Air Terjun Curug Sawer setinggi 75 meter.

Selain memiliki panorama yang indah, Di Lembah Cilengkrang Anda juga dapat menjumpai beberapa hewan langka seperti Kijang (mantiacus muncak), Elang Jawa (spizeatus bartelsi), Macan Tutul atau Macan Kumbang (panthera pardus) Surili (preybites aygula), Lutung dan juga Kera. 

9. Kaliurang, Yogyakarta

Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Yogyakarta tepatnya berada di Kabupaten Sleman yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Kaliurang terletak di daerah dataran tinggi dengan dilengkapi banyak resort atau tempat peristirahatan karena sejuknya udara di kawasan ini. 

Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang. Di tempat ini pernah terjadi perundingan khusus antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada tanggal 13 Januari 1948. Pada Perundingan Kaliurang ini menghasilan Notulen Kaliurang. Selain itu juga terdapat Villa Van Rezink yang berada di utara Taman Bermain Anak.

10. Lembah Pantunan, Bali

Lembah Pantunan

Lembah Pantunan adalah sebuah Lembah Terindah Di Indonesia yang menampilkan hamparan tanaman padi di Desa Bang Sidem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali. Keindahan panorama lembah ini tidaklah kalah indahnya bila dibandingkan dengan Sawah Terasering di Ubud, Bali. 

Nama Lembah Pantunan di ambil dari nama lembah yang berarti pesawahan yang tercetak dalam lembah dengan latar belakang bukit. Berkunjung ke Lembah Pantunan Anda akan merasakan sensasi pemandangan yang sempurna. Pemandangan sawah berundak dengan padi yang menghijau akan terlihat begitu asri dan alami dipandang mata.

Di Lembah Pantunan juga banyak terdapat mata air yang memiliki fungsi berbeda. ada Mata Air Sudamala yang difungsikan untuk penglukatan, Mata Air Bulan yang dipakai saat potong gigi, dan Mata Air Ampuhan, Pangi, Surya yang fungsinya digunakan untuk mensucikan diri agar terhindar dari roh jahat.  

Nah itulah 10 Lembah Terindah Di Indonesia yang wajib Anda jelajahi dan nikmati keindahan alamnya.  


Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

1 Response to "10 LEMBAH TERINDAH DI INDONESIA INI WAJIB ANDA JELAJAHI"

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.