ARKEOLOG TEMUKAN MAKAM ARISTOTELES DI KOTA KUNO STAGIRA

Arkeolog Temukan Makam Aristoteles Di Kota Kuno Stagira  


"Aristoteles adalah ilmuwan sejati pertama dalam sejarah dan menjadi panutan ilmuwan-ilmuwan lainnya di zaman modern" 

Penemuan makam aristoteles

Mahessa83 -Tim arkeologi telah berhasil menemukan Makam Aristoteles berusia 2.400 tahun di Kota Kuno Stagira, Yunani. Dia adalah salah satu filsuf Yunani yang sangat terkenal yang telah membantu membentuk banyak ilmu pengetahuan di zaman modern. Selama ini makamnya dinyatakan telah  hilang  setelah kematiannya pada tahun 322 BC. Namun saat ini para arkeolog percaya pada temuannya bahwa mereka telah menemukan makam filsuf terkenal Aristoteles yang dianggap sebagai ilmuwan sejati di dunia di sebuah kota kuno Stagira, Macedona di pantai timur Yunani.

Penemuan makam yang telah berusia 2.400 tahun setelah Aristoteles meninggal merupakan bagian dari study penggalian selama 20 tahun di wilayah kota kuno Stagira.

Menurut salah satu anggota arkeolog, Kostas Sismanidis "Kami tidak punya bukti kuat, tetapi penemuan ini merupakan indikasi yang hampir pasti".

Para arkeolog telah mengklaim bahwa semua indikasi mulai dari usia makam dan lokasi makam menunjukkan bahwa bangunan tersebut memanglah Makam Aristoteles. Makam ini tidak diketahui keberadaannya karena pernah dihancurkan pada Zaman Byzantium untuk didirikan sebuah menara diatasnya.

Filsup Yunani Aristoteles dilahirkan di Stagira pada tahun 384 SM dan meninggal di Chalcis, Evia pada tahun 322 SM. Aristoteles pada awalnya diyakini dimakamkan di Chalcis namun saat ini para arkeolog yakin bahwa Aristoteles di makamkan di kota kelahirannya Stagira.

Para peneliti memperkirakan bahwa orang-orang Stagira telah memindahkan jasadnya ke kota kelahirannya. 

Makam yang ditemukan ini berbentuk kubah mounded dengan lantai dari marmer yang diperkirakan dibuat pada Periode Helenistik tahun 323 SM. Sifat bangunan tampaknya dibangun secara tergesa-gesa tetapi kemudian pada bagian atasnya terbuat dari bahan yang berkualitas.

Pada luar makam terdapat altar dan lantai berbentuk persegi yang mungkin dimanfaatkan untuk orang-orang melakukan doa untuk Aristoteles. Makam setinggi 10 meter dan lantai alun-alun mengelilingi Menara Byzantin dengan gaya arsitektur Romawi. Ada juga jalur menuju pintu makam yang mungkin mereka gunakan untuk memberi penghormatan. 

Selain menemukan makam Aristoteles, para arkeolog juga menemuakn tembikar kerajaan, keramik serta 50 koin pada zaman Alexander Agung berkuasa.

Warisan Aristoteles

Aristoteles adalah ilmuwan dalam segala bidang seperti fisika, biologi, zoologi, metafisika, logika, etika, estetika, puisiteater, musik, retorika, linguistik, politik dan pemerintahan yang merupakan sistem konferensif pertama filsafat barat.

Tak lama setelah Plato meninggal, Aristoteles pergi meninggalkan Athena untuk mengajari Alexander Agung ilmu filsafat pada tahun 343 SM.

Sementara menurut Encyclopedia Britannica "Aristoteles adalah ilmuwan sejati pertama dalam sejarah dan menjadi panutan ilmuwan-ilmuwan lainnya di zaman modern". 

Sumber:dailymail
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook