10 GEREJA TERBESAR DAN TERMEGAH DI DUNIA

 

Mahessa83 |  Gereja adalah suatu perkumpulan atau lembaga dari penganut iman Kristiani yang muncul dalam Perjanjian Baru di Alkitab Kristen yang biasanya diterjemahkan sebagai Jamaah atau ummat. Istilah Gereja muncul dalam 2 ayat dari Injil Matius, 24 ayat dari Kisah Para Rasul, 58 ayat dari surat Rasul Paulus, 2 ayat dari Surat Kepada Orang Ibrani, 1 ayat dari surat Yakobus, 3 ayat dari surat Yohanes yang ketiga, dan 39 ayat dari Kitab Wahyu.

Kata Gereja berasal dari Bahasa Portugis yaitu igreja. yang berarti dipanggil keluar. Gereja terbentuk 50 hari setelah Kebangkitan Yesus Kristus pada hari raya Pentakosta yaitu ketika Roh Kudus yang dijanjikan Allah diberikan kepada semua yang percaya kepada Yesus Kristus.


10. Basilica of the Lady of Peace, Pantai Gading

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Basilia of the Lady of Pearce adalah salah satu Gereja Terbesar dan Termegah Di Dunia yang didedikasikan untuk Our Lady of Peace di Yamoussoukro, Pantai Gading. Gereja ini dibangun antara tahun 1985 - 1989 dengan biaya yang diperoleh dari para ummatnya. Beberapa mengatakan bahwa pembangunan gereja ini menghabiskan dana sebesar US $ 175 Juta hingga perkiraan tertinggi sebesar US $ 600 Juta.

Kubah gereja ini mengikuti desain dari Basilika Sant Peter's di Vatikan meskipun bukan replika langsung. Gereja ini diresmikan pada tanggal 10 September 1990 oleh Paus Yohanes Paulus II.

Gereja Basilica of the Lady of Peace masuk Guinnes World Record dinyatakan sebagai Gereja Terbesar Di Dunia setelah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Basilika Santo Petrus. Dengan luas 30.000 meter persegi dengan tinggi 158 meter  gereja ini dapat menampung 18.000 jamaah.

9. Basilica of Sacred Heart, Belgia

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Basilika of Sacred Heart adalah gereja katolik Roma dan gereja paroki yang terletak di kota Brussels, Belgia. Gereja ini didedikasikan untuk Sacred Heart yang terinspirasi oleh Basilika du Sacre-Coeur di Paris. Gereja ini dibangun pada tahun 1905 dan dihentikan selama terjadinya Perang Dunia II dan dilanjutkan hingga selesai pada tahun 1969. 

Terletak diatas Bukit Koekelberg disebelah tenggara kota Brussels, Ini merupakan bangunan Gereja Terbesar bergaya Art Deco di dunia. Dengan tinggi 89 meter dan panjang 164,5 meter, Platform kubah memberikan sebuah panorma kota yang sangat menakjubkan di Brussels. Gereja ini dapat menampung 3.500 Jamaah.

8. Basilica of the Holy Trinity, Portugal

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Basilica of the Holy Trinity adalah gereja katolik Roma terbesar keempat di dunia dan Gereja Kristen keenam Terbesar Di Dunia. Gereja yang dibangun antara tahun 2004 dan diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2007 pada acara ulang tahun Fatima yang ke-90. Gereja yang pembangunnya ditujukan untuk Tri tunggal Maha Kudus dibiayai oleh para jamaah dan penziarahnya. Gereja dengan panjang 95 meter dan lebar 115 meter ini dapat menampung 9.000 jamaah.

7. Basilika of Our Lady of Lichen, Polandia

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Basilika of Our Lady of Lichen adalah salah satu Gereja Katolik Roma Terbesar dan Termegah Di Dunia yang terletak di Desa Lichen Stary dekat Koninn, Polandia. Gereja ini dirancang oleh Barbara Bielecka dan dibangun antara tahun 1994 - 2004. Pembangunan gereja ini didanai oleh sumbangan para penziarah. Dengan menara berukuran tinggi 141,5 meter , Ini merupakan salah satu Gereja Tertinggi Di Dunia. 

6. Chatedral of Liverpool, Inggris

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Chatedral of Liverpool adalah salah satu Gereja Terbesar dan Termegah Di Dunia yang terletak di kota Liverpool, Inggris. Gereja ini memiliki luas total 9.600 meter persegi. Sementara Lonceng Katedral yang berada diatas menara merupakan Lonceng Terbesar dan Tertinggi Di Dunia dengan tinggi 219 ft dan berat 31 ton. Lonceng ini dinamakan Bartlett Bells.  


5. Catherdral of Milan, Italia

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Katedral Milan adalah salah satu Gereja Terbesar dan Termegah Di Dunia yang terletak di kota Milan, Italia. Gereja ini dibangun didedikasikan untuk St Mary of the Nativity. Katedral Milan merupakan Gereja Terbesar Di Italia dan Kelima Terbesar Di Dunia.

4. Cathedral of St. John the Divine, USA

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Gereja Katedral of St. John the Divine adalah salah satu Gereja Terbesar dan Termegah Di Dunia dalam daftar kami yang terletak di kota New York, Amerika Serikat. Gereja yang dirancang pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1892 ini telah banyak mengalami perubahan gaya radikal dan gangguan dari dua perang dunia. 

Gereja ini pada awalnya bergaya Bizantium dan berganti desain Gothic pada tahun 1909. Gereja ini pernah mengalami kebakaran hebat pada 18 Desember 2001 namun di buka kembali pada bulan November 2008. 

Cathedral of St. John the Divine merupakan Gereja Kristen Terbesar Keempat Di Dunia dengan luas 11.200 meter persegi dengan panjang bangunan 183,2 meter dan tinggi 70.7 meter.

3. Catherdral of Seville, Spanyol

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Katedral Saint Mary of the See atau yang lebih dikenal dengan Cathedral Seville adalah Katedral Katolik Roma Terbesar di Spanyol. Cathedral of Seville merupakan Gereja Gothic Terbesar Di Dunia dan Gereja Kristen Terbesar Ketiga Di Dunia. Gereja ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. 

Setelah selesai pada awal abad ke-16, Katedral Seville digantikan dengan Hagia Sophia sebagai Katedral Terbesar Di Dunia. Gereja ini juga merupakan tempat pemakaman Christopher Columbus.  

2. Basilica of Our Lady of Aparecida, Brasil

Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Basilica of Our Lady of Aparecida adalah sebuah Basilika Katolik Roma yang terletak di Aparecida, Brasil. Gereja ini didedikasikan untuk Our Lady Apacerida sebagai pelindung utama negara Brasil. Gereja ini merupakan Gereja Terbesar Kedua Di Dunia setelah Basilika Santo Petrus di Vatikan.

Gereja bergaya kebangkitan romantik dan mengambil bentuk Salib Yunani dengan panjang tangan 188 meter dan lebar 183 meter. Dengan lebar kubah setinggi 70 meter serta menara setinggi 102 meter. Dengan luas 18.000 meter persegi, gereja ini dapat menampung 45.000 jamaah.    

Sementara jika ada perayaan besar dengan luar ruangan gereja ini dapat menampung 70.000 jamaah. Gereja ini juga difasilitasi dengan tempat perbelanjaan, klinik medis, restoran dan 272.000 meter persegi yang bisa menampung 4.000 bus dan 6.000 mobil.

1. St. Peter's Basilica, Vatikan 
 
Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia

Kepausan Basilika Santo Petrus di Vatikan merupakan Renainsance gereja Italia di Vatikan. Daerah Kepausan dalam kota Roma. Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia ini dirancang oleh Donato Bramante, Michelangelo, Carlo Madeno dan Gian Lorenzo Bernini. Santo Petrus adalah Gereja Paling Terkenal dari Arsitektur Renaessance. 

Santo Petrus dianggap sebagai salah satu tempat suci Katolik paling suci dan sebagai yang terbesar dari semua gereja-gereja Kristen di dunia.

Tradisi Katolik mennyatakan bahwa Basilika adalah situs pemakaman Santo Petrus salah satu rasul Kristus yang juga sebagai Paus pertama. Konon makam Santo Petrus adalah berada langsung dibawah altar Basilika. Untuk ulasan ini, banyak Paus telah dikebumikan di St. Peter's Basilica sejak masa Kristen awal. Gereja ini telah ada sejak Zaman Kaisar Romawi Konstantinus Agung. Pembangunan Basilika ini menggantikan Basilika Old Santo Petrus dari abad ke-4. Gereja ini dapat menampung 80.000 jamaah.

Nah itulah 10 Gereja Terbesar Dan Termegah Di Dunia yang kami lansir dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook