5 REPTIL TERBESAR DI DUNIA


REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Mahessa83 - Reptil (hewan melata) adalah sebuah kelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Sementara Reptilia adalah Tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran amniotik. 

Mayoritas reptil adalah ovipar (bertelur) meski beberapa spesies squamata bersifat vivipar (melahirkan). Reptil Vivipar memberi makan janin mereka menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan hewan mamalia.

Ukuran reptil bervariasi, dari yang berukuran 1,6 centimeter hingga mencapai panjang 6 meter dan berat hingga 1 ton.

Berikut 5 Reptil Terbesar Di Dunia yang dapat Anda saksikan.

1. Saltwater Crocodile (Crocodilians)

REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Saltwater Crocodile atau Buaya Muara merupakan reptil terbesar di dunia. Hewan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 6 meter (20 kaki). Hewan ini banyak hidup di wilayah Australia dan berkembang biak di mulai dari Asia Tenggara hingga Australia. 

Konon Buaya Air Asin ini hidup lebih tua dari Dinosaurus sehingga Buaya Muara dapat memberi informasi sekilas mengenai nenek moyang hewan raksasa yang pernah hidup di zaman prasejarah.

2. Leatherback Sea Turtle

REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Leatherback Sea Turtle atau Penyu Belimbing memiliki ukuran panjang tubuh hingga 2 meter (7 kaki) dengan rentan sayap yang bisa mencapai panjang 3 meter (8 kaki). Banyaknya jaringan lemak pada penyu membuat jenis ini hangat saat menyelam di lautan hingga kedalaman 1.200 meter (4000 kaki).

3. Reticulated Python

REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Reticulated Python atau Sanca Kembang merupakan hewan aggresive contrictors yang melemaskan mangsanya dengan melilitkan tubuh. Kemudian menelannya secara utuh. Hewan ini tercatat memiliki panajng 6,95 meter (22,8 kaki) dan menjadikannya Hewan Repril Terpanjang setelah Buaya Muara. Hewan ini merupakan salah satu Reptil Terbesar Di Dunia yang masih hidup hingga sekarang.

4. Komodo Dragon

REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Komodo Dragon atau Kadal Raksasa ini dijuluki dengan The King of Lizard. Komodo merupakan salah satu hewan Reptil Terbesar Di Dunia yang memiliki panjang hingga 3 meter (10 kaki). Komodo memiliki ekor yang kuat serta racun yang sangat mematikan. Selain itu air liur Komodo mengandung bakteri yang bernama vilurent strains sehingga setiap gigitan Komodo mengakibatkan infeksi yang sangat fatal. Hewan ini banyak hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia.

5. Tuatara

REPTIL TERBESAR DI DUNIA

Hewan ini merupakan kerabat dekat dari reptil dan ular yang pernah hidup di Era Mesozoic. sekitar 250 juta tahun yang lalu. Tuatara atau Iguana memiliki kaki dan struktur otak yang sangat mirip dengan hewan amfibi. Kabarnya hewan ini memiliki tiga kelopak mata disetiap matanya serta mata ketiga ketiga yang disebut parietal eye. Kemungkinan mata ketiga ini berfungsi untuk mendeteksi siklus siang dan malam. 

Sementara itu tulang punggung hewan ini menyerupai ikan, sedangkan rusuknya seperti yang dimiliki oleh burung. Tuatara hidup di pulau lepas pantai wilayah Selandia Baru.

Nah itulah 5 Reptil Terbesar Di Dunia yang pernah dan masih hidup di dunia yang dapat Anda lihat keberadaannya.



sumber:infospesial     

  
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook