10 HEWAN MENGERIKAN PENGHUNI SUNGAI AMAZON

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Hewan Mengerikan Penghuni Sungai Amazon  


Hewan Mengerikan Penghuni Sungai Amazon

Mahessa83 - Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia yang berada di Hutan Hujan Amazon, Amerika Selatan. Sungai ini merupakan habitat asli ribuan mahluk hidup dari berbagai spesies mulai dari yang jinak hingga mengerikan. Seperti Anaconda Hijau, Ular terpanjang di dunia, Ikan Piranha atau Cainman Hitam, Predator Amazon yang sangat mengerikan.

Berikut 10 Hewan Mengerikan Penghuni Sungai Amazon yang kami lansir dari berbagai sumber. 

1. Anaconda Hijau 


Anaconda Hijau

Anaconda Hijau atau Boa Air yang bernama latin Eunectes Murinus adalah salah satu jenis ular berukuran besar yang terdapat di Hutan Hujan Amazon, Amerika Selatan. Ular jenis ini merupakan ular terbesar di dunia yang masih banyak populasinya. Ular dengan panjang mencapai sekitar 17 kaki ini membuatnya menjadi ular terpanjang di dunia dengan berat tubuh bisa mencapai 250 kilogram. 

Meski begitu masyarakat di daerah aliran Sungai Amazon mempercayai adanya spesimen-spesimen yang lebih besar lagi dari spesies Anaconda Hijau ini.

2. Piranha


Piranha

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di Sungai Amazon, Amerika Selatan.Predator karnivora dengan gigi tajamnya. Ia termasuk ikan air tawar dan disebut sebagai Caribes. Selain hidup di Sungai Amazon, Ia juga ditemukan hidup di Venezuela dan Amerika. Piranha dalam jumlah sedikit sebenarnya bukanlah ikan yang berbahaya, Tetapi dalam jumlah besar ia dapat memangsa seekor sapi hanya dalam waktu 5 menit dan hanya menyisakan tulang-tulangnya saja. 

3. Cainman Hitam



Cainman Hitam

Cainman pada dasarnya adalah seekor buaya yang hidup di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Buaya berwarna hitam ini dapat tumbuh hingga 6 meter. Spesies buaya ini merupakan salah satu predator paling mengerikan yang hidup di Sungai Amazon. Hewan ini dapat membunuh predator lainnya di Sungai Amazon seperti Piranha, Anaconda Hijau atau juga manusia. 

Pada tahun 2010 lalu, Seorang ahli biologi bernama Deise Nishimura diserang oleh Cainman saat sedang membersihkan ikan. Untungnya Ia berhasil selamat walaupun harus kehilangan satu kakinya saat bertempur dengan buaya ganas tersebut. 

4. Arapaima atau Piracucu


Arapaima

Arapaima atau Piracucu (Arapaima Gigas) adalah ikan air tawar terbesar di dunia yang hidup di Sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan Arapaima ini dapat tumbuh hingga 3 meter dengan berat 200 kilogram. Namun saat ini sudah jarang ditemukan Ikan Arapaima yang dapat tumbuh diatas dua meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk di konsumsi penduduk atau di ekspor ke negara lain.

5. Belut Listrik


Belut Listrik

Belut Listrik sebenarnya hampir sama dengan Ikan Lele hanya saja ia tidak memiliki kumis. Panjang Belut ini dapat mencapai 2,5 meter dan dapat menghasilkan tegangan listrik dari sel-sel khusus yang disebut Electrocytes yang berada disisi nawah siripnya. Daya listrik yang dihasilkannya bisa mencapai 600 volt.

Walaupun tidak menyebabkan kematian bagi manusia tetapi sengatannya dapat mengakibatkan gagal jantung, Sehingga orang yang terkena sengatannya dapat pingsan dan tenggelam ke dasar sungai. 

Pada dasarnya hewan karnivora ini cenderung memangsa ikan, katak, burung atau mamalia kecil lainnya. Belut Listrik ini hanya cukup mengirimkan tegangan 10 volt untuk membuat lawannya celeng dan mengirimkan tegangan yang lebih besar untuk membunuh mangsanya.   

6. Ulat Bulu Beracun Amazon


Ulat Bulu Beracun Amazon

Ulat Bulu  Beracun Amazon ini memang sangat mengerikan. Ulat bulu ini mengandung sesuatu yang sangat berbahaya hingga mengakibatkan lusinan orang meninggal setiap tahunnya hanya karena menyentuh ulat bulu ini. 

Ulat Bulu Beracun Amazon ini mengandung Racun Anticoagulant (mencegah pembekuan darah) dan tekanan darah korban langsung turun dengan dratis hingga dapat menyebabkan kematian. 

7. Katak Beracun Amazon


Katak Beracun Amazon

Katak Sungai Amazon adalah satu-satunya hewan di dunia yang diketahui sanggup membunuh manusia hanya dengan sentuhannya saja. Tidak ada sengatan, tidak ada gigitan tidak ada keracunan. Hal ini terjadi karena adanya lendir berkilap yang melingkupi tubuh indahnya.

Jadi jangan tertipu dengan penampilan indahnya, Jika Anda tidak tahu mungkin ingin cepat-cepat menangkapnya untuk dibawa pulang dan dijadikan hewan piaran di rumah Anda.

8. Ikan Candiru


Ikan Candiru

Candiru adalah jenis ikan vampire dan lebih berbahaya daripada Ikan Piranha. Ikan kecil ini hanya berukuran 1 inci berbentuk seperti belut dan tembus pandang sehingga sulit terlihat di dalam air. Candiru adalah sejenis parasit, Ia masuk diselah-celah insang ikan lain, mengeluarkan tulang belakangnya agar dapat berpegang di tempat dan meminum darahnya di insang. 

Ikan Candiru menjadi sangat berbahaya karena ia juga tertarik pada air seni atau darah. Jika ada seseorang berenang telanjang di dekatnya ia akan masuk ke celah anus atau vagina atau jika ukuran ikannya terlalu kecil ia akan masuk ke lubang penis. Bila ini terjadi, Ikan Candiru akan sulit diambil kembali kecuali lewat operasi.    

9, Lintah Tyrannosaurus Rex


Lintah Tyrannosaurus Tex

Meskipun ada lebih dari  600 spesies Lintah di dunia, Lintah Amazon ini diduga dari kerabat jenis lainnya yaitu Dinobdella Ferox, sejenis Lintah dari Taiwan. Tidak seperti Lintah lainnya, Lintah ini memiliki 1 baris gigi yang terdiri dari 8 gigi dengan panjang 0.13 mm. Bahkan karena karateristik giginya, penemunya memberikan nama Lintah ini mirip dengan nama Dinosaurus karnivora terbuas pada masanya, Tyrannosaurus Tex. 

Lintah ini hidup dengan menghisap darah dan kebanyakan menempel di hidung inangnya, Jika lintah lain menjatuhkan diri saat sudah kenyang, Lintah ini akan terus menempel hingga panjang tubuhnya mencapai 7 centimeter.  

10. Amazon Catfish


Amazon Catfish

Amazon Calfish adalah jenis ikan lele terbesar di dunia yang hidup di perairan Sungai Amazon. Bayangkan dari semua ikan yang hidup di Sungai Amazon hampir setengahnya adalah jenis ikan lele dan biasanya mereka hidup di dasar sungai paling dalam dan hanya muncul mendekati permukaan pada malam hari saja.

Nah itulah 10 Hewan Mengerikan Penghuni Sungai Amazon yang kami lansir dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua.


 

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 HEWAN MENGERIKAN PENGHUNI SUNGAI AMAZON"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.