PENEMUAN LUKISAN GUA PRASEJARAH DI GURUN SAHARA


Lukisan Gua Prasejarah

Mahessa83 - Para peneliti berhasil menemukan Lukisan Gua Prasejarah berusia 8.000 tahun di dinding batu Gurun Sahara. Tidak jelas kenapa orang-orang prasejarah membuat lukisan tangan manusia dan kadal pada dinding cadas ini, Tetapi temuan ini dapat memberikan petunjuk tentang orang-orang prasejarah yang pernah hidup di Gurun Sahara pada 8.000 tahun yang lalu. 

"Temuan ini benar-benar merubah cara kita berpikir tentang orang-orang prasejarah". kata pemimpin peneliti Emmanuelle Honore, seorang peneliti dari McDonald Institute for Archeological di University of Cambridge, Inggris.

Sebelumnya para peneliti telah menemukan gua yang disebut Wadi Sura II di Mesir bagian dari Gurun Lybia pada tahun 2002 lalu. Gua ini terletak sekitar 6 mil (10 kilometer) dari Gua Wadi Sura I sebuah situs arkeologi yang ditemukan pada tahun 1933 dan menjadi terkenal setelah dibuatkan novel "The English Patient". 

Gua Wadi Sura II ini juga digunakan sebagai tempat berlindung karena terbuat dari batu dengan panjang sekitar 66 kaki (20 meter) dengan kedalaman 26 kaki (8 meter). Di gua ini peneliti menemukan 900 lukisan senjata, kaki, cakram, tongkat, telapak tangan kecil dan besar pada dinding batu cadas.

Honoré tertegun pertama kalinya ia berjalan ke Wadi Sura II pada tahun 2006. "Saya langsung melihat tangan-tangan kecil di antara ribuan lukisan," katanya.

Dalam studi sebelumnya, peneliti berhipotesis bahwa lukisan tangan besar dan kecil yang dicap sekitar tangan orang dewasa dan bayi. Namun, tak lama setelah melihat 13  gambar tangan bayi, Honoré menyimpulkan bahwa mereka bukan manusia.

Lukisan Gua Prasejarah
 

Untuk satu hal, mereka terlalu kecil milik seorang bayi manusia, katanya. Selain itu, angka yang runcing dan "sangat panjang dan sangat tipis," kata Honoré. Sebaliknya, bayi manusia memiliki jari-jari yang panjang kurang lebih sama dengan telapak tangan mereka.

"Setelah beberapa tahun, saya terobsesi dengan ide ini [bahwa mereka bukan manusia]," kata Honoré Live Science. "Itu kembali ke pikiran saya setiap hari, dan aku memutuskan untuk menguji itu."
 

Awalnya, Honoré dibandingkan tangan keponakan yang baru lahir dan sepupu untuk seni cadas. Sebuah perbandingan sederhana menunjukkan bahwa cetakan kuno yang terlalu kecil untuk menjadi manusia, tetapi ia membutuhkan sampel yang lebih besar dari tangan untuk mengatakan dengan pasti.

Jadi Honoré bekerja dengan Rumah Sakit Lille University di utara Perancis, dan akhirnya mendapatkan pengukuran tangan 25 bayi prematur dan 36 bayi khas yang selamat lahir.

"Kami benar-benar terkejut, semua orang tua setuju untuk [membiarkan bayi mereka] mengambil bagian dalam percobaan," kata Honoré. "Mereka sangat antusias bahwa bayi mereka bisa berkontribusi untuk studi ilmiah."

Honoré dan rekan-rekannya juga mengukur 11 dari tangan kecil di lokasi Wadi Sura II. (Dua lainnya tidak lengkap dan sulit untuk mengukur, katanya.) Selain itu, mereka mengukur 30 dari tangan besar di Wadi Sura II dan 30 tangan dari orang dewasa yang hidup, dan menemukan bahwa mereka cocok dengan baik, katanya.

Tapi beberapa parameter menunjukkan bahwa tangan kecil yang bukan manusia. Meskipun jari dicap yang lama, secara keseluruhan tangan yang kecil - hanya 1,8 inci (4,5 cm) dari dasar telapak ke ujung jari tengah. Itu jauh lebih kecil dari bayi tangan manusia, yang mengukur rata-rata 2,4 inci (6,2 cm) panjang, katanya

"Kami benar-benar terkejut oleh penelitian kita sendiri karena dibesarkan pertanyaan - jika tidak bayi, apa itu?" kata Honoré.
 

Pada awalnya, Honoré pikir tangan kecil milik monyet kecil. Tapi tak satu pun dari ribuan gambar tangan monyet dia diteliti tampak seperti pada dinding di Wadi Sura II. Kemudian, ketika ia sedang melakukan penelitian di sebuah peternakan buaya di Zambia, ia menyadari bahwa cetak milik reptil.

Kaki depan gurun biawak (Varanus) memiliki pertandingan paling dekat dengan lukisan dinding, ia menemukan. Seorang bayi buaya (Crocodylus) adalah kemungkinan lain. Namun, buaya mungkin tidak hidup di gurun pada waktu itu, sehingga seseorang akan diperlukan untuk mengangkut satu lebih dari Nil atau wilayah berair lain, kata Honoré. Tidak jelas mengapa orang-orang prasejarah di Wadi Sura II melukis reptil pada dinding cadas gua.

"Saya pikir kita harus tetap sedikit bijaksana", katanya, "Kita harus mengeksplorasi semua hipotesis tanpa mengambil sesuatu untuk diberikan". Seni kuno lukisan gua memang tidak lazim di Gurun Sahara. Hal ini membuat penelitian menjadi penting, kata ahli batu asal Perancis, Jean-Loic Le Quellec yang tidak terlibat dalam penelitian ini.


Sumber:LiveScience
    
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook