10 FIRAUN WANITA MESIR KUNO PALING TERKENAL DALAM SEJARAH

Rate this posting:
{[['']]}

Bagikan Artikel

10 Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah


Mahessa83 | Mesir, tanah sihir banyak memiliki rahasia kuno yang dihiasi oleh bangunan
buatan manusia terbesar dari dunia kuno Piramida Agung Giza, adalah tanah yang banyak menyimpan harta terpendam ummat manusia. Ketika sejarawan dan filsuf Yunani, Herodotus datang ke Mesir, Ia terkejut dan terpana melihat banyaknya keindahan dan kreasi yang luar biasa dari Firaun sepanjang Sungai Nil.  

Kita mengenal Piramida Agung Giza yang mereka buat, patung-patung tinggi, kuil besar dan negara yang terlindung dengan kota-kota seni penuh dengan konspirasi. Mesir adalah tanah dari banyak milik Pharaohs Besar termasuk Raja Tutankhamen dan tanah Dewa Matahari, Ra. 

Mesir juga banyak diperintah oleh Firaun Wanita dan diantara mereka banyak yang populer karena peran mereka yang banyak tertera dalam dunia kesusastraan yang ditulis oleh novelis dan penyair terkenal seperti Cleopatra, Nefertiti atau Sobekneferu.

10. Nitocris


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Nitrocis telah dikatakan sebagai Firaun Wanita Mesir Kuno terakhir dari Dinasti ke-6. Namanya ditemukan dalam Sejarah Herodotus dan juga dalam tulisan-tulisan Manetho walaupun riwayatnya masih dipertanyakan. Dia mungkin sebagai Ratu peralihan. Namun jika dalam sejarahnya dia adalah adik dari Merenre Nemtyemsaf II dan Putri Pepi II dan Ratu Neith.   

9. Twosret


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Twosret adalah penguasa terakhir yang diketahui dari Firaun dari Dinasti ke-17 Mesir. Dia tercatat di Manetho Epitome sebagai Thuoris tertentu yang di Homer disebut Polybus, suami dari Alcandara. dan dalam waktu Troy diambil. Dia telah memerintah Mesir selama tujuh tahun tetapi angka ini termasuk pemerintahan selama enam tahun Siptah pendahulunya. 

Twosret diasumsikan hanya setahun memerintah selama tahun 1191-1189 SM. Penggalain yang dilakukan oleh University of Arizona dalam ekspedisi Mesir, di kuil memorialnya di Gournah memiliki dugaan kuat bahwa pemerintahannya berjalan selama 9 tahun yang berarti kemungkinannya di memerintah selama 2 atau 3 tahun sebagai Firaun Wanita Mesir Kuno yang nama kerajaannya adalah Sitre Meryamun yang berarti "Putri Re Tercinta Amun". 

8. Merneith

Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Merneith atau Meritneith atau Meryt-Neith adalah Firaun Wanita Mesir Kuno dari Dinasti Pertama. Dia telah menjadi penguasa Mesir dalam beberapa catatan sejarah. Dia adalah Wanita yang di nobatkan sebagai Ratu Pertama Di Dunia yang masa pemerintahannya berlaku pada abad ke-30 SM dengan jangka waktu yang belum diketahui.

Nama Merneith berarti "Neith yang Tercinta" dan stela_nya berisi simbol dari Dewa. Dia mungkin putri dari Djer atau mungkin istri dari Kerajaan Djet ini. Dia juga merupakan cucu dari Firaun Pertama Mesir Kuno, Narmer dan ibu dari Den.  

7. Ahhotep I

Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Ahhotep I adalah Firaun Wanita Mesir Kuno yang hidup sekitar tahun 1560 - 1530 SM selama Dinasti ke-17 Mesir. Dia adalah putri dari Ratu Tetisheri dan Senakhtenre Ahmose serta mungkin adik dari permasuri Firaun Seqenenre Tao. Ahhotep I memilki pemerintahan yang cukup lama dan sangat berpengaruh.

6. Neferneferuaten

Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Ankhkheperure - mery-Neferkheperure atau Neferneferuaten adalah nama yang digunakan untuk merujuk untuk Ratu Meritaten atau mungkin Ratu Nefertiti.

Bukti arkeologi yang berhubungan dengan seorang wanita yang memerintah sebagai Firaun Wanita menjelang akhir Periode Amarna selama Dinasti ke-17. Jenis kelaminnya digambarkan dengan bentuk yang feminim yang kadang-kadang ditemukan dalam nama atau julukan akhet -en-hyes dan dimasukkan dalam satu versi Cartouche II.

Dia harus dibedakan dari raja yang menggunakan nama Ankhkheperure Smenkhkare-Djeser Kheperu.   

Baca Juga : 10 RATU PERSIA PALING TERKENAL DALAM SEJARAH 

5. Khenkaus I

Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Khenkaus I yang juga disebut dengan Kwentkawes  adalah Firaun Wanita Mesir Kuno  Paling Terkenal Dalam Sejarah dalam daftar kami selanjutnya. Firaun wanita yang berasal dari Dinasti ke-4 ini mungkin putri dari Firaun Menkaure, istri kedua dari Raja Shepsekaf dan Userkaf dan ibu dari Sahure.  Mastabanya di Giza di makam LG100 yang terletak sangat dekat dengan dari Komplek Piramida Menkaure.

4. Sobekneferu


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Subekneferu adalah Firaun Wanita Mesir Kuno dari dari Dinasti ke -12. Ia memerintah Mesir Kuno selama 4 tahun menurut kronologi tradisional dari tahun 1806 - 1802 SM. Ia adalah putri dari Firaun Amenemhat III. Manetho menyatakan bahwa ia juga saudara perempuan Amenemhat IV tetapi tidak ada bukti.Sobekneferu mempunyai kakak yang lebih tua bernama Nefruptah yang bukan ahli waris. Nama Neferuptah dimasukan kedalam suatu cartouche dan ia mempunyai Piramid tersendiri di Hawara.

Sobekneferu adalah penguasa wanita pertama yang diketahui di Mesir, Meskipun Nitocris memerintah pada Dinasti ke-6 Mesir. Amenemhat IV diduga meninggal atau menghilangtanpa ahli waris laki-laki. Sehingga Putri Amenemhart III, Sobekneferu di nobatkan menjadi Firaun. Menurut Daftar Raja Turinm Ia memerintah selama 3 tahun, 10 bulan dan 24 hari.diperkirakan diakhir abad ke-19 SM.

Ia mati tanpa ahli waris dan pada akhir pemerintahannya berakhir pulahlah Dinasti ke-12 Mesir yang gemilang serta Zaman Keemasan dari Kerajaan Pertengahan karena Dinasti ke-13 dan seterusnya jauh lebih lemah.   

3. Hatshepsut


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Hatshepsut adalah Firaun Kelima dari Dinasti ke-18 di Mesir Kuno. Para Egypotologis umumnya menganggapnya sebagai seorang Firaun Perempuan yang paling berhasil di Mesir yang memerintah lebih lama daripada perempuan penguasa manapun dalam sebuah Dinasti 

Hatshepsut dipercaya telah memerintah sebagai salah seorang penguasa dari sekitar tahun 1479 hingga 1458 SM. Ia dianggap sebagai Ratu Penguasa yang paling awal dikenal dalam sejarah dan perempuan kedua yang diketahui naik tahta sebagai "Raja Mesir Hulu dan Hilir" setelah Ratu Sobekneferu.dari Dinasti ke-12.
   
2. Nefertiti


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Nefertiti adalah Permasuri Agung dari Firaun atau Pharoh Amenhotep IV (kemudian bergelar Akhenaten). Dan merupakan ibu mertua dan mungkin ibu tiri dari Pharoh Tutankhamun. Ia juga kemungkinan memerintah kerajaan dalam waktu singkat dengan nama Neferneferuaten-Nefertiti setelah suaminya meninggal dan sebelum bertahtanya Tutankhamun.

Secara kasar namanya diartikan menjadi "wanita yang cantik telah datang". Sebagian namanya juga berarti manik-manik emas yang terjulur panjang yang disebut nefer. yang ia sering memakainya. Ia terkenal dengan Patung Dadanya yang sekarang berada di Museum Atles Berlin seperti yang terlihat pada gambar diatas. 

Patung ini merupakan karya yang banyak ditiru. Di buat oleh pematung yang bernama Thutmose. dan ditemukan dipeninggalan tempat ia bekerja. Patung ini menjadi contoh bahwa pada Zaman Mesir Kuno sudah ada pemahaman proposi wajah realistik. 

1. Cleopatra


Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah

Cleopatra adalah Firaun Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah. Ia adalah Ratu Mesir Kuno anggota terakhir dari Dinasti Ptolemeus 30 SM - 12 SM. Walaupun banyak Ratu Mesir Kuno yang menggunakan namanya, Dialah yang dikenal secara umum dengan nama Cleopatra.

Ia adalah penguasa Mesir bersama ayahnya Ptolemeus XII, Saudara laki-laki sekaligus suaminya Ptolemeus XIII dan Ptelemeus IV dan akhirnya anaknya Cheosarioh. Cleopatra berhasil mengatasi kudeta yang dirancang oleh pendukung saudara laki-lakinya dengan bersekutu dengan Julius Caesar dan dilanjutkan Markus Antonius. Cleopatra memiliki 1 anak dari Julio Caesar dan 3 anak dari Markus Antonius.

Cleopatra diketahui bunuh diri sewaktu Augustus (Oktavianusus) naik tahta dan menyerang Mesir dengan cara memasukan tangannya sendiri kedalam keranjang penuh ular berbisa (sejenis Ular Cobra asal Afrika Utara).    

Nah itulah 10 Firaun Wanita Mesir Kuno Paling Terkenal Dalam Sejarah yang telah berhasil ditemukan oleh para peneliti dan arkeolog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


                  

Share Artikel :

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari blog ini di inbox Anda..

0 Response to "10 FIRAUN WANITA MESIR KUNO PALING TERKENAL DALAM SEJARAH"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.