10 AIR TERJUN PALING UNIK DI DUNIA

10 Air Terjun Paling Unik Di Dunia  


10 Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Mahessa83 - Air Terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui sebuah formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh kebawah dari ketinggian mengalir melalui sela-sela bebatuan, tanah, atau sungai dimana arusnya ikut mengikis bebatuan dan tanah yang dilaluinya hingga tercipta sebuah celah yang dapat membuat air terjun turun kebawah.

Di beberapa belahan dunia banyak terdapat Air Terjun Paling Unik alami yang sangat menakjubkan. Diantaranya adalah Air Terjun Api, Air Terjun Kabut atau Air Terjun Darah.

Berikut ini Kami tampilkan 10 Air Terjun Paling Unik Di Dunia yang kami lansir dari laman oddee.com. 

1. Air Terjun Api

Air Terjun Api

Air Terjun Api terjadi pada musim dingin diawal musim semi dari Gunung Elcapitan di Taman Nasional Yosemite, USA di dua sungai yang berbeda setinggi 1.570 kaki selama dua minggu terakhir pada bulan Februari lalu. Perubahan menjadi Air Terjun Api saat hari menjelang malam dan ketika sinar matahari datang Air Terjun Api ini menghilang. Air Terjun Api ini sangat spektakuler dan sangat indah. 

2. Air Terjun Kabut

Air Terjun Kabut

Sebuah Air Terjun Kabut dari sebuah tebing di Djupadal, Islandia  tertangkap kamera oleh Eslandia Kjartan Gunnsteinsson. Dalam video menunjukkan kabut berjalan dari sisi tebing di Djupadal dan jatuh dengan lembut kedalam Breidajodur Fjord dibawahnya. Kejadian ini disuga disebabkan oleh investi temperatur. Ketika udara panas naik keatas udara dingin terperangkap dibawahnya.

3. Air Terjun Horizonatal

Air Terjun Horizontal

Hanya ada Air Terjun Horizontal Di Dunia dan keduanya terletak jauh kedalam teluk. Salah satunya terletak di Teluk Talbot di Kepulauan Buccaneer, wilayah Kimberley, Australia Barat. Keajaiban alam ini terdiri dari sepasang ngarai di McLarty Range. 
Sejumlah besar air didorong melalui ngarai dengan gelombang pasang yang sangat kuat yang dapat menciptakan Air Terjun Horizontal setinggi sekitar 5 meter. Keajaiban ini terjadi akibat air pasang yang terjadi menumpuk di depan ngarai lebih cepat daripada yang mengalir menuju mereka. Air pasang yang surut akan membuat Air Terjun Aneh yang spektakuler seperti air yang bergegas menuju ngarai sampai ketingkat yang lebih rendah dari Ridgelines. 
4. Air Terjun Bigar

Air Terjun Bigar

Meskipun ukuran dan aliran Air Terjun Bigar tidak terlalu besar, Air Terjun Bigar merupakan salah satu Air Terjun Paling Unik Di Dunia. Hal yang membuat air terjun ini menjadi sangat populer karena bentuknya yang aneh dan lokasinya yang menakjubkan. Dinding tebing yang tertutup lumut diatas sungai kecil menjadikan air terjun sebanyak 45 pancuran yang terletak di Caras-Severin Country, Rumania menjadikan tepat ini sebagai salah satu Air Terjun Paling Unik Di Dunia.

5. Air Terjun Cameron

Air Terjun Cameron

Air Terjun Cameron terletak di Alberta, Kanada merupakan salah satu Air Terjun Paling Unik Di Dunia.  Jika Anda berkunjung ke Waterton Lakes National Park di bulan Juni, Anda akan melihat fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Air terjun ini akan berubah warna menjadi Pink.

Di musim semi, hujan deras menyiram sedimen yang disebut argillite dan terkena cahaya matahari, maka mineral air terjun ini akan berubah warna menjadi pink yang sangat indah.

6. Air Terjun Darah

Air Terjun Darah

Di Antartika McMurdo Dry Valley, sebuah Air Terjun Darah meluncur dari Taylor Glacier ke Danau Bonney dibawahnya.

Ini bukan darah sebenarnya tapi merupakan nama air terjun yang terbentuk sejak 5 juta tahun yang lalu. Ketika gletser diatas danau mulai membeku, air dibawah danau menjadi asin yang hingga saat ini kandungan garam dari danau subglacial yang menjadikan Air Terjun Darah tiga kali lebih asin dari air laut.

Danau yang terperangkap di bawah seperempat mil es dan terputus dari atsmofer dan tidak pernah tersentuh sinar matahari ini benar-benar tanpa oksigen. Ketika air ini merembes melalui celah gletser, air yang kaya akan zat besi ini keluar dengan udara dan karat menyebabkan air danau ini berubah warna menjadi Air Terjun Darah.

7. Air Terjun Bawah Laut

Air Terjun Bawah Laut

Secara teknis Air Terjun Bawah Laut yang terletak di lepas pantai Republik Mauritus ini hanya ilusi pandangan mata Anda saja seperti pasir dan lumpur yang tenggelam jatuh ke dasar laut. 

8. Air Terjun Pamukkale

Air Terjun Pamukkale

Air Terjun Pamukkale terletak di di barat daya Turki dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1970-an.

Air terjun berundak dari travetine, karbonat mineral yang berbentuk air terjun mengalir.  Air Terjun alam yang sangat indah sepanjang 2.700 meter dengan lebar 600 meter dan tinggi 160 meter adalah salah satu Air Terjun Paling Unik Di Dunia.

Air Terjun Pamukkale telah digunakan sebagai tempat mandi alami selama berabad-abad. Bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno menemukan sifat penyembuhan  yang hangat pada air terjun ini. Hingga hari ini Air Terjun Pamukkale telah menarik ribuan wisatawan mancanegara  datang ke tempat ini. Selain menikmati keindahan air terjun, para wisatawan juga dapat melihat kemegahan kalsium bikarbonat yang mengalir deras dari atas tebing. 

9. Air Terjun Ganda

Air Terjun Ganda

Air Terjun Ganda adalah keunikan geologi yang terletak di pantai utara Danau Superior di The Brule River Forks in Jufge C.R, Magney State Park di Grand Marais. Di tempat ini terdapat dua air terjun ganda dimana yang satunya mengalir ke sebuah danau dan yang lainnya entah bermuara kemana. Tak ada yang tahu kemana air terjun itu mengalir. Para peneliti telah melemparkan benda-benda ke dalam jatuhnya air terjun namun tidak pernah ditemukan ditempat lainnya.

10. Air Terjun Ruby

Air Terjun Ruby

Air Terjun Ruby terdapat disebuah gua batu kapur yang dalam di Chattanooga, Amerika Serikat. Air terjun ini sangat populer di mata wisatawan. Hampir 400.000 pengunjung datang ke Air Terjun Ruby setiap tahunnya.

Air Terjun setinggi 145 kaki ditemukan oleh Ruby Lambert, Air terjun ini mengandung magnesium yang cukup tinggi merupakan salah satu Air Terjun Paling Unik Di Dunia.

Itulah 10 Air Terjun Paling Unik Di Dunia yang semoga dapat menambah wawasan kita semua.



sumber:oddee

    

 

Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook