PENEMUAN KOIN EMAS LANGKA BERUSIA 1.900 TAHUN DI ISRAEL

Penemuan Koin Emas Langka Berusia 1.900 Tahun Di Israel  


Koin Emas Langka

Mahessa83 - Sebuah Koin Emas langka yang berasal dari Kekaisaran Trajan berbentuk wajah Augustus ditemukan oleh seorang pejalan kaki di Israel.  Koin emas yang digali di pedesaan timur Galilea, Israel Utara yang diperkirakan telah berusia 1.900 tahun ini sekrang telah disimpan di Museum Inggris, London.

Adalah Laurie Rimon yang pertama kali melihat koin emas tersebut ketika ia sedang hiking  dengan seorang temannya. Ketua pemandu wisata tersebut kemudian menghubungi pihak berwenang untuk kemudian menyelidiki koin berharga ini untuk di analisis.

Para ahli di Israel Antiquities Authority (IAA) mengatakan bahwa koin tersebut di cetak pada 107 AD saat Kaisar Trajan berkuasa tetapi koin tersebut tercetak gambar Kaisar pertama Roma Augustus yang memerintah antara 27 SM sampai saat kematiannya pada AD 14. Ini sangat tidak biasa, biasanya Kaisar Roma sendiri yang tercetak pada gambar koin.

Pada foto terbalik koin baru ditemukan simbol legium Romawi disebelah nama penguasa Trajan. Sementara perunggu dan perak bergambar Kaisar Trajan yang umum di temukan di Israel sementara Koin Emas yang baru ditemukan ini sangat langka.

Koin ini dicetak di Roma pada 107 AD dan sangat jarang ditemukan kata Dr. Danny Syon, seorang ahli koin di IAA.

Koin emas ini memiliki simbol legium Romawi di sebelah nama penguasa Trajan dan pada bagian depan, bukan gambar Kaisar Trajan seperti biasanya tetapi ada gambar Kiasar Augustus yang di dewakan.

Koin ini merupakan bagian dari serangkaian koin yang dicetak oleh Trajan sebagai penghormatan kepada kaisar yang telah mendahuluinya.

Selain sangat berharga dan sangat langka, koin ini bisa membantu seejarawan untuk memahami bagaimana Kekaisaran Romawi dioperasikan di daerah.

Sementara Dr. Donald T Ariel mengatakan bahwa "Koin ini mungkin mencerminkan kehadiran tentara Romawi diwilayah tersebut sekitar 2.000 tahun yang lalu atau mungkin dalam komteks kegiatan terhadap pendukung Bar Kokhba di Galilea".

Sejauh ini hanya ada 2 koin emas lainnya yang berasal dari kekaisaran ini yang telah terdaftar pada Treasures Negara, Salah satunya dari Giv'at Shaul dekat Yerusalem dan yang lainnya dari wilayah Kiryat Gat. Rincian keduanya sangat berbeda dengan yang Laurie temukan.



sumber:dailymail



   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook