PENEMUAN PATUNG BUDHA DI RERUNTUHAN KUIL KUNO BAZIRA


Penemuan Patung Budha Di Reruntuhan Kuil Kuno Bazira

Mahessa83 - Para arkeolog berhasil menemukan patung dan ukiran yang berasal lebih dari 1.700 tahun yang lalu di sisa-sisa kuil kuno Bazira, Pakistan. Patung-patung dan ukiran yang ditemukan menggambarkan kehidupan keagamaan, menceritakan kisah-kisah dari agama Budha dan agama-agama kuno lainnya.

Situs yang juga disebut dengan Vajirasthana atau Bazira terletak di Lembah Swat, Pakistan. Kota yang dibangun pada abad ke-2 SM kemudian berkembang menjadi sebuah Kerajaan Kushan yang pada puncaknya kerajaan ini berkembang hingga India dan Asia Tengah.

Kekaisaran Kushan pada akhirnya menghilang pada abad ke-3 M seiring dengan serangkaian gempa bumi besar yang melanda Bazira. 

"Saat ini reruntuhan Bazira terlihat di sebuah desa kecil yaitu Desa Barikot, wilayah Pakistan," kata arkeolog Italia yang telah meneliti Situs Bazira sejak tahun 1978.

Pada salah satu patung yang ditemukan dengan ukiran sekis hijau yang menggambarkan seorang pangeran bernama Siddharta yang meninggalkan istana dengan kuda bernama Kathaka. Patung ini kemungkinan besar merupakan bagian dari hiasan kuil, kata para arkeolog.

Menurut cerita Budha Kuno, Siddharta adalah seorang pangeran kaya yang tinggal di Istana Kapilavastu, Nepal yang hidupnya sangat tertutup dari dunia luar. Pada suatu hari Ia berani keluar dari istana dan melihat penderitaan rakyatnya. Setelah melihat ini, Ia memutuskan untuk pergi meninggalkan istana untuk hidup menjadi orang miskin untuk mencari pencerahan yang pada akhirnya membawanya menjadi Budha Gautama.

Dalam ukiran patung lainnya terlihat dua roh yang dikenal sebagai yakshas yang membantu kanthaka, tulis arkeolog Luca Olieveri dalam sebuah journal. Sementara itu tampak juga Dewi kota Kapilavastu yang mengenakan mahkota yang tangannya tampak memegang sebuah tanda penghormatan.

Seorang pria yang tidak dikenal tampak berdiri dibelakang Kanthaka dengan tangan kiri memegang mulutnya dan tangan kanannya tampak melambaikan syal atau yang disebut uttariya.

Anggur Dan Kepala Kambing

Penemuan Patung Budha Di Reruntuhan Kuil Kuno Bazira


Di bagian lainnya, para arkeolog juga menemukan ukiran lain yang berasal dari zaman setelah terjadinya gempa yang merusak kuil. Kuil kemudian dibangun kembali dengan bahan-bahan yang mudah rusak dengan ukiran kayu, kata arkeolog. 

Pada bagian lain nampak juga ukiran gambar dewa yang tidak dikenal sedang duduk di atas singgasana dengan rambut keriting panjang sedang memegang anggur dan kepala kambing yang mirip dengan Dewa Yunani, Dionysus atau Dewa Anggur.

Seperti diketahu pada saat itu Buah Anggur banyak terdapat di Lembah Swat. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya pemerasan anggur kuno di pedesaan, kata Olieveri.

Sementara ukiran kepala kambing melambangkan gairah nafsu lokal, kata Olieveri. Kambing juga terkait dengan Budaya Hindu Kush dan ini juga sering digunakan dalam seni batuan kuno.

Stupa Singa

Pada bagian lain juga ditemukan ukiran lain yang tak kalah indahnya menghiasi kuil yang menggambarkan sebuah stupa. Struk berbentuk seperti gundukan yang digunakan untuk meditasi. D idekat bagian atas stupa adalah sebuah platform yang disebut dengan Harmika. yang dihiasi dengan desain bunga mawar. Di atas Harmika ada tiga unsur payung yang disebut chattrasthat menghadap ke atas.

Kedua pilar dengan dengan ukiran singa diatas sebelah stupayang menghadap stupa seolah-olah sedang mengawasi stupa.

Sebelumnya satu stupa seperti ini pernah ditemukan pada tahun 1960-an dan 1970-an dari abad ke-4 masehi bersamaan saat Bazira sedang berkembang. 


sumber:livescience 

       
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook