10 GEDUNG PENCAKAR LANGIT TERTINGGI DI DUNIA


10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi Di Dunia

Mahessa83 - Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di puncak gedung dengan ketinggian yang sangat mencengangkan, Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi beberapa gedung dibawah ini . Selain dapat memacu adrenalin berada pada ketinggian yang luar biasa, Anda juga dapat menikmati keindahan kota dan alam sekitar Gedung Pencakar Langit ini.

Apa dan dimana saja Gedung Pencakar langit ini berada? Berikut 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi Di Dunia yang kami lansir dari My First Classlife yang sembilan diantaranya berada di Benua Asia.

1. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab



 Burj Khalifa

Burj Khalifa memang sudah terkenal sebagai Gedung Pencakar Langit tertinggi di dunia saat ini. Bangunan setinggi 2.722 kaki yang berdiri di Ibukota Dubai, Uni Emirat Arab ini mulai dibangun pada Januari 2004 dan selesai pembangunanya pada 31 Desember 2009. Dengan dibangunnya Burj Khalifa, Dubai kini berkembang menjadi pusat bisnis paling kuat di Timur Tengah.

Gedung ini diperkirakan bisa menampung hingga 35.000 orang dalam satu waktu dengan total 57 lift dan 8 eksalator. Bangunan ini memiliki 2.909 anak tangga dari lantai dasar hingga lantai 160 dari total lantai 163. 

2. Shanghai Tower, China



Shanghai Tower

Bangunan pencakar langit tertinggi kedua adalah Shanghai Tower di China. Bangunan setinggi 2.073 kaki yang menyerupai ilusi optik memutar ini kontruksi bangunannya mulai dibangun pada November 2008 dan selesai tujuh tahun kemudian.

Di rancang oleh sebuah perusahaan arsitektur yang berbasis di San Francesco, USA, Bangunan ini menawarkan 16 ribu pengujung setiap harinya untuk melihat 360 derajad sisi kota yang tidak pernah tidur sepanjang hari.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower, Arab Saudi



Abraj Al-Bait Clock Tower

Selain sebagai Gedung Pencakar Langit tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi 1.972 kaki, Abraj Al-Bait Clock Tower juga terkenal sebagai Makkah Royal Clock Tower Hotel yang memiliki jam terbesar di dunia dengan 120 lantai didalamnya.

Jam tersebut tepat berada dimana Hotel Bintang Lima berada. Sempat menjadi sebuah kontroversi, Menara menakjubkan ini berdiri di tengah tiga garasi parkir, ruang do'a dan pusat observasi untuk mengakomodasi jutaan orang yang melakukan perjalanan ke kota itu setiap tahunnya.

4. Ping A Finance Centre, China



Ping A Finance Centre

China adalah tempat adanya Gedung Pencakar Langit berikutnya. Ping A Finance Centre setinggi 1.969 kaki yang di desain oleh Kohn Pederson Fox Associates terdiri dari 120 lantaimeski PAFC ini belum lengkap. Gedung Ping A Finance Centre ini diperkirakan akan dibuka pada tahun 2016 ini.

5. Goldin Finance 117, China


 Goldin Finance 117

Bangunan pencakar langit setinggi 1.957 kaki ini menyerupai tongkat berhiasan berlian dengan kubah seperti drip. Goldin Finance 117 ini juga dikenal dengan nama China Tower 117 yang masih dalam tahap pembangunan hingga hari ini. Gedung yang mulai dibangun pada tahun 2008 dan seharusnya selesai pada tahun 2014 lalu ini tertunda karena kontruksi pada tahun 2010 dan diperkirakan akan selesai dibangun antara tahun 2017 atau tahun 2018 mendatang.

6. One World Trade Center, AS


One World Trade Center

Gedung yang lebih dikenal dengan nama Menara Kebebasan New York City adalah satu-satunya gedung pencakar langit yang ada di Amerika Serikat.

Kurang dari lima tahun setelah serangan 11 September 2001 di menara kembar WTC, konstruksi One WTC berakhir pada 2013. One WTC dibuka untuk umum pada 3 November 2014 sebagai penghormatan kepada AS. Gedung setinggi 1.776 kaki ini menjadi bangunan tertinggi di seluruh belahan bumi barat.

7. CTF Finance Center, China


 CTF Finance Center

Gedung pencakar langit ketujuh kembali berada di Cina, Chow Tai Fook Centre dijadwalkan dibuka untuk umum pada 2016 setelah enam tahun konstruksi. Gedung setinggi 1.750 kaki ini lebih dikenal sebagai CTF Financial Centre dan berdiri di Guangzhou yang menghadap sungai Pearl di jantung kota. Dengan 111 lantai, gedung ini tercatat sebagai pencakar langit tercepat yang dibangun dalam sejarah modern.  

8. Taipei 101, Taipei


Taipei 101

Taipei 101 adalah Gedung setinggi 1.671 kaki yang mulai dibangun pada 1999 dan selesai ima tahun kemudian ini diakui sebagai bangunan tertinggi dan terbesar di dunia. Gedung pencakar langit yang dibuka pada 31 Desember 2004 itu memiliki 101 lantai dan 61 lift. Menyatukan unsur tradisional dan modern, bangunan tesebut masih mampu menahan angin topan dan gempa bumi yang umum terjadi di wilayah tersebut. 

9. Shanghai World Financial Center, China


Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center berdiri di distrik Pudong kota paling padat penduduknya di dunia. Dikenal sebagai SWFC, pembangunan gedung pencakar langit setinggi 1.614,2 kaki ini pada 27 Agustus 1997 dan butuh 11 tahun lebih satu hari untuk menyelesaikannya. SWFC resmi dibuka untuk umum pada 28 Agustus 2008 dan mendapat pujian juga perhatian luas. Gedung ini memiliki 91 lift dan 101 lantai dengan berbagai ruang serbaguna.  

10. International Commerce Centre, Hong kong



International Commerce Centre


Dirancang sebagai bagian dari proyek Union Square untuk merevitalsasi daerah, gedung International Commerce Centre dibangun di kota indah dan ramai West Kowloon, Hong Kong.

Gedung pencakar langit setinggi 1.587,9 kaki ini mulai dibangun pada 2005 dan butuh delapa tahun untuk penyelesaiannya. Gedung secara resmi dibuka pada 2010 sebagai bangunan tertinggi di Hong Kong dengan 112 lantai dan 83 lift lengkap dengan hotel bintang lima Ritz-Carlton di dalamnya.


sumber:uzone

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook