RUSIA UJICOBA PESAWAT BOMBER SILUMAN GENERASI TERBARU

RUSIA UJICOBA PESAWAT BOMBER SILUMAN GENERASI TERBARU
Tupolev PAK-DA (military-com)

MahessaBlog | Menurut perusahaan pesawat Tupolev, Mereka akan melakukan ujicoba pesawat bomber siluman generasi terbaru Tupolev PAK-DA yang sedang dikembangkan untuk Angkatan Udara Rusia di Pusat Uji dan Pengembangan Penerbangan di kota Zhukovsky diluar kota Moskow, Rusia. Selain sebagai pesawat bomber berteknologi siluman Tupolev PAK-DA juga berfungsi juga sebagai pesawat pengintai dan pusat komando Angkatan Udara Rusia seperti yang kami lansir dari kantor berita TASS.com.
Mengutip CEO Tupolev, Alexander Konyukhov, Mereka juga berencana melakukan pengujian dan pengembangan lebih lanjut terhadap pesawat bomber Tu-22M3M, Tu-160 dan Tu-95MS yang akan ditingkatkan dengan baik bersama dengan pekerjaan skala besar untuk menguji pesawat bomber siluman jarak jauh Rusia, PAK DA.

Seperti yang dikatakan oleh eksekutif perusahaan Tupolev, Pusat Uji dan Pengembangan Zhukovsky akan digunakan pada masa depan sebagai lokasi untuk melakukan pekerjaan pada pesawat angkut militer menengah dan juga pesawat jet penumpang supersonik.

Selain itu Rusia juga berencana untuk membuat dan meluncurkan stasium pemeliharaan untuk pesawat Tu-204 dan Tu-214 di Pusat Uji dan Pengembangan Zhukovsky pada akhir tahun 2019.

Baca Juga : SR-71 Blackbird, Pesawat Pengintai Terbaik Sepanjang Masa

Pusat Uji dan Pengembangan Penerbangan Perusahaan Pesawat Tupolev didirikan di Zhukovsky atas prakarsa perancang pesawat Andrei Tupolev pada tahun 1949. Pusat Uji dan Pengembangan Penerbangan Zhukovsky digunakan untuk menguji dan mengembangkan semua pesawat yang dirancang oleh Perusahaan Pesawat Tupolev.

Pesawat Bomber Siluman PAK DA 

Tupolev PAK DA adalah pesawat bomber siluman generasi terbaru Rusia yang didesain di diproduksi untuk Angkatan Udara Rusia. Pesawat dengan kecepatan supersonik ini memiliki jangkauan hingga 12.000 km dengan membawa bom konvensional dan nuklir hingga seberat 30 ton.

Pesawat ini menggunakan mesin turbofan Kuznetsov NK-32 tier-2 yang ditingkatkan yang pada awalnya untuk digunakan pada pesawat pembom Tupolev Tu-160M yang ditingkatkan. Mesin ini memiliki kemampuan untuk melakukan penerbangan nonstop selama 30 jam sekaligus tahan terhadap suhu dibawah 30 derajad celsius serta dapat bertahan pada suhu 60 derajad celsius dan bahkan terhadap efek dari ledakan nuklir sekalipun. 

Ketua Komite Pertahanan dan Keamanan di Majelis Tinggi Parlemen Rusia Viktor Bondarev sebelumnya mengatakan bahwa pekerjaan R&D pada pesawat bomber siluman generasi terbaru PAK DA dirancang untuk menggantikan Pesawat Bomber Rusia Tu-22M3, Tu-95MS dan pesawat pembom Tu-160.

Baca Juga : F-117 - Pesawat Siluman Pertama Di Dunia

Pengiriman Pesawat Bomber siluman generasi terbaru Rusia, PAK DA ke Angkatan Udara Rusia diperkirakan akan dimulai pada tahun 2025-2030 setelah ujicoba ini dilakukan. Menurut CEO Tupolev, pembuatan PAK DA dapat dibandingkan dengan jangka waktu pembuatan pesawat penumpang supersonik Tu-144 atau setara dengan sekitar lima sampai tujuh tahun.

Menurut Wakil Perdana Menteri Rusia, Yuri Borisov, Pesawat Bomber Siluman PAK DA generasi terbaru Rusia mungkin akan terbang ke langit antara tahun 2025-2026 dan mulai diproduksi secara massal pada tahun 2028 - 2029.


Editor: Rey Mahessa
Sumber : Kantor Berita Rusia TASS.com

   
Views
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

Note: only a member of this blog may post a comment.

Blog Archive

Bookmarking

Ikuti Facebook